Uniknya Karakter Kopi Arabika Flores Bajawa, Kopi dari Timur Indonesia

Uniknya Karakter Kopi Arabika Flores Bajawa, Kopi dari Timur Indonesia
info gambar utama

Penulis: Ega Krisnawati

Pernahkah Kawan menikmati kopi arabika Flores Bajawa? Tanah Flores adalah salah satu produsen kopi di Indonesia yang memiliki cita rasa unik dan nikmat. Kopi yang paling populer di Flores adalah kopi arabika Flores.

Kopi arabika Flores berasal dari dataran tinggi kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Flores memiliki dua jenis kopi yang cukup nikmat, yaitu Manggarai dan Bajawa. Bajawa adalah kopi jenis kopi arabika yang sudah mendunia dan disukai para penikmat kopi.

Bajawa menjadi biji kopi terbaik di tanah Flores. Kualitas bajawa dibuktikan dengan eksistensinya hingga ke mancanegara. Dilansir dari laman Coffeland, perkebunan kopi di dataran tinggi Flores mencapai 1.000 hingga 1.550 mdpl.

Biasanya bulan Juni dan Oktober menjadi bulan-bulan kering penghasil biji kopi, karena iklim dan curah hujan tinggi di daerah ini jumlahnya sekitar 2.500 mm per tahun. Kendati demikian, Bajawa Flores adalah daerah yang sangat subur dan alami.

Baca juga Asal-Usul Kopi Gayo, Kopi Serambi Makkah Indonesia

Maka dari itu, kopi arabika Flores bajawa pun dapat tumbuh dengan baik di perkebunan Bajawa yang memiliki ketinggian lebih dari 1300 mdpl. Uniknya, semakin tinggi perkebunan kopi tersebut, maka kualitas kopi yang dihasilkan juga semakin baik.

Kualitas kopi yang baik di daerah ini membuat Flores menjadi penyumbang ekspor kopi terbesar untuk Indonesia. Tidak heran jika kopi arabika Flores ini ditawarkan dengan harga yang cukup mahal dibandingkan dengan kopi daerah lainnya. Beberapa negara yang diekspor kopi ini adalah Amerika, Eropa dan lain sebagainya. Kopi Flores pun mudah tumbuh dan dapat diproduksi dengan cepat.

Bahkan usia produksi dari kopi ini bisa mencapai 20 tahun. Sementara kapasitas setiap produksinya, yaitu sekitar empat sampai lima kilogram per pohon. Dengan hasil produksi yang cukup tinggi ini, membuat kopi asal Flores mampu menembus pasar internasional.

Baca juga Cerita Pondok Kopi, Perkebunan Kopi Pertama Belanda di Tanah Jawa

Keunggulan kopi arabika Flores Bajawa

Kopi bajawa | Foto: Cafebrick.co
info gambar

1. Pembudidayaan secara organik

Kopi arabika Flores dibudidayakan dengan cara organik. Cara organik, berarti pupuk yang dipakai pada tanaman ini adalah pupuk alami tanpa menggunakan pestisida. Dengan cara alami maka kopi arabika Flores mampu menghasilkan aroma serta citarasa yang sangat khas.

2. Memiliki aroma dan cita rasa yang khas

Atas budi daya kopi arabika Flores bajawa, kopi yang berasal dari Flores ini memiliki aroma yang sangat kuat. Tidak jarang, aroma yang sangat kuat ini mampu menggoda siapa pun untuk minum kopi.

3. Memiliki tingkat keasaman yang seimbang

Kopi arabika Flores bajawa memiliki tingkat acidity serta body yang medium. Dengan begitu kopi ini sangat cocok dikonsumsi oleh siapa pun dan rasanya yang terkesan ringan.

Baca juga Inilah 6 Merek Kopi dengan Gerai Terbanyak di Indonesia

Karakter kopi arabika Flores bajawa

Kopi bajawa | Foto: Cafebrick.co
info gambar

Pada waktu masak dan dipanen, kopi arabika Flores bajawa akan berwana hijau keabu-abuan dan proses pascapanennya biasanya diolah basah ataupun digiling kering. Karakteristik yang ada pada kopi arabika Flores bajawa adalah sensasi manis, tingkat keasaman yang seimbang atau medium, cita rasa karamel, cokelat, helzanut, kacang macadamia, bahkan terdapat pula cita rasa herbal di dalamnya.

Dikutip dari laman Sasame Coffe, karakter kopi Flores bajawa yang khas adalah perpaduan aroma nutty dan tembakaunya. Bentuk dari kopi ini tebal dengan acidity yang seimbang. Sehingga, mampu menciptakan kenikmatan tersendiri.

Keunikan cita rasa kopi arabika Flores bajawa pun dipengaruhi oleh cara budidaya organik dan ditanam di tanah yang mengandung abu gunung berapi. Beberapa resep dari kopi arabika Flores bajawa menggunakan racikan house blend untuk memadukan rasa kopi flores bajawa dengan varian rasa lain. Nah, itulah karakteristik kopi arabika Flores bajawa. Apakah Kawan tertarik untuk mencoba?*

Referensi: Coffeland | Sasame Coffe

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KO
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini