Pasca Merger Gojek-Tokopedia, Berikut Peringkat Startup Terbesar di Dunia

Pasca Merger Gojek-Tokopedia, Berikut Peringkat Startup Terbesar di Dunia
info gambar utama

Setelah sekian lama menjadi perbincangan, akhirnya dua startup terbesar Indonesia, Gojek dan Tokopedia merger juga. Bergabungnya dua startup dengan valuasi paling jumbo di Indonesia akhirnya resmi diumumkan belum lama ini dinamakan GoTo Group.

Memang tidak diungkap berapa valuasi Goto saat ini, meski begotu menurut laporan CBInsights bertajuk The Complete List of Unicorn Companies, pada april 2021, Gojek memiliki valuasi 10 miliar dolar AS (Rp142,5 triliun, kurs Rp14.250/dolar AS) dan Tokopedia 7 miliar dolar AS (Rp99,7 triliun). Sehingga diperkirakan, valuasi GoTo adalah 17 miliar dolar AS, atau sekitar Rp242,2 triliun.

Sebuah angka yang besar, bahkan melewati raksasa Asia Tenggara dari Singapura, Grab, yang bervaluasi 14,3 miliar dolar AS. Tak hanya itu, dengan valuasi 17 miliar dolar AS tersebut, GoTo juga menjadi salah satu startup dengan valuasi tertinggi di dunia.

Baca juga Gojek dan Tokopedia Resmi Merger, Valuasi GoTo Masuk Daftar Terbesar Global

Berikut adalah peringkatnya, yang dikutip dari Statista dan disampaikan oleh Seasia.co.

Gambar dari Seasia.co

GoTo membuat Indonesia kini hadir di antara 20 unicorn teratas di dunia, yang sebagian besar terdiri dari perusahaan China dan AS serta Swedia (Klarna), Brasil (Nubank), India (One97 Communications), Inggris (Checkout.com), dan Australia (Canva).

Menurut daftar unicorn CB Insights, perusahaan AI China, Bytedance, adalah startup bernilai tertinggi Perusahaan induk TikTok tersebut bernilai 140 miliar dolar AS. Bytedance menjalankan platform konten Toutiao di China, yang menggunakan pembelajaran mesin untuk menyesuaikan umpan berita bagi setiap pemirsa dari sumber media tradisional dan baru.

Menurut CB Insights, ada lebih dari 650 startup unicorn (perusahaan bernilai 1 miliar dolar AS atau lebih) dengan nilai gabungan 2,2 triliun dolar As di dunia pada April 2021.

Sumber:

Buchholz, Katharina, and Felix Richter. “Infographic: The Highest-Valued Startups in the World.” Statista Infographics, 20 Apr. 2021, www.statista.com/chart/19317/highest-valued-startup-companies-in-the-world/

Putra. “Habis Kawin, Valuasi GoTo Masuk Ranking 11 Startup Dunia.” Market, 18 May 2021, www.cnbcindonesia.com/market/20210518161747-17-246361/habis-kawin-valuasi-goto-masuk-ranking-11-startup-dunia.

Hananto, Akhyari. “After Gojek-Tokopedia Merger: The Highest-Valued Startups in the World.” Good News from Southeast Asia, Good News from Southeast Asia, 20 May 2021, seasia.co/2021/05/20/after-gojek-tokopedia-merger-the-highest-valued-startups-in-the-world.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AH
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini