Mengenal Jenis Kurma dan Negara Penghasil Utamanya

Mengenal Jenis Kurma dan Negara Penghasil Utamanya
info gambar utama

Kurma seolah menjadi makanan yang 'harus ada' pada bulan Ramadan dan menjadi menu wajib setiap hendak berbuka puasa ataupun sahur. Kurma, baik yang segar maupun yang sudah melalui proses pengeringan, mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat-serat yang penting. Mereka juga tinggi antioksidannya, yang melindungi tubuh dari beberapa penyakit.

Mengingat tingginya tingkat fruktosa, gula alami yang ditemukan dalam buah, kurma adalah sumber energi yang besar, terutama setelah berpuasa seharian. Dikutip dari Aljazeera, kurma terdiri dari beragam bentuk dan ukuran.

Kandungan nutrisi Kurma | Aljazeera dialihbahasakan oleh GNFI
info gambar

Penghasil utama kurma di dunia

Menurut badan PBB FAO, setidaknya 9 juta metrik ton kurma diproduksi setiap tahun. Kurma sendiri cenderung tumbuh subur di negara-negara dengan musim panas yang panjang dan terik seperti di Timur Tengah dan negara-negara sekitarnya.

Mesir adalah pemasok kurma terbesar di dunia, memproduksi hampir satu dari lima atau 18 persen suplai kurma dunia. Arab Saudi mengikuti dengan 17 persen, dengan Iran di posisi tiga dengan 15 persen.

Negara-negara utama penghasil kurma | Aljazeera dialihbahasakan oleh GNFI
info gambar

Kurma adalah buah dari pohon kurma (Phoenix dactylifera), yang paling banyak dibudidayakan di Timur Tengah, Afrika Utara, Afrika Tengah, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Kurma telah dikonsumsi sejak 7000 tahun lalu dan dibudidayakan sejak 2000 tahun lalu.

Dilansir dari Date Palm Cultivation, buah kurma dibagi menjadi 4 jenis yaitu; kimri atau atau kurma muda, khalal atau kurma yang berukuran penuh, rutab atau kurma yang matang dan bertekstur lembut, dan yang terakhir adalah, tamr atau kurma matang yang dikeringkan (dijemur) oleh sinar matahari.

Pohon kurma yang matang dapat menghasilkan lebih dari 100kg kurma per musim panen, yaitu sekitar 10.000 biji kurma. Kurma Ajwa, yang tumbuh di Madinah, Arab Saudi, merupakan kurma termahal di dunia.

Tidak hanya bernutrisi tinggi, buah kurma juga dapat membantu menyembuhkan beragam penyakit. Seperti mengobat masalah pencernaan yang tidak lancar, memperkuat kesehatan tulang, mengatasi gangguan usus, mengobati anemia, mencegah kanker lambung dan masih banyak lagi.

Sumber: Aljazeera.com | Kumparan.com | Jawapos.com

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AH
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini