Inilah 4 Fakta Soto Betawi H. Mamat, Kuliner Terenak di Tangerang

Inilah 4 Fakta Soto Betawi H. Mamat, Kuliner Terenak di Tangerang
info gambar utama

Penulis: Habibah Auni

Tangerang, kota metropolitan kembaran ibu kota Jakarta. Di kota ini, tersimpan beragam kuliner, entah warisan kuliner atau kuliner modern. Mulai dari nasi bakar sumsum, sate bandeng, hingga soto betawi.

Salah satu soto terenak di Tangerang ialah Soto Betawi Haji Mamat. Soto legendaris di Tangerang ini memiliki rupa yang tampak mencolok mata. Sudah tersebar di beberapa daerah di Jabodetabek dan sekitarnya.

Bening kuah santan dan ketajaman abu-abu daging seolah saling beradu hingga membentuk guratan warna baru. Tentu saja mengundang rasa lapar. Adapun berbagai fakta tentang Soto Betawa Haji Mamat. Berikut faktanya.

Sudah ada sejak 1960-an

Ilustrasi | Foto: Unsplash
info gambar

Soto betawi legendaris ini lahir pada tahun 1960 dalam bentuk warung soto sederhana di daerah Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten. Kini, Soto Betawi Haji Mamat tetap eksis, bahkan terus melebarkan sayapnya. Mengandalkan senjata utamanya, yaitu cita rasa yang tak lekang oleh zaman.

Tidak pernah sekalipun namanya mengangangkasa sepi. Terbukti dari orang-orang yang melukiskan kepadatan warung makan Soto Betawi H. Mamat Tangerang.

Banyak orang rela bertandang jauh-jauh untuk mencicipi kelezatan perpaduan daging dengan kuah santan itu. Terutama saat jam makan siang, sebelum habis pukul 3 sore. Orang-orang sudah mendekam di dalam warung seberang mall ITC.

Memiliki banyak cabang

Warung Makan Soto Betawi H. Mamat | Foto: Soto Betawi H. Mamat Citra 6
info gambar

Berkat konsistensi rasa yang tidak pernah pudar dihantam waktu, nama Soto Betawi H. Mamat Tangerang melanglang buana. Sampai-sampai turis asing menghampiri soto lokal melegenda ini.

Inilah yang membuat Soto Betawi H. Mamat membuka cabang di berbagai tempat. Mulai dari Tangerang, Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, hingga Bandung. Supaya banyak pecinta kuliner dapat menikmati kelezatan soto legenda ini tanpa mengkhawatirkan masalah tempat.

Sekiranya tetap ingin merasakan kemurnian Soto Betawi H. Mamat dari tangan penerus pembuatnya, Kawan GNFI tetap bisa menyambangi warung di Jl. Raya Rawa Buntu No.135, Rw. Buntu, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Memesan salah sedikit di antara beragam menu di Soto Betawi H. Mamat. Entah itu soto dengan isian daging ayam, sapi, atau campur. Atau memilih oseng-oseng dan sop ketimbang soto.

Menu paling laris

Terlihat enak | Foto: OpenRice Singapore
info gambar

Memiliki beragam menu dengan rasa super menggiurkan. Namun, ada beberapa menu yang berhasil memikat hati banyak pelanggan, yaitu oseng daging, dengan kuah santan maupun bening.

Di meja, Kawan GNFI akan diberikan piring dan mangkok oleh pelayan. Ada piring untuk daging, satu mangkuk untuk kuah santan, dan satu mangkuk sambal khas Soto Betawi H. Mamat. Kawan GNFI dibebaskan memilih takaran oseng yang pas, apakah mau menambah sambal dan sop sebanyak mungkin atau malah sebaliknya.

Sebagai catatan, di antara daging-daging, terdapat empal daging yang moist dan empuk. Sangat lembut tatkala sedang dikunyah dalam mulut. Setiap gigitan setidaknya mengeluarkan sedikit basah minyak yang memanjakan lidah.

Pelayanan yang cepat dan memuaskan

Ilustrasi | Foto: Travelerien.com
info gambar

Terkenal sebagai warung makan yang ramai akan pendatang. Begitu panjang antrean dan kerumunan orang memadati tempat. Tidak sedikit pun menyisakan meja kosong.

Namun, kesabaran itu akan berbayar pada waktunya. Seusai memesan menu di hadapan penjaga, menu akan dihidangkan di meja Kawan GNFI tempati. Hanya berselang 5 menit.

Itu dia beberapa fakta mengenai Soto Betawi H. Mamat. Apakah Kawan GNFI siap mencicipi kelezatan perpaduan daging dan kuah santan ini?*

Referensi:belirus.com | kompas.com | merahputih.com | Travelingyuk | uzone.id

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KO
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini