Rahasia Menjalankan Pola Hidup Sehat untuk Fisik dan Mental

Rahasia Menjalankan Pola Hidup Sehat untuk Fisik dan Mental
info gambar utama

Menjaga kesehatan fisik dan mental merupakan sebuah investasi untuk diri sendiri. Sebab, banyak keuntungan yang bisa didapatkan bila kita senantiasa merawat kesehatan pribadi, baik secara fisik maupun psikis.

Beberapa keuntungan yang akan terasa antara lain meminimalkan risiko terhadap penyakit, termasuk bisa menghindari konsumsi obat yang pahit atau terkapar rumah sakit, beserta biayanya yang tak murah.

Hal lain adalah membuat suasana hati lebih baik, bisa fokus pada hal-hal yang sedang dikerjakan, pikiran lebih positif, bisa mengonsumsi makanan, tidur, dan berkegiatan dengan nyaman, serta memiliki tubuh yang bugar dan penuh energi untuk melakukan aktivitas.

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental tetap dalam keadaan baik?

Rutin olahraga

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan secara fisik, olahraga juga punya pengaruh besar pada mental seseorang. Keuntungan bila Anda termasuk aktif dan rutin berolahraga antara lain mencegah penyakit serius, menjaga berat badan, tubuh selalu bugar, jadi investasi kesehatan untuk masa tua, mengurangi stres, serta membuat suasana hati lebih baik dan stabil.

Tak perlu terlalu lama dan berat, setidaknya lakukan aktivitas fisik selama 30 menit saja setiap hari, terutama di awal-awal mencoba. Jika sudah mulai terbiasa dan ingin menambahkan waktunya, tentu akan mendapatkan manfaat lebih.

Jenis olahraga yang bisa dilakukan sebenarnya bisa kembali lagi ke kesukaan masing-masing. Sebab, melakukan sesuatu yang memang disukai akan lebih menyenangkan dan merasa tak terpaksa. Anda bisa jalan cepat, lari, naik turun tangga, skipping di halaman rumah, mencoba olahraga sambil menonton tutorial di Youtube, yoga, bersepeda, berenang, aerobik, atau muay thai.

Menurut Center for Disease Control and Prevention, berolahraga 30 menit saja sangat berguna untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Namun, bila ada keinginan untuk menurunkan berat badan, Anda bia menambahkan waktu olahraga sampai sekitar 150-200 menit per minggu atau bahkan lebih.

Mengonsumsi makanan sehat dan enak

Tak bisa dimungkiri bahwa makanan sehat tak selalu enak dan makanan enak tak selalu sehat. Maka, Anda bisa menjalankan pola makan seimbang, di mana ada konsumsi makan sehat, tapi juga memperbolehkan tubuh menyantap makanan enak demi kesenangan pribadi.

Makanan sehat bisa termasuk sayuran hijau, buah-buahan, daging tanpa lemak, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, hidangan laut, dan susu.

Untuk makanan enak, bisa mengonsumsi apapun yang membuat Anda merasa senang, bahkan bila itu dessert, makanan berlemak, gorengan, atau camilan tak sehat sekalipun asal masih dalam jumlah normal. Kuncinya adalah seimbang. Jadi, jangan sampai makanan enak tapi kurang sehat ini dikonsumsi berlebihan dan terus-menerus.

Sebenarnya, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya memang dihindari atau dikurangi porsinya. Ini termasuk minuman tinggi gula, makanan cepat saji, makanan ringan kemasan, dan makanan olahan.

Cukup istirahat

Setiap hari, manusia tentu akan tidur sebagai tanda bahwa tubuh beristirahat. Namun, jangan hanya asal tidur tapi tak memastikannya berkualitas. Demi tubuh dan jiwa yang lebih sehat, Anda bisa mulai belajar untuk istirahat yang cukup dan tidur nyenyak.

Bagaimana caranya? Pertama, buatlah jadwal tidur yang pasti, bangun dan tidur di jam yang sama setiap hari. Kemudian, biasakan untuk menjauhkan segala elektronik sesaat sebelum tidur, memastikan tidur selama 6-8 jam setiap hari, meredupkan lampu di kamar tidur, dan membuat ritual menenangkan sebelum tidur. Anda juga bisa berlatih meditasi sebelum tidur untuk menenangkan pikiran yang seringkali terasa penuh di kepala.

Meski terkesan sepele, tidur yang berkualitas akan membantu Anda melawan stres, menjaga suasana hati lebih stabil, tidak mudah marah, dan pastinya tubuh terasa lebih segar untuk melakukan berbagai kesibukan.

Me time

Me time adalah momen di mana Anda meluangkan waktu sejenak untuk diri sendiri. Ketika sedang menyendiri, Anda bisa merenungkan banyak hal, menyadari hal-hal yang sedang terjadi, menyelesaikan konflik batin, menjernihkan pikiran, atau sekadar beristirahat dari kesibukan sehari-hari.

Cara-cara yang bisa dilakukan saat me time sebenarnya banyak pilihan, mulai dari melakukan hobi yang menyenangkan, bersantai di rumah, piknik, mencoba melancong solo, pergi ke museum yang membuat Anda tertarik, nonton film seharian di rumah, bertemu teman-teman, membaca buku yang menginspirasi, bermain gim, mendekorasi ulang rumah agar lebih nyaman, mempelajari hal baru, menulis jurnal, wisata kuliner, memanjakan diri dengan perawatan atau staycation.

Baca juga:

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini