Fakta-Fakta Unik Lebaran di Indonesia, Mana yang Kawan Rindukan?

Fakta-Fakta Unik Lebaran di Indonesia, Mana yang Kawan Rindukan?
info gambar utama

Penulis: Habibah Auni

Tak terasa bulan Ramadan sudah dilalui. Seluruh ibadah wajib dan sunnah sudah dijalani. Baik itu puasa, salat tarawih, maupun ibadah lainnya. Waktunya menyambut hari kemenangan dengan rasa syukur dan bahagia.

Ternyata, Indonesia memiliki budaya dan ciri khasnya sendiri dalam merayakan hari kemenangan. Biasanya, orang-orang Indonesia menyambut dan merayakan lebaran dengan mudik, belanja baju baru, memberikan hampers, membuat kue, dan lain-lainnya.

Namun, ternyata ada lho beberapa fakta unik seputar lebaran di Indonesia yang perlu Kawan ketahui. Simak selengkapnya.

1.Selalu Jatuh Pada 1 Syawal

Ilustrasi | Foto: Pixabay
info gambar

Ada sebagian besar orang yang tidak memahami kapan sebenarnya hari raya idulfitri ini tiba. Mereka hanya tahu bahwa setelah berpuasa 30 hari, barulah lebaran tiba dengan ditandai gema suara takbir di hari sebelumnya.

Momen hari raya idulfitri sendiri selalu jatuh pada tanggal 1 Syawal pada kalender Hijriah. Hal itu sudah menjadi suatu ketetapan dan tidak bisa diganggu gugat. Namun, pada penanggalan Masehi tanggal tepatnya hari raya tiba ini tidak pasti.

2. Ada Banyak Tradisi yang Dilakukan

Belanja Baju Lebaran | Foto: Tribun Lifestyle
info gambar

Saat hari raya lebaran, ada banyak sekali tradisi yang dilakukan di berbagai wilayah Indonesia. Tapi umumnya yang paling terkenal ialah tradisi berbagi uang THR, di mana orang-orang dewasa membagikan uang dalam amplop kepada anak-anak atau remaja.

Selain itu, tradisi lainnya yang umum terjadi ialah menyediakan makanan khas lebaran seperti opor ayam, ketupat, rendang, hingga aneka kue kering seperti nastar, kastengel, putri salju dan sebagainya.

Bahkan, saat momen lebaran tiba biasanya masyarakat berbondong-bondong pergi ke pasar, pusat perbelanjaan, dan toko-toko baju untuk membeli pakaian baru. Pakaian baru bisa dibilang sudah menjadi hal yang 'wajib' ada saat lebaran, tapi meski begitu tidak semua orang juga yang membeli baju lebaran.

Tradisi lainnya yang selalu terjadi saat lebaran ialah mudik, di mana mereka yang tinggal di rantauan atau kota akan kembali pulang ke kampung halaman. Kemudian saling bermaafan dengan kerabat dekat dan berbagi banyak cerita.

Momen lebaran memang selalu menjadi saat yang tepat untuk saling memaafkan satu sama lain, mendekatkan diri dengan keluarga besar dan bercengkrama setelah sekian lama tidak bertemu. Jadi, biasanya siapapun akan sedih apabila hari raya idulfitri tiba tapi mereka tidak bisa pulang ke kampung halaman.

3. Perbedaan Hari Saat Lebaran Tiba

Ilustrasi | Foto: Unsplash
info gambar

Ada salah satu fakta unik yang biasa terjadi saat idulfitri, di mana beberapa wilayah merayakannya di hari yang berbeda dengan wilayah lain. Jadi, misalkan di wilayah A lebaran jatuh pada tanggal hari ini, maka di wilayah B justru dirayakan pada hari berikutnya.

Perbedaan ini bisa dibilang sudah lumrah terjadi, karena ada beberapa faktor yang mendasarinya. Salah satunya ialah perhitungan yang berbeda sehingga menyebabkan hal itu terjadi. Seringnya, momen hari raya tiba akan diumumkan oleh menteri agama melalui siaran langsung di televisi.

Jadi, itulah sekian fakta unik tentang lebaran yang jarang sekali dipahami oleh masyarakat. Tapi meski begitu, momen ini selalu ditunggu dan banyak kebahagiaan yang datang saat lebaran. Tak heran jika setiap tahunnya momen hari raya idulfitri selalu memberikan hal berkesan terlepas dari apapun yang terjadi pada tahun tersebut.*

Referensi:cakwicak.com | cermati.com

Baca Juga:

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

KO
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini