Anjuran Menjaga Pola Hidup Sehat Selama WFH

Anjuran Menjaga Pola Hidup Sehat Selama WFH
info gambar utama

Di Indonesia, pandemi Covid-19 belum berakhir. Hingga kini, masih banyak perusahaan yang menerapkan sistem work from home (WFH) demi menjaga kesehatan, keselamatan, dan kenyamanan para karyawan.
Menurut data Disnakers DKI Jakarta, seperti dikutip dari Lokadata.id, jumlah kantor yangmenerapkan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH), per 20 April yakni 3.725 perusahaan denga total pekerja sebanyak 1.026.875 tenaga kerja. (RA)

Sementara itu ada juga perusahaan yang telah mengumumkan bahwa karyawannya akan terus bekerja dari rumah sepanjang 2021. Perushaan ini termasuk Google, Universal Music Group, Sony Music, Amazon Corporate, Viacom, Scotiabank, Royal Bank of Scotland, Group Nine Media, dan Indeed.

Bahkan ada beberapa perusahaan lain yang menyatakan bahwa karyawannya tak lagi perlu ke kantor secara permanen. Ini termasuk Facebook, Twitter, Square, Slack, Shopify, dan Zillow.

Bila Anda termasuk karyawan di perusahaan yang menerapkan sistem WFH sampai waktu yang tak ditentukan, atau mungkin permanen, jangan lupakan hal paling penting untuk dijaga, yaitu kesehatan.

Meski terkesan sepele, bekerja dari rumah sepanjang waktu dapat berisiko pada kesehatan. Ini termasuk obesitas karena bekerja tanpa memperhatikan asupan makanan, kerusakan retina akibat terlalu lama menatap layar, hingga masalah persendian karena kebanyakan duduk berjam-jam.

Baca juga Praktik Mindfulness yang Dapat Cegah Kelelahan Mental Saat WFH

Terus berkegiatan dari rumah sebaiknya tak dijadikan alasan untuk terlalu bersantai dan bermalas-malasan. Sebab di masa pandemi ini, meski Anda mungkin jarang kelur rumah, tetap penting menjaga kesehatan agar tubuh selalu bugar dan terhindar dari berbagai penyakit.

Berikut saran untuk menjaga tubuh tetap sehat selama bekerja dari rumah:

Bangun pagi dan sarapan

Biasakan diri untuk tetap bangun pagi setiap hari dan menikmati sarapan bergizi. Dengan rutin bangun pagi, Anda akan menjaga pola hidup yang lebih sehat, ada waktu luang untuk menyiapkan sarapan, bersiap untuk bekerja, berolahraga, bersantai, dan tidur lebih awal.

Bahkan, Anda bisa berdandan dan menggunakan baju kerja di rumah demi mendapatkan suasana seperti bekerja di kantor.
Bagi yang sering melupakan sarapan, penting untuk membiasakan diri. Sebab,
makan pada pagi hari dapat membuat tubuh lebih berenergi dan dapat produktif dalam bekerja.

Menjaga hidrasi

Minum cukup air adalah kebutuhan penting untuk tubuh selalu terhidrasi. Ketika Anda kurang minum, ini bisa berpengaruh pada sistem pencernaan bahkan suasana hati.

Air mineral adalah pilihan utama. Tentunya, minum kopi atau teh dalam jumlah wajar diperbolehkan. Namun, alangkah lebih baik bila dapat mengurangi asupan gula dalam minuman, terutama minuman yang memang manis seperti soda, minuman rasa buah, susu kocok, atau minuman kemasan.

Baca juga Mau WFH Seterusnya? Ini yang Perlu Anda Siapkan

Menjaga pola makan seimbang

Mengutip Wartaekonomi.co.id, Praktisi Kesehatan Tidur Andreas Prasadja menyarakan untuk menjaga keseimbangan nutrisi selama bekerja dari rumah. Selain mengurangi risiko terhadap penyakit, pola makan seimbang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Beberapa orang mungkin merasa kerepotan menyiapkan atau memesan makanan selama bekerja dari rumah. Untuk itu, tak ada salahnya mempersiapkan makanan secara rutin, misalnya setiap akhir pekan. Sederhananya, pastikan tubuh mendapatkan asupan bergizi seimbang.

Anda bisa membuat daftar makanan yang terdiri dari karbohidrat, protein tanpa lemak, sayuran, buah-buahan, dan lemak sehat.

Luangkan waktu untuk bergerak

Saat harus ke kantor, Anda mungkin akan lebih sering bergerak. Mulai dari perjalanan, mengunjungi meja rekan kerja, menuju pantry, makan siang di kantin, dan sebagainya. Ketika bekerja di rumah, kemungkinan Anda hanya duduk depan komputer selama berjam-jam.

“Duduk terus menerus, dan melihat laptop atau komputer membuat mata bisa capek. Rapat yang dilakukan terus sampai malam juga dapat menimbulkan stres. Apalagi jika kemudian hal itu mengakibatkan kurang tidur. Tensi bisa naik, lalu bisa jadi timbul penyakit pencernaan, penyakit lambung, karena mungkin makan juga tidak teratur,” ujar dr. Vito Anggarino Damay dari Junior Doctor Network.

Jadi jangan lupa bergerak, misalnya jalan-jalan keliling rumah atau naik-turun tangga. Selain itu, jadwalkan olahraga secara rutin minimal 30 menit setiap hari.

Baca juga Persiapan Agar WFH Lebih Produktif di Tengah Covid-19

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

DA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini