Destinasi Wisata di Indonesia yang Pertama Mendapat Jaringan 5G

Destinasi Wisata di Indonesia yang Pertama Mendapat Jaringan 5G
info gambar utama

Komersialisasi layanan 5G segera dimulai di Indonesia. Kabarnya, Telkomsel telah mendapatkan hasil Uji Layak Operasi (ULO) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Sudah ada 11 lokasi yang ditargetkan terkoneksi jaringan 5G pada tahun 2023 yang akan datang. Ini termasuk 6 ibu kota provinsi di Pulau Jawa dan 5 destinasi wisata super prioritas. Kemudian, ada dua lokasi lain yaitu ibu kota negara (IKN) dan industri manufaktur yang diharapkan selesai 2024.

Adapun 6 ibu kota provinsi di Pulau Jawa yang akan duluan mendapat jaringan 5G antara lain Jakarta, Serang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Untuk destinasi wisata prioritas ini termasuk Borobodur, Danau Toba, Likupang, Labuhan Bajo, dan Mandalika.

Dengan memiliki jaringan 5G, yang disebut berkecepatan sepuluh kali lebih cepat dari 4G, tentunya wisatawan tak akan lagi khawatir dengan layanan internet lemot. Sebab, di tengah-tengah kegiatan wisata atau saat bersantai, Anda tetap bisa menikmati layanan streaming film berkualitas tinggi hingga kualitas video call lebih jernih dan lancar. Bahkan, Anda bisa melakukan digital nomad alias bekerja sambil berwisata.

Yuk siap-siap mencoba layanan 5G ini sambil berwisata di destinasi prioritas berikut ini:

Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu objek wisata tersohor di Indonesia. Candi Buddha yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, ini memiliki panjang 121,66 meter, lebar 121,38 meter, dengan tinggi 35,40 meter. Dengan ukuran tersebut, tak heran kalau candi ini menjadi yang terbesar di dunia. Lokasinya berada sekitar 40 km dari Yogyakarta.

Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Menurut filsafat Buddha, struktur tingkatan Candi Borobudur merupakan tiruan alam semesta akan roda kehidupan. Bila mengunjungi candi ini, Anda bisa melihat 2.672 panel relief pada dinding dan ada 504 arca Buddha.

Danau Toba

Daya tarik Danau Toba di Sumatra utara ini adalah ukurannya sangat besar. Panjangnya mencapai 100 kilometer, lebar 30 meter, dengan kedalaman hingga 505 meter. Uniknya, di tengah danau, terdapat pulau vulkanik Samosir.

Saking besarnya danau ini, Anda bisa menikmati pemandangannya dari banyak tempat di sekitar, mulai dari Gunung Pusuk Buhit, Paropo, Bukit Gajah Bobok, Holbung Samosir, Bukit Siadtaratas, Negeri Bakkara, Bukit Indah Simarjarunjung, dan Menara Pandang Tele Samosir.

Di kawasan sekitar Danau Toba juga banyak tempat wisata yang menarik dikunjungi, seperti Air Terjun Efrata, Air Terjun Binangalom, Kebun Bunga Sapo Juma Tongging, Huta Siallagan, dan Desa Wisata Tomok.

Likupang

Anda mungkin masih asing dengan nama Likupang. Jadi, Likupang adalah kecamatan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, yang sedang disiapkan untuk menjadi KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Pariwisata dan masuk dalam daftar destinasi wisata super prioritas.

Ada beberapa tempat wisata yang menarik di Likupang. Mulai dari Pulau Lihaga, Pantai Paal, Pantai Pulisan, Bukit Larata, dan Pulau Gangga.

Labuan Bajo

Labuan Bajo yang berada di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, ini memiliki daya tarik berupa wisata alam yang menakjubkan. Pengunjung bisa menikmati panorama alam yang berbeda dari kawasan wisata lain di Indonesia.

Pastikan Anda punya cukup waktu untuk mengunjungi Pulau Padar, Pulau Kelor, Pulau Kanawa, Gili Laba, Pantai Pink, Taka Makassar, Wae Rebo, Sawah Lingko, Desa Tradisional Bena di Bajawa, Goa Batu Cermin, dan Pulau Rinca yang jadi rumah bagi para komodo.

Mandalika

Sejak tahun 2017, Mandalika telah diresmikan menjadi KEK pariwisata yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kawasan ini diharapakan dapat jadi tempat liburan yang lengkap bagi para turis, mulai dari spot wisata, penginapan, hingga fasilitas rekreasi.

Ada beberapa tempat wisata seru di Mandalika, yaitu Pantai Kuta Lombok, Pantai Seger, Pantai Serenting, Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan, Batu Payung, Goa Kotak, Desa Adat Sade, Desa Adat Ende, dan Pantai Gerupuk.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini