Rekomendasi Olahraga Ringan Setelah Makan Banyak Saat Lebaran

Rekomendasi Olahraga Ringan Setelah Makan Banyak Saat Lebaran
info gambar utama

Penulis: Ega Krisnawati

Perayaan Idulfitri atau yang dikenal dengan lebaran seringkali diikuti dengan perayaan makan bersama orang terdekat. Perayaan makan bersama akan menyajikan banyak pilihan menu.

Hal ini akan membuat Kawan cenderung lupa untuk menjaga berat badan ataupun membakar kalori dalam tubuh. Lantas, apa saja olahraga yang dapat mengurangi kalori setelah banyak makan waktu Lebaran?

Naik Turun Tangga

Naik turun tangga | Foto: IDN Times
info gambar

Kawan bisa melakukan olahraga sederhana untuk membakar kalori dengan hanya naik turun tangga. Olahraga naik turun tangga bisa dilakukan saat Kawan sedang ada di pusat perbelanjaan ataupun di kantor.

Cobalah untuk menggunakan tangga ketimbang menggunakan lift. Pasalnya, 15 menit naik tangga dapat membakar sebanyak 140 kalori. Sebanyak 140 kalori itu, setara dengan setengah porsi mangkuk nasi makan siang, lho, Kawan!

Berlari

Walau hanya lima hingga tujuh menit, dengan melakukan olahraga laru mampu membakar sebanyak 100 kalori. Bahkan, ketika Kawan berlari di pasir seperti di pantai. Dengan berlari, Kawan bisa menambah jumlah kalori sebesar 50 kalori.

Lompat Tali

Lompat tali tidak hanya untuk anak-anak, lho! Lompat tali dapat menjadi salah satu solusi untuk Kawan yang ingin membakar banyak kalori. Hanya dalam 30 menit Kawan melakukan lompat tali, Kawan dapat membakar sebanyak 340 kalori.

Jika Kawan tidak punya tali, Kawan dapat melakukan gerakan meloncat berulang kali. Namun, pastikan tubuh Kawan tetap tegak agar tidak terjadi cedera.

Berkebun

Gardening | Foto: Unsplash
info gambar

Jangan buru-buru meminta bantuan orang lain ataupun tukang kebun untuk mencabuti rumput liar yang tumbuh di halaman rumah. Kawan bisa mencoba untuk melakukannya sendiri. Pasalnya, dengan mencabuti rumput selama 10 menit saja, Kawan bisa membakar hingga 100 kalori.

Bonus lain yang akan Kawan dapatkan apabila melakukan hal ini sendiri adalah bisa menghemat biaya, dan kebun di rumah pun akan menjadi lebih indah dan terawat.

Berenang

Berenang adalah salah satu olahraga yang mengharuskan Kawan untuk menggerakkan seluruh otot tubuh. Berenang selama 15 menit dapat membakar hingga 100 kalori. Namun, itu semua tergantung dengan gerakan renang yang Kawan gunakan.

Menari

Menari adalah salah satu dari olahraga sederhana yang dapat dilakukan untuk membakar kalori, setelah banyak makan saat Lebaran. Bergerak dan menari sambil mengikuti alunan musik tentu sungguh menyenangkan.

Menari selama 30 menit dapat membakar sebanyak 220 kalori. Lagu dengan tempo dan ritme yang cepat dapat membuat olahraga ini semakin menyenangkan.

Yoga

Jika Kawan terlalu banyak makan, olahraga yang rutin terkesan terlalu menyiksa tubuh. Yoga adalah salah satu olahraga yang membuat tubuh Kawan bisa kembali normal hanya dalam waktu 15 menit.

Menurut instruktur Yoga Tamal Dogde, gerakan suksana dan easy pose adalah andalan yang ditujukan untuk melancaraan pencernaan dan meningkatkan level energi.

Jogging

Jogging | Foto: Unsplash
info gambar

Cara mudah agar makanan bisa terserap dengan baik dan dibakar dengan sendirinya adalah jogging. Kawan bisa melakukan jogging selama 15 menit pada pagi dan sore hari.

Pelatih olahraga Ariana Hundt menyebutkan jogging adalah olahraga paling tepat untuk Kawan yang baru saja banyak makan. Eits, tapi jangan langsung jogging setelah selesai makan, ya. Hal itu akan membuat Kawan mual bahkan bisa muntah.

Itulah beberapa olahraga ringan yang bisa Kawan lakukan setelah makan banyak saat lebaran. Dengan begitu, tubuh Kawan akan tetap sehat dan kalori dalam tubuh dapat terbakar dengan baik. Yuk, terus jaga kesehatan!*

Referensi: Bisnis.com | Klik Dokter

Baca Juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KO
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini