Tanpa Mudik, Ini Ide Kegiatan Seru Lebaran di Rumah Bersama Keluarga

Tanpa Mudik, Ini Ide Kegiatan Seru Lebaran di Rumah Bersama Keluarga
info gambar utama

Demi pencegahan penularan Covid-19, tahun ini terpaksa banyak orang tak bisa mudik. Padahal, biasanya momen lebaran jadi waktu khusus untuk kumpul keluarga besar dan saling melepas rindu.

Namun, apa daya? Kali ini, mudik masih dilarang dan kita harus mengikuti aturan untuk di rumah saja. Mau bepergian ke luar rumah pun agaknya cukup meribetkan mengingat banyak tempat ditutup dan alangkah lebih baik kita menahan diri di rumah saja demi keselamatan diri sendiri dan banyak orang.

Perasaan sedih dan rindu keluarga besar tentu ada. Namun, Anda bisa membuat Lebaran kali ini tetap berkesan dan jauh dari membosankan.

Berikut beberapa ide kegiatan yang bisa dilakukan pada hari Lebaran nanti bersama anggota keluarga yang ada di rumah:

Pakai baju rapi

Pertama-tama, pastikan Anda bersiap-siap dari pagi dan menggunakan pakaian rapi. Ingat, tahun-tahun sebelumnya pun Anda pasti sudah bersemangat dari pagi, kan?

Gunakan pakaian rapi agar suasana Lebaran tetap terasa. Tak ada salahnya menggunakan baju seragam atau baju bernuansa senada dengan keluarga, kemudian foto-foto untuk mengenang momen Lebaran tahun ini.

Silaturahmi virtual

Setelah salat Id dan makan bersama, coba hubungi keluarga besar untuk melakukan silaturahmi virtual lewat fitur video call seperti Zoom atau Google Meet. Meski tak bisa bertemu langsung, Anda bisa bertatap lewat layar bersama orang-orang terkasih. Selama bertemu di dunia virtual, Anda pun bisa saling memaafkan, menanyakan kabar, dan bercerita tentang momen Lebaran di rumah masing-masing. Selain keluarga, Anda juga bisa menjadwalkan silaturahmi virtual dengan teman-teman terdekat.

Masak bersama

Agar hari Lebaran tak terasa membosankan, coba rencanakan kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama, misalnya memasak. Anda bisa ajak keluarga kumpul dan membuat makanan favorit sambil berbincang-bincang. Karena tak bisa mengunjungi sanak saudara, maka kegiatan seperti ini akan menyenangkan karena cukup menyita waktu.

Sebelum hari Lebaran, Anda bisa menyiapkan bahan-bahan masakan dan ide-ide resep yang akan dibuat. Makananya bisa apa saja yang disesuaikan dengan selera dan keterampilan, misalnya membuat kue, masakan khas daerah asal, makanan kesukaan keluarga, atau camilan-camilan yang mudah dibuat. Hasilnya juga bisa dikirim ke orang-orang tersayang lho.

Main gim

Cara menghabiskan waktu bersama keluarga yang seru bisa dengan main gim. Sebaiknya pilih gim yang non-gawai ya sehingga bisa saling berinteraksi satu sama lain. Pilih saja permainan semacam monopoli, ludo, ular tangga, uno, catur, tebak kata atau gambar, menyusun puzzle ukuran besar, atau bermain kartu.

Menonton film bersama

Jika ingin lebih bersantai, cobalah menonton film keluarga atau film-film bernuansa Islami. Bila ada anak-anak, bisa nonton film-film seru seperti Toy Story, Finding Nemo, Harry Potter, Spiderman, atau Kung Fu Panda. Namun, bila anggota keluargamu isinya remaja dan dewasa, seru juga lho nonton drama Korea yang sedang ramai dibicarakan saat ini.

Menyusun parsel

Kebanyakan orang mengirim parsel sebelum hari Lebaran. Namun, tak ada salahnya juga bila Anda dan keluarga baru mulai menyusun parsel di hari raya. Lumayan, hitung-hitung menambah kegiatan, kan? Jangan lupa belanja kebutuhan parsel dan kemasannya. Jadi, pada hari H tinggal menyusun parsel lalu mengirimkannya ke orang-orang terdekat.

Agar lebih seru, Anda juga bisa membuat lomba menyusun parsel bersama keluarga. Jangan lupa siapkan hadiah istimewa bagi pemenangnya.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini