Duet Maut Toyota-Daihatsu Resmi Meluncur, eCommerce Janjikan Unit Ready Stock

Duet Maut Toyota-Daihatsu Resmi Meluncur, eCommerce Janjikan Unit Ready Stock
info gambar utama

Rabu (28/4/2021), Toyota dan Daihatsu resmi memperkenalkan duet maut andalan mereka tahun ini di Indonesia, yakni Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Dua merek Jepang ini mengumumkan bentuk kolaborasi baru melalui dua mobil anyar tersebut, seolah mengingatkan kita pada kesuksesan Avanza dan Xenia dua dekade silam.

Presiden Daihatsu Motor Company, Soichiro Okudaira, mengatakan bahwa Daihatsu Rocky dan Toyota Raize akan diproduksi di pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Mobil dijanjikan mukai tersedia hari ini, Jumat (30/4) di seluruh diler Toyota dan Daihatsu di Indonesia.

Sementara CEO Toyota Motor Corporation (TMC) Region Asia, Yoichi Miyazaki, menambahkan bahwa Toyota Raize yang dibuat di pabrik Daihatsu Indonesia itu juga akan menjadi produk ekspor. Soal ekspor, pada kuartal I (Q1) 2021, Toyota berkontribusi hingga 62 persen terhadap total ekspor otomotif Nasional.

Target 43 ribu unit

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, ekspor Toyota Raize sejatinya akan dimulai tahun ini. Hal itu sudah termasuk dalam target produksi Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang ditetapkan hingga akhir 2021.

Kedua model kendaraan itu ditargetkan mencapai 43.100 unit untuk kebutuhan domestik dan mancanegara. Rinciannya, disediakan sebanyak 34.300 unit untuk pasar domestik, dan 8.800 unit untuk kebutuhan ekspor ke berbagai negara.

Dengan rencana itu, tentunya akan memperbesar peluang ekspor, terutama ke negara-negara yang memiliki FTA (free trade agreement/perjanjian perdagangan bebas) dengan Indonesia. Lain itu, dengan hadirnya duo Toyota-Daihatsu ini akan melibatkan lebih banyak lagi SDM di Industri otomotif serta meningkatkan produksi pemasok lokal termasuk sektor industri kecil dan menengah dalam rantai nilai operasi bisnis Daihatsu dan Toyota di Indonesia.

Pendek kata, keduanya juga akan fokus pada tingkat kandungan komponen lokal (TKDN).

Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Djony Bunarto Tjondro, menambahkan bahwa Toyota dan Daihatsu telah menjadi kontributor utama dalam ekspor mobil ke luar negeri yang market sharenya mancapai lebih dari 60 persen.

eCommerce janjikan unit ready stock

Tentunya dengan geliat otomotif Indonesia yang mulai tumbuh ini, para pelaku industri--selain diler resmi--juga tentu bakal memanfaatkan momentum ini secara optimal. Di platform penjualan mobil eCommerce misalnya, bakal menjanjikan beragam tawaran menarik untuk memikat konsumen.

Hal itu dilakukan tentunya selain memanfaatkan momentum stimulus pajak 0 persen untuk pembelian mobil baru di bawah kapasitas mesin 1500 cc yang mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) no. 1/2021.

Tentunya, bagi konsumen yang ingin mencicipi stimulus ini adalah pembeli mobil yang tidak kena pajak progresif atau mobil pertama dan belum mendapatkan diskon khusus dari diler.

Kemenperin menilai pemberian insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk kendaraan bermotor baru di dalam negeri mulai membuahkan hasil baik dengan meningkatnya pesanan oleh sejumlah industri terkait. Bahkan, mengacu catatan Kemenperin, persentasenya mencapai 90 persen.

Salah satu eCommerce jual beli mobil pre-owned, Garasi.id, mencatat bahwa sejak Januari hingga bulan Maret 2021 mengalami peningkatan jumlah pengunjung yang melihat listing mobil sebanyak 8,6 persen. Momentum itu kembali dimanfaatkan untuk membuat program ready stok hingga trade-in (tukar tambah).

Hal lainnya, untuk memberikan kemudahan konsumen dalam memiliki sebuah mobil, kolaborasi duo eCommerce yakni Garasi.id dan Blibli.com meluncurkan program trade-in. Program ini merupakan rangkaian program yang bertajuk GASPOL Roadtrip Garasi.id yang berlaku mulai 5 April hingga 31 Mei 2021.

Dalam program ini, konsumen juga tidak perlu menunggu lama karena unit mobil baru sudah ready stock, mulai dari merek Honda, Toyota, Suzuki, Daihatsu, dst.

''Garasi.id bersama Blibli.com sebagai Official Partner dalam program ini, berharap dapat memberikan kemudahan dan kepuasan bagi konsumen yang ingin membeli mobil baru dengan menukarkan mobil lamanya dahulu dengan mudah, aman, terpercaya dan cepat karena unit mobil barunya ready stock,'' jelas Sandy Soesilo selaku GM Garasi.id, dalam siaran resmi perusahaan, Selasa (27/4).

Sandy juga bilang, konsumen juga akan mendapatkan secara gratis Paint Protection sebagai benefit tambahan, dengan catatan konsumen yang berada di cakupan area Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya.

Program trade-in ini juga digandeng dengan program perawatan mobil, yang mencakup perawatan di bagian interior, eksterior, maupun bagian mobil lainnya.

Bersama 7 partner, seperti HD Care Care, Cika Cika Motor, Honda Internusa, Honda Tangerang, Ziebart, Bengkel Bos, Mobil Lubricants, siap memberikan berbagai macam perawatan mobil yang dibutuhkan oleh para konsumen. Pada program ini konsumen juga berhak mendapatkan diskon hingga 50 periode setiap melakukan perawatan mobil di periode promo GASPOL Roadtrip ini.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini