Begini Cara Membuat Rumah Makin Cantik dengan Tanaman Hias

Begini Cara Membuat Rumah Makin Cantik dengan Tanaman Hias
info gambar utama

Penulis: Ega Krisnawati

Terdapat banyak cara untuk mempercantik rumah. Salah satunya dengan koleksi tanaman hias. Memanfaatkan tanaman hias di dalam rumah dapat menciptakan suasana yang asri dan segar. Selain itu, dengan memiliki tanaman hias, rumah Kawan akan terasa lebih nyaman.

Umumnya, seseorang yang terampil dalam memiliki beberapa cara untuk merawat tanamannya. Cara pertama, yaitu pembukaan lahan (land clearing). Pembukaan lahan ditujukan untuk bercocok tanam atau budidaya tanaman hias, untuk membersihkan area kecil di sekitar lahan.

Cara kedua, yaitu persiapan persemaian (seedbed preparation). Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan cangkul, kemudian membuat permukaan lahan yang rata dan halus. Lalu, siapkan pot yang telah diisi dengan tanah subur. Selain pot, kantong plastik juga dapat digunakan.

Ketiga ialah penanaman (planting). Sebelum melakukan penanaman, Kawan perlu memastikan bahwa tanah untuk menanam adalah tanah yang gembur.

Pangkas tanaman hias | Foto: Grid.ID
info gambar

Keempat dengan penyiangan (weeding). Penyiangan adalah cara yang digunakan untuk memisahkan tanaman yang baik dan buruk. Salah satu jenis tanaman yang buruk adalah gulma. Adanya gulma maka tanaman lain akan sulit untuk mendapat cahaya, air, ruang, dan nutrisi. Untuk memotong gulma, Kawan perlu mencabutnya dengan tangan, menggali, dan memotongnya dengan cangkul atau muller.

Cara kelima, yaitu mengaplikasikan pupuk (fertilizer application). Cara ini penting karena tidak semua tanah memiliki nutrisi yang cukup. Dengan begitu, Kawan perlu meningkatkan kesuburan tanah dengan menambahkan pupuk.

Keenam ialah mulsa (mulching). Mulsa dilakukan dengan cara menggabungkan beberapa bahan di tanah agar dapat menghemat air dan mengendalikan pertumbuhan gulma.

Terakhir adalah pemangkasan (pruning). Cara ini dilakukan dengan cara memangkas bagian vegetatif tanaman agar bentuknya bagus. Pemangkasan berguna agar dapat menghilangkan cabang yang rusak, terserang penyakit atau mati. Lantas, bagaimana cara merawat tanaman hias bagi pemula?

1. Gunakan Wadah yang Tepat

Dikutip dari Thegardengranny, pertama-tama Kawan perlu menentukan wadah yang tepat untuk menempatkan tanaman hias. Wadah yang biasanya digunakan adalah pot.

Pastikan bahwa tanah yang digunakan di dalam pot adalah tanah yang subur. Kemudian, berikan pupuk secukupnya pada tanaman.

2. Perhatikan Intensitas Air

Menyiram tanaman | Foto: Grid.id
info gambar

Semua jenis tanaman membutuhkan intensitas air yang cukup. Tanaman hias dapat bertumbuh dengan baik apabila disirami setidaknya seminggu sekali. Upayakan agar Kawan memiliki jadwal rutin untuk menyiram tanaman.

Pastikan agar air yang digunakan untuk menyiram jumlahnya tidak terlalu banyak, karena genangan air di dalam pot akan membuat tanaman lebih mudah busuk.

Sementara jika tanaman tidak memiliki intensitas air yang cukup, tanaman akan layu. Jadi, harus diperhatikan banyak sedikitnya air yang digunakan, ya, Kawan!

3. Pilih Tanaman yang Tepat

Tanaman hias yang tepat adalah tanaman yang bisa bertahan hidup pada suhu ruangan 25 derajat celcius. Dengan demikian, Kawan dapat lebih mudah metawat tanaman hias.

4. Mendapat Sinar Matahari yang Cukup

Upayakan agar tanaman hias ditempatkan di lokasi yang dekat dengan matahari. Namun, jika tidak ada lokasi yang tepat, Kawan perlu mengeluarkan tanaman hias setidaknya dua minggu sekali dari tempat yang jauh dari cahaya matahari.

5. Perhatikan Kelembaban Udara

Pastikan jika kelembapan udara tanaman hias cukup bagus. Upayakan agar tidak menempatkan tanaman hias di ruangan yang ber-AC, karena dapat membuat tanaman mudah layu. Wadah berisi air di sekitar tanaman hias, mampu membuat kelembapan udara pada tanaman lebih terjaga.

6. Ubah Pot Secara Berkala

Mini pot | Foto: JakartaNotebook
info gambar

Mengubah pot secara berkala sangat penting, karena tanaman akan tumbuh semakin besar. Hal ini ditujukan agar akar tanaman hias memiliki ruang yang lebih luas untuk berkembang. Kemudian, pilihlah pot dengan drainese air yang baik, agar dapat menghindari genangan air di dalam pot.

7. Pangkas Tanaman

Apabila daun tanaman hias bertambah banyak, pastikan untuk selalu dipangkas. Kemudian, potonglah daun yang rusak. Dengan cara ini, daun yang telah rusak tidak akan mudah menyebar ke daun lain.

8. Bersihkan Tanaman Secara Berkala

Bersihkan tanaman hias | Foto: How to Clean Things
info gambar

Tanaman perlu dibersihkan secara berkala karena debu di tanaman bisa menghambat fotosintesis. Akibatnya, pertumbuhan tanaman akan terhambat. Agar lebih mudah merawat tanaman hias, Kawan dapat bergabung dengan komunitas perawat tanaman hias.

Dikutip dari Finansialku.com, beberapa komunitas yang ada, yaitu Komunitas Pencinta Sansevieria Indonesia (Kompensasi), Paguyuban Aglonemania Indonesia (PAGI), dan Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI).

Bagaimana Kawan, tertarik untuk mempercantik rumah dengan tanaman hias? Jika tertarik, rawat tanaman sebaik mungkin, ya! Selamat mencoba.*

Referensi:Steemit | Thegardengranny | Finansialku.com

Baca Juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini