Keindahan Pantai Srakung yang Diapit Dua Tebing di Gunungkidul

Keindahan Pantai Srakung yang Diapit Dua Tebing di Gunungkidul
info gambar utama

Penulis: Ega Krisnawati

Bagi Kawan yang sedang mencari rekomendasi pantai sepi pengunjung, Gunungkidul punya jawabannya. Ialah Pantai Srakung, salah satu pantai di Gunungkidul yang belum banyak dikunjungi. Selain itu, Pantai Srakung juga dikenal dengan pemandangannya yang asri dan indah.

Kalau Kawan masih bingung di mana letak Gunungkidul, Gunungkidul merupakan suatu wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta dan menjadi salah satu wilayah yang banyak dikunjungi karena wisata pantainya. Pasalnya, hampir semua pantai di Gunungkidul memiliki keunikannya masing-masing, terutama Pantai Srakung.

Pantai yang berlokasi di Desa Pucung, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini masih sepi pengunjung. Apabila berkunjung ke sini, Kawan tidak akan dikenakan biaya retribusi atau fasilitas. Pasalnya, pantai ini belum banyak menyajikan fasilitas bagi wisatawan. Dibanding pantai lain di Gunung Kidul, Pantai Srakung memiliki fasilitas yang masih terbatas.

Baca juga Eksotis Nan Menawan, Inilah Alasan Pantai Nglambor Wajib Dikunjungi

Lokasi pantai ini searah dengan Pantai Sadeng. Jadi, jika pergi ke Pantai Srakung, Kawan juga bisa menikmati indahnya Pantai Sadeng. Dari pusat kota Yogyakarta, Pantai Srakung dapat ditempuh kurang lebih dua setengah jam perjalanan. Pasalnya, Pantai Srakung berada di ujung timur Gunungkidul dan hampir berbatasan dengan Pacitan, Jawa Timur.

Di pantai ini juga belum banyak penjual makanan atau minuman seperti pantai-pantai di Gunungkidul lainnya. Bahkan, di Pantai Srakung belum ada penginapan yang bisa menampung wisatawan untuk beristirahat.

Cara pergi ke Pantai Srakung

Srakung | Foto: Sewa Kamera Solo
info gambar

Untuk pergi ke Pantai Srakung, kendaraan yang paling tepat untuk digunakan adalah sepeda motor. Hal ini dikarenakan jalan untuk ke Pantai Srakung sangatlah sempit dan sedikit berbatu. Selain itu, perjalanan ke Pantai Srakung juga akan sering melintasi jalan setapak.

Tidak banyak petunjuk jalan untuk menuju Pantai Srakung. Jadi Kawan bisa memanfaatkan petunjuk jalan digital seperti, Google Maps untuk mempermudah.

Meski begitu, Kawan jangan malu untuk bertanya ke warga sekitar jika sudah salah arah, ya. Apabila Kawan berani bertanya, warga setempat akan dengan senang hati dan ramah untuk mengarahkan jalan. Pasalnya, untuk menuju Pantai Srakung Kawan akan melewati pemukiman warga setempat terlebih dahulu.

Baca jugaCurug Malela, Wisata Air Terjun Tersembunyi di Kabupaten Bandung

Daya tarik Pantai Srakung

Srakung | Foto: Sewa Kamera Solo
info gambar

Meski begitu, ketika sudah sampai di pantai ini, rasa lelah Kawan akan terbayar dengan pantai sepi nan indah. Uniknya lagi, Pantai Srakung diapit oleh dua buah tebing kecil yang dapat menambah kecantikan pantainya.

Tumbuhan liar di sekeliling Pantai Srakung mampu menambah indahnya pemandangan khas laut yang menenangkan. Kawan juga bisa memandangi beberapa kelompok kepompong kecil yang bertebaran di pantai. Sekelompok kupu-kupu beraneka warna yang beterbangan, menandakan udara di sekitar Pantai Srakung masih jauh dari gangguan segala bentuk pencemaran.

Baca juga Menjelajah Surga Wisata Alam di Kepulauan Sangihe

Pasir putih yang lembut di Pantai Srakung juga menjadi daya tarik tersendiri. Pemandangan ini akan membuat Kawan ingin yang berlama-lama di Pantai Srakung. Pantai Srakung juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat berkemah, lho. Kalau Kawan ingin berkemah, jangan lupa siapkan perbekalan dengan lengkap, ya.

Agar tetap bisa berjaga-jaga sebelum pergi ke Pantai Srakung, Kawan bisa memantau cuaca terlebih dahulu melalui akun media sosial resmi milik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) ataupun aplikasi pemantau cuaca. Hal ini bisa menjadi antisipasi agar kegiatan liburan tetap aman terkendali.

Selain itu, Kawan juga perlu mempersiapkan keperluan yang dibutuhkan seperti membawa bekal, air minum, obat-obatan. dan antiseptik. Tetap jaga kesehatan Kawan kemana pun Kawan berlibur, ya!*

Referensi: Travel Detik | Trip Zilla

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

KO
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini