Barbie Buatkan Boneka Role Model Berwujud Anne Avantie

Barbie Buatkan Boneka Role Model Berwujud Anne Avantie
info gambar utama

Nama Anne Avantie merupakan sosok perancang busana Indonesia yang tersohor melalui karyanya berupa kebaya. Tak hanya terkenal di Tanah Air, bahkan karya beliau telah dikenal sampai ke skala Internasional dan sering juga dikenakan oleh para selebriti papan atas hingga Miss Universe.

Sepanjang kariernya, wanita yang biasa disapa Bunda Anne ini telah menerima berbagai penghargaan dari ajang bergengsi. Sebut saja penghargaan “Kartini Award” dari Ani Bambang Yudhoyono, "Indonesian Woman Able" dari Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia, Meutia Hatta, tahun 2008, serta “Lifetime Achievement” dari I Fashion Festival (IFF) & The Masterpiece 2019.

Baru-baru ini, ada kabar bahagia dari sang desainer kondang tanah air tersebut. Sosoknya akan dibuatkan boneka Barbie khusus edisi Role Model oleh pihak Mattel Indonesia. Barbie akan memberikan boneka One of A Kind (OOAK) yang menyerupai Anne sebagai wanita inspiratif dari Indonesia.

OOAK sendiri merupakan program yang dibuat sejak tahun 2015 untuk memberikan penghargaan kepada banyak wanita hebat di seluruh dunia. Anne sendiri menjadi wanita Indonesia pertama yang mendapatkan apresiasi tersebut.

Kata Lisa McKnight, Senior Vice President and Global Head of Barbie & Dolls, Mattel, para penerima Barbie Role Model ini adalah sosok yang pantas jadi panutan bagi generasi muda, terutama anak-anak perempuan. Barbie juga memperkenalkan kisah wanita-wanita inspiratif dari semua lapisan masyarakat kepada anak-anak untuk memperlihatkan bahwa mereka bisa jadi apa saja yang mereka inginkan.

"Sebagai brand yang memiliki misi untuk memberikan inspirasi kepada anak perempuan, Barbie memberikan penghargaan kepada para wanita hebat di seluruh dunia yang bisa menjadi role model bagi mereka," ujar Lisa seperti dikutip Antaranews.com.

Mendengar kabar ini, Anne mengaku sempat tak yakin dan berpikir bahwa dirinya bukan siapa-siapa. “Di Indonesia banyak wanita-wanita hebat yang luar biasa, saya ini bukan siapa-siapa tapi semua ini sudah digariskan Tuhan bahwa saya dipilih menjadi orang Indonesia pertama yang dibuat Barbie," katanya kepada Wolipop.

Ia menceritakan bahwa proses pembuatan Barbie dirinya ini cukup panjang. Tahun lalu, pihak Mattel menghubungi Anne dan memberitahu bahwa ia masuk nominasi Barbie Role Model. Kemudian, ia pun dilibatkan dalam proses kreatif pembuatan boneka tersebut secara virtual, mengingat bonekanya sendiri dibuat di Amerika Serikat.

"Saya minta supaya wujud saya ini apa adanya dan tanpa harus ada penambahan-penambahan yang mungkin memperindah boneka, sehingga tak menghilangkan ciri khas Anne Avantie," katanya.

Kemudian, Barbie Anne Avantie tersebut muncul dengan sosok yang begitu mirip dirinya dengan balutan busana kebaya serba hitam, lengkap dengan selendang batik tulis Pekalongan dan kalung rosario. Tak lupa, Barbie Anne Avantie dibuat dengan model rambut sanggul dan disematkan bunga kamboja yang jadi ciri khas berpakaian sang desainer. Agar semakin mirip, tentunya Anne dan tim Mattel harus melakukan riset berkali-kali hingga boneka tersebut selesai dibuat.

Anne sendiri mengaku sangat bersyukur dengan apresiasi Barbie Role Model ini. Apalagi di tengah kondisi sulit pada momen pandemi seperti ini, ia merasa dihargai oleh dunia. Ia pun berharap bahwa Barbie versi dirinya ini bisa menginspirasi banyak orang untuk berani bermimpi tanpa memandang kekurangan dan mewujudkannya dari hal kecil.

Saat ini, Anne masih menunggu kedatangan boneka dari Amerika Serikat. Setelah tiba di Indonesia, ia akan memperlihatkan boneka tersebut kepada Ibu Negara, Iriana Jokowi.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini