Selisik Wisata Alam Terbaik di Pulau Borneo

Selisik Wisata Alam Terbaik di Pulau Borneo
info gambar utama

Penulis: Ega Krisnawati

Pulau Berneo atau Pulau Kalimantan dikenal dengan hutan tropis serta Sumber Daya Alam (SDA) yang berlimpah. Pulau ini disebut-sebut sebagai paru-paru dunia karena memiliki hamparan hutan yang luasnya mencapai 40,8 juta hektare.

Berkat hal tersebut, pulai ini memiliki banyak keunikan dan daya tarik. Selain itu, Pulau Kalimantan juga kaya dengan warisan budanya. Semula, Pulau Kalimantan dihuni oleh orang Dayak. Itulah sebabnya mereka dikenal sebagai suku asli Kalimantan.

Berbicara tentang keindahan pulau ini, tentu saja Kawan penasaran bukan tentang alamnya? Adapun berbagai wisata di Pulau Kalimantan yang cocok dikunjungi untuk Kawan pecinta alam. Lantas, apa saja wisata alam yang ada di pulau ini?

1. Goa Batu Hapu Binuang

 Goa Batu Hapu Binuang | Foto: Unsplash
info gambar

Goa Batu Hapu Binuang terletak di dekat Pasar Binuang, tepatnya di Desa Batu Hapu Kecamatan Hatungun Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan. Lokasinya berjarak 43 kilometer dari Kota Rantau dan 154 kilometer dari Kota Banjarmasin.

Jika Kawan menggunakan kendaraan berupa motor ataupun mobil untuk pergi ke Goa Batu Hapu Binuang, arahkan kendaraan Kawan untuk masuk ke dalam sejauh kurang lebih 16 kilometer.

Setelah memarkirkan kendaraan, Kawan masih harus berjalan kaki untuk menaiki puluhan anak tangga yang mengarah ke tengah-tengah bukit. Demikian yang disampaikan oleh laman Indonesia Kaya.

2. Pulau Derawan

 Pulau Derawan | Foto: Unsplash
info gambar

Pulau Derawan yang berada di Kalimantan Timur ini memiliki beberapa objek wisata yang sangat indah. Selain itu, Pulau Derawan juga memiliki batu sepanjang 18 meter yang berjarak sejauh 10 meter di bawah permukaan laut.

Batu itu adalah Blue Tigger Wall. Bagi Kawan yang senang berenang, pulau ini bisa dinikmati untuk berenang bersama ubur-ubur. Wah, menarik sekali, Kawan!

3. Danau Sentarum

 Danau Sentarum | Foto:Unsplash
info gambar

Kawasan Danau Sentarum banyak dipenuhi oleh hutan hujan dengan tingkat rendah dan lahan rawa gambut besar. Danau Sentarum cocok untuk melihat beberapa jenis flora dan fauna dengan pemandangan yang tidak biasa.

Danau Sentarum ada di Kalimantan Barat dengan luas 132.000 hektare. Saat musim hujan, tempat wisata ini akan terlihat bagaikan hutan yang sedang terendam air. Unik banget, Kawan!

4. Taman Nasional Tanjung Puting

 Taman Nasional Tanjung Puting | Foto: Unsplash
info gambar

Taman Nasional Tanjung Puting adalah salah satu taman nasional terbaik dan rumah bagi para orangutan. Luas taman nasional ini sekitar 415.040 hektare. Taman Nasional Tanjung Puting memiliki Sungai Sekonyer yang bisa dikelilingi dengan kapal bernama klotok.

Tidak hanya orang utan, macan tutul, dan kancil, satwa-satwa menggemaskan lainnya juga ada di taman nasional ini. Menjelang sore, Kawan dapat menikmati pemandangan Sungai Sekonyer yang semakin indah karena pantulan sunset.

5. Bukit Kelam

 Bukit Kelam | Foto: Unsplash
info gambar

Bukit Kelam adalah salah satu obyek wisata alam yang eksotis. Letaknya ada di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Indonesia. Bukit yang berada di Kalimantan Barat ini sebenarnya adalah sebuah batu.

Bukit yang memiliki panorama alam yang mempesona ini dipenuhi dengan pemandangan air terjun, gua alam yang dihuni oleh ribuan kelelawar, dan sebuah tebing terjal setinggi kurang lebih 600 meter. Tebing ini ditumbuhi dengan pepohonan di kaki dan puncaknya.

Di balik pesona dan eksotisme Bukit Kelam, tersimpan sebuah cerita yang cukup menarik. Agar dapat sampai ke sini, Kawan mesti menggunakan jalur darat dengan jarak 400 kilometer dari Kota Pontianak dan jalur udara dengan rute Pontianak ke Sintang. Kawan pun bisa mendaki di Bukit Kelam.

Itulah 5 wisata alam terbaik yang bisa Kawan kunjungi di Pulau Borneo. Wisata mana yang Kawan ingin kunjungi?

Referensi: Get Borneo | IDN Times | Indonesia Kaya

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KO
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini