Membuka 30 Gerai Baru dalam Sehari, Xiaomi Indonesia Masuk Rekor MURI

Membuka 30 Gerai Baru dalam Sehari, Xiaomi Indonesia Masuk Rekor MURI
info gambar utama

Xiaomi, perusahaan teknologi dengan berbagai perangkat cerdas dan Internet of Things (IoT) untuk mendukung gaya hidup, memecahkan rekor MURI untuk pembukaan gerai ponsel serentak dan terbanyak yang dilakukan dalam satu hari di Indonesia.

Capaian ini merupakan salah satu dari upaya Xiaomi agar Mi Fans dan konsumen semakin mudah dan dekat dalam mendapatkan produk inovatif dengan harga yang relatif terjangkau.

Berlokasi di Kantor Xiaomi Indonesia, penghargaan MURI tersebut diserahkan langsung oleh perwakilan Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) kepada Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, Jumat (21/5/2021).

Seperti pernah dikabarkan sebelumnya, pada 30 April 2021, Xiaomi Indonesia menggelar pembukaan 30 Authorized Mi Shop secara serentak di berbagai daerah, dari wilayah Aceh hingga Papua dengan memusatkan kemeriahan di Banda Aceh dan Timika.

Dengan pembukaan serentak tersebut, hingga kini sudah ada lebih dari 300 Authorized Mi Shop yang beroperasi di seluruh Indonesia, dan kedepannya Xiaomi akan terus memperluas jaringan agar semakin dekat dengan konsumen. Informasi mengenai promosi menarik yang ditawarkan Mi Shop juga bisa didapatkan konsumen melalui akun media sosial Instagram @mishop.indo.

Selain Mi Shop, jaringan ritel yang dimiliki Xiaomi Indonesia juga kokoh dan menyebar di seluruh Indonesia yakni 56 Authorized Mi Store serta lebih dari 3.000 Mi Partner yang didedikasikan untuk memberikan produk terbaik Xiaomi dengan harga resmi dan garansi orisinal.

Baca juga Di Balik Alasan Kepopuleran Xiaomi di Industri Ponsel Tanah Air

1.000 Mi Store di Dunia

Tak hanya memperluas jaringan untuk mendekatkan Mi Fans, Xiaomi Indonesia juga mengumumkan promo khusus untuk merayakan 1.000 Mi Store yang sudah dibuka di dunia. Meramaikan momen ini, Xiaomi memberikan paket kejutan berupa free merchandise bagi para Mi Fans yang melakukan pembelian Redmi 9 Series, Redmi Note 9 & Redmi 10 Series di Authorized Mi Store dan Mi Shop terdekat di seluruh Indonesia mulai tanggal 24 Mei hingga 7 Juni 2021.

Sebanyak 30.000 merchandise akan dipersiapkan untuk para Mi Fans yang beruntung dengan syarat dan ketentuan berlaku. Melalui promo ini, Xiaomi ingin berbagi kebahagiaan kepada Mi Fans dalam merayakan misi untuk menghadirkan inovasi kepada semua orang.

Pertumbuhan pengguna ponsel di Indonesia

Upaya yang dilakukan Xiaomi Indonesia untuk memperluas jaringan Mi Store mereka di seluruh Indonesia itu tentunya bisa dikatakan memanfaatkan momentum pertumbuhan pengguna ponsel di Indonesia yang terus melesat saban tahunnya.

Meskipun di masa pandemi, nyatanya permintaan ponsel di Tanah Air saban hari kian meningkat. Asosiasi Industri Perangkat Telematika Indonesia (AIPTI) memperkirakan, produksi dan penjualan ponsel di Indonesia meningkat signifikan dari tahun ke tahun seiring meningkatnya daya beli masyrakat.

Baca juga Pembeli Ponsel Membeludak Jelang Lebaran, Xiaomi Buka 30 Ritel Baru Secara Serentak

pertumbuhan pengguna ponsel di indonesia
info gambar

Hal itu sejalan dengan data yang dirilis oleh Statista, pada 2021 yang mencatat jumlah kepemilikan ponsel di Tanah Air mencapai 76 persen dari total penduduk. Meningkat 5,9 persen dari tahun 2020 yang hanya mencatatkan persentase 70,1 persen.

Adapun pada 2015, persentasenya masih di angka 28,6 persen. Dalam kurun waktu 6 tahun, angkanya mampu melonjak sebesar 47,4 persen. Pada 2022, Statista memperkirakaan persentasenya akan naik menjadi 80,4 persen. Kemudian meningkat lagi menjadi 83,6 persen pada 2023 dan 86,6 persen pada 2024.

Puncaknya pada 2025, persentase kepemilikan ponsel penduduk Indonesia akan mencapai 89 persen. Itu artinya, hanya 11 persen saja penduduk Indonesia yang belum memiliki ponsel.

Baca juga 10 Tahun Berkarya, Xiaomi Angkat Tema Hari Kemerdekaan Indonesia

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Mustafa Iman lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Mustafa Iman.

Terima kasih telah membaca sampai di sini