Bingung Bikin Kartu Ucapan Lebaran? Yuk, Simak Cara Membuatnya!

Bingung Bikin Kartu Ucapan Lebaran? Yuk, Simak Cara Membuatnya!
info gambar utama

Penulis: Habibah Auni

Sebentar lagi hari kemenangan akan tiba. Sebuah hari yang dinanti oleh umat muslim di dunia. Dalam menyambutnya, ada banyak cara yang bisa Kawan lakukan. Salah satunya dengan saling berbagi hadiah bersama anggota keluarga.

Nah, hadiah ini biasanya macam-macam. Bisa berupa THR, hampers, atau bahkan kartu ucapan lebaran. Adapun kartu ucapan lebaran biasanya diberikan langsung kepada si penerima atau diselipkan di THR atau hampers.

Pada umumnya, kartu ucapan lebaran berisi kalimat-kalimat ucapan selamat merayakan lebaran, permohonan maaf, dan asa untuk lebaran di tahun berikutnya. Banyak orang membuat kartu ucapan lebaran seindah mungkin agar dapat menarik hati si penerima. Berikut beberapa cara membuat kartu ucapan lebaran unik yang bisa Kawan GNFI coba.

1. Tentukan alat yang akan dipakai

Ilustrasi Kartu Ucapan Lebaran Secara Manual | Foto: Unsplash
info gambar

Apakah Kawan GNFI ingin mengirimkan kartu ucapan lebaran melalui paket hampers? Atau memberikan melalui pesan singkat? Pertanyaan ini perlu Kawan GNFI pikirkan baik-baik supaya tahu tools mana yang bisa Kawan GNFI gunakan.

Apabila Kawan memutuskan untuk mengirimkan kartu ucapan lebaran secara offline, Kawan harus mempersiapkan kartu ucapan Lebaran secara manual menggunakan kertas. Sebaliknya, jika Kawan GNFI ingin mengirimkan kartu ucapan secara online, buatlah kartu ucapan dengan aplikasi/software desain.

2. ATM kartu ucapan lain

Contoh Desain Kartu Ucapan Lebaran yang Menarik | Foto: Unsplash
info gambar

Mendesain sesuatu merupakan hal yang sangat menantang lantaran membutuhkan kreativitas tinggi. Saking menantangnya, tak jarang mencari inspirasi desain membuat kita kebingungan bahkan kewalahan. Hal ini berpotensi membuat kita bermalas-malasan dan mengurungkan niat untuk membuat desain.

Nah, dengan melakukan ATM pada kartu ucapan Lebaran lain, Kawan GNFI dapat menemukan berbagai inspirasi dalam mendesain kartu ucapan Lebaran. Kawan GNFI bisa mengamati pola desain kartu ucapan Lebaran lain, lalu menerjemahkannya dalam bentuk desain kartu ucapan Lebaran milik sendiri.

3. Siapkan copywriting anti mainstream

Contoh Kalimat Kartu Ucapan Lebaran yang Unik | Foto: Pikiran Rakyat
info gambar

Buatlah berbaris kalimat ucapan lebaran yang menarik dan anti mainstream. Hindari kata-kata monoton, seperti “Mohon Maaf Lahir dan Batin” atau “Selamat Lebaran”. Kata-kata seperti ini sebaiknya dimasukkan di akhir kalimat kartu ucapan Lebaran saja.

Jika Kawan masih kebingungan dalam menyusun kalimat di kartu ucapan lebaran, Kawan dapat meniru dan merombak ulang kalimat di kartu ucapan lebaran lain. Berikut berbagai kalimat ucapan lebaran yang bisa Kawan gunakan, dikutip dari berbagai sumber.

  • “Tiada kesucian menjadi sempurna tatkala ada satu di antara kebencian tertanam dalam jiwa membasuh jiwa dengan permintaan maaf. Terkirim dari lubuk hati atas kesalahan selama ini. Selamat Idulfitri. Mohon maaf lahir batin."
  • "Kata-kata seindah zikir teralun bagaikan azan, berbaris rapi dalam saf. Bagaikan tentara bersenjata, hari kemenangan itu akan tiba. Keikhlasan yang merajai hati untuk saling memaafkan. Selamat Idulfitri 1442 H."
  • "Berharap malam segera tiba, berganti pagi penuh doa, menyambut Lebaran bersama keluarga. Izinkan kami memohon maaf atas segala dosa, Minal Aidin Walfaizin, mohon maaf lahir batin dari kami sekeluarga."
  • "Idulfitri telah tiba di tahun 2021. Kita kembali menjadi suci setelah berperang melawan diri sendiri. Taqobballahuminna wa minkum, taqobbal ya Kariim. Selamat Idulfitri. Minal Aidil Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin."
  • "Sambutlah hari kemenangan dengan bahan yang paling baik. Bahan kesabaran dengan benangnya kesucian. Dihiasi dengan keikhlasan yang dijahit sebulan. Selamat Lebaran, mohon maaf atas segala kesalahan."

4. Tambahkan hiasan

Ilustrasi | Foto: Unsplash
info gambar

Jika sudah menyusun kalimat, langkah selanjutnya adalah menuliskan nama Kawan GNFI dan tambahkan sedikit hiasan pada kartu ucapan lebaran. Pasalnya, penulisan nama Kawan ini dapat memperkuat kesan personal kartu ucapan di hati si penerima.

Selain itu, penulisan nama Kawan GNFI dapat mempertegas hak milik dan mengurangi potensi forward kartu ucapan lebaran ke banyak orang. Kartu ucapan Lebaran Kawan GNFI pun dapat tampil paling orisinil ketimbang kartu ucapan lebaran lainnya.

Itulah beberapa cara membuat kartu ucapan lebaran yang unik. Dengan mengaplikasikan langkah-langkah ini, Kawan GNFI dapat menciptakan sebuah kartu ucapan yang dapat mengesankan. Sudah siap mencobanya, Kawan GNFI?

Referensi:bola.com | cermati.com

Baca Juga:

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

KO
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini