Mengenali Penyebab dan Cara Menghentikan Kebiasaan Mengigau

Mengenali Penyebab dan Cara Menghentikan Kebiasaan Mengigau
info gambar utama

Siapa yang sering mengigau saat tidur? Meski termasuk kondisi yang umum, tetapi orang bisa malu bila punya kebiasaan ini. Pada momen harus tidur bersama orang lain, Anda akan merasa khawatir akan bicara yang tidak-tidak saat tidur.

Pengertian mengigau adalah gangguan tidur yang ditandai dengan bicara saat tidur. Ini bisa bergumam, mengoceh, bermonolog, atau mengeluarkan kata-kata tak jelas.

Meski bukan masalah medis serius, kebiasaan mengigau sesekali tak perlu terlalu dicemaskan. Namun, jika ingin menghentikannya, tentu ada cara yang bisa dilakukan.

Penyebab kenapa orang mengigau saat tidur

Pertama-tama, mulailah dari mengenali penyebab mengigau itu sendiri. Kebanyakan penyebab mengigau berasal dari stres, kurang tidur, sangat mengantuk, minum minuman beralkohol, atau sedang demam.

Mengigau juga bisa terjadi karena sleep terror, ketika Anda seolah mengalami sesuatu dalam keadaan terjaga, padahal tidur. Dalam kondisi ini, Anda bisa berteriak, menendang, atau melakukan sesuatu karena merasa ketakutan.

Bila sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya antidepresan, ini juga bisa jadi penyebab kenapa orang mengigau saat tidur. Jika Anda sedang minum obat yang diresepkan dokter lalu sering mengigau, cobalah berkonsultasi apakah ini adalah efek obat tersebut.

Kondisi stres yang berpengaruh pada pola tidur juga bisa membuat orang mengigau. Ini karena ada kemungkinan otak Anda kesulitan beristirahat pada malam hari.

Cara menghentikan kebiasaan mengigau

Mulailah dari belajar mengelola stres demi kualitas tidur yang lebih baik. Terkadang, pemicu stres memang sulit dihindari. Maka, Anda bisa mengusahakan untuk mengelola stres sebaik mungkin.

Cara mengelola stres antara lain berpikiran positif, menerima bahwa hal-hal bisa terjadi di luar kendali kita, meditasi, makan seimbang, olahraga, melakukan hobi atau kegiatan positif, dan bercerita pada orang yang dipercaya. Cobalah untuk lebih rileks saat ada sesuatu yang menganggu pikiran.

Kemudian, coba untuk memperbaiki jam tidur. Terlalu sering bergadang dan tidur sebentar bisa meningkatkan kemungkinan orang mengigau. Pastikan Anda tidur cukup setiap malam, antara 6-8 jam. Kemudian, usahakan untuk bangun dan tidur di jam yang sama setiap hari. Awalnya, membiasakan hal ini mungkin sulit, tapi akan memberikan dampak positif untuk kualitas tidur dan mengentikan mengigau.

Jika sering kesulitan tidur, mulailah dengan menentukan jam tidur dan bangun. Sebelum tidur, sebisa mungkin jauhkan diri dari gawai dan alat elektronik. Lakukan hal-hal yang bikin rileks seperti mandi air hangat, meditasi, minum teh herbal, atau menyalakan lilin aromaterapi sambil mendengarkan musik santai.

Jangan lupa usahakan gaya hidup yang lebih sehat. Ini termasuk makan makanan bergizi seimbang, kurangi konsumsi alkohol, rutin olahraga setidaknya 30 menit setiap hari, serta cukup minum air. Meski terdengar sepele, kebiasaan sederhana seperti ini pun masih sering dilupakan lho.

Tak ada salahnya membuat ritual yang menenangkan sebelum tidur, misalnya memastikan kondisi kamar dan tempat tidur selalu bersih dan wangi. Anda pun bisa menyalakan lampu redup, membuat daftar lagu untuk menemani tidur, menggunakan wewangian yang membuat rileks, serta menggunakan pakaian tidur yang nyaman.

Bila merasa kebiasaan mengingau ini mulai menganggu, Anda pun bisa berkonsultasi pada dokter. Terutama jika mengigau secara intens, ditambah dengan menjerit atau melakukan tindakan berbahaya sambil tidur. Nantinya, dokter akan memeriksa apakah ada gangguan tidur, konsumsi obat-obatan, aktivitas fisik, hingga rekam jejak tidur sehari-hari. Kemudian, Anda akan disarankan untuk mengambil tindakan atau mengonsumsi obat-obatan bila diperlukan.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini