Mengenal 4 Pematung Asal Indonesia dengan Karyanya yang Mendunia

Mengenal 4 Pematung Asal Indonesia dengan Karyanya yang Mendunia
info gambar utama

Penulis: Habibah Auni

Indonesia dikenal sebagai negeri dengan kekayaan berbagai hal. Mulai dari rempah-rempah, sumber daya alam, budaya, hingga kearifan lokal. Ini membuat orang-orang dari berbagai belahan dunia ingin bertandang langsung dan menyaksikan panorama Indonesia.

Begitu pula dengan patung buatan Indonesia, banyak orang mencuri laju awal untuk mengintip langsung keindahannya. Mengamankan tiket masuk ke museum, lalu berjalan-jalan di sepanjang lorong di dalam gedung untuk melihat karya para pematung.

Bagi para penikmat karya seni, memandang patung merupakan agenda berlibur yang sifatnya sangat wajib untuk dilakukan. Lantaran, kegiatan ini dapat menjadi salah satu terapi jiwa terbaik.

Terlebih lagi, karya seni ala nusantara kental dengan beragam aliran seni sehingga corak pahatan patung sangat lah beragam. Bagaimana, Kawan semakin tertarik untuk mengetahui dan melihat-lihat patung-patung buatan Indonesia lebih lanjut? Jika iya, ada baiknya Kawan mengetahui informasi seputar karya patung berdasarkan siapa pembuatnya.

Berikut beberapa pematung asal Indonesia dengan karyanya yang mendunia, dikutip dari berbagai sumber.

Baca juga Sejarah Kejayaan Garuda Indonesia yang Pernah Kuasai Langit Asia

1. Dolorosa Sinaga

Dolorosa Sinaga | Foto: Bisnis.com
info gambar

Pematung bukanlah cita-citanya saat usia masih muda. Namun, tatkala menempuh pendidikan di Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Ia menemukan bahwa patung adalah belahan jiwanya. Ialah Dolorosa Sinaga, seniman perempuan dengan karya-karyanya yang sudah mendunia

Dolorosa semakin mendalami seni pembuatan patung di jenjang pendidikan berikutnya, seperti berkuliah di ST. Martin’s School of Art, London, Inggris dan Piero’s Art Foundry Berkeley, Amerika Serikat.

Perempuan kelahiran tahun 1953 ini merupakan salah satu pematung yang menggunakan aliran seni rupa 3 dimensi dalam membuat karyanya. Adapun dilansir dari Tempo.com, jumlah patung buatan Dolorosa selama 40 tahun berada di dunia seni patung mencapai kurang lebih 600 karya.

Salah satu patung buatan Dolorosa yang paling fenomenal dan populer di dunia adalah "Gate of Harmony" dan "The Crisis". Karya-karya ini dibuat atas permintaan pemerintah Indonesia kepada Dolorosa untuk berpartisipasi dalam Asean Squan Sculpture Symposium pada 1987 silam.

Dolorosa juga diberikan kepercayaan untuk membangun monumen ‘Semangat Angkatan 66’. Karya ini pun berhasil Ia buat dan akhirnya dipajang di Kuningan, Rasuna Said, Jakarta Selatan.

2. Gregorius Sidharta

Pria kelahiran tahun 1932 yang disebut-sebut sebagai tokoh pembaruan seni patung di Indonesia. Kontribusi Dharta dalam dunia seni patung di bumi Nusantara sangat besar. Selain mendirikan Asosiasi Pematung Indonesia (API), ia memperkenalkan berbagai ragam karya patung.

Perjalanan hidup Dharta selalu diwarnai dengan seni dan budaya. Dilansir dari Penebar.com, diketahui bahwa Dharta kecil tumbuh di lingkungan keluarga yang menggemari musik klasik dan berbagai kegiatan kesenian lainnya.

Tambah lagi, pada usia yang mendekati kepala 3, Dharta mempelajari pola dan teknik melukis tokoh-tokoh pelukis terkenal. Pendidikannya di Jan van Eyck Academie di Maastricht, Belanda, turut memperkuat aliran seni Dharta yang mementingkan bentuk karya.

Dalam mengeksplorasi dunia ide atau gagasan, Dharta melakukan eksplorasi ungkapan paling tepat yang sekiranya dapat mewakili kepribadian Nusantara. Dharta tidak mau jika patung buatannya hanya menonjolkan kesan individu. Patung harus dibuat secara sungguh-sungguh agar bisa mengungkapkan kepribadian kolektif.

Banyak sekali patung-patung buatan Dharta, salah satu di antaranya membuat Dharta mendapatkan Anugerah Seni dari Badan Musjawarah Kebudayaan Nasional pada 1952 silam. Adapun patung-patung terkenal buatan Dharta adalah Tonggak Samudra di Jakarta, Garuda Pancasila di atas podium gedung MPR/DPR, Patung Bung Karno di Blitar, dan masih banyak karya lainnya.

Baca juga Mengenang 3 Sosok Orator Ulung Pejuang Kemerdekaan Indonesia

3. I Nyoman Nuarta

Nyoman Nuarta | Foto: Tempo.co
info gambar

Pematung asal Bali ini tak kalah keren dengan pematung-pematung sebelumnya. Ialah I Nyoman Nuarta, laki-laki kelahiran tahun 1951 dengan berbagai karya seninya yang sangat terkenal. Lingkungan keluarga, perjuangan, dan pendidikan memberikan pengaruh besar terhadap karya dan prestasi yang dicapainya di dunia seni patung.

Nyoman Nuarta merupakan seniman patung modern dengan gaya naturalistik. Dalam proses pemahatan patung, Selama proses pemahatan patung, Ia berpegang teguh untuk menciptakan karya berdasarkan fungsinya, yaitu sebagai ikon, penghibur mata, ataupun simbol suatu lokasi. Adapun bahan dan materi yang digunakan Nyoman Nuarta dalam memahat patung adalah tembaga dan kuningan.

Dilansir dari Balikami.com, Nyoman Nuarta menciptakan berbagai karya patung yang memberikan dampak pada Indonesia, seperti Patung Garuda Wisnu Kencana di Bandung dan Bali, Menumen Jalesveva Jayamahe di Surabaya, Monumen Proklamasi Indonesia di Jakarta, dan masih banyak karya lainnya.

Baca juga Sederet Anak Muda Indonesia dalam 30 Under 30 Asia Majalah Forbes

4. Edhi Sunarso

Edhi Sunarso | Foto: Detik.com
info gambar

Pematung terakhir adalah Edhi Sunarso, seorang pematung realis dengan berbagai karyanya yang bertebaran di pusat utama kota-kota di Indonesia. Karya-karyanya begitu luar biasa, sampai-sampai negara menganggap Edhi sebagai tokoh pembaruan dan pembina kebudayaan nasional.

Edhi diketahui telah membuat berbagai monumen perjuangan pahlawan-pahlawan saat masa penjajahan kolonia, di mana karya-karyanya ini telah menghiasi beberapa kota, seperti Monumen Tugu Muda di Semarang, Monumen Pembebasan Irian Barat di Jakarta, Monumen Selamat Datang di Jakarta, dan karya-karya lainnya.

Mengenal karya patung melalui senimannya dapat memberikan banyak kekayaan pada akal Kawan. Meresapi kehidupan dan perjuangan Indonesia melalui kisah-kisah pembuatnya dapat membuat Kawan memahami karya patung secara utuh. Semoga dengan ini Kawan bisa semakin mendalami makna karya patung yang Kawan lihat, ya.

Referensi:@arsipIVAA | Balikami.com | Ilmuseni.com | Penebar.com | Tempo.co

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

KO
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini