Hari Sepeda Dunia, Kenali Manfaat Olahraga Ini untuk Lingkungan dan Kesehatan

Hari Sepeda Dunia, Kenali Manfaat Olahraga Ini untuk Lingkungan dan Kesehatan
info gambar utama

Tanggal 3 Juni diperingati sebagai World Bicycle Day atau Hari Sepeda Dunia oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Hal ini dilakukan guna menarik perhatian masyarakat tentang manfaat bersepeda. Tak hanya baik untuk kesehatan, bersepeda juga memiliki peran penting untuk lingkungan karena merupakan moda transportasi tanpa polusi.

PBB mencatat fakta bahwa sepeda merupakan sarana transportasi berkelanjutan yang terjangkau, andal, bersih, dan ramah lingkungan. Bersepeda dinilai menjamin kebugaran fisik seseorang, membantu pembangunan berkelanjutan, bisa digunakan anak kecil hingga orang dewasa, dan harga sepeda pun bervariasi dari yang murah sampai mahal.

Manfaat bersepeda untuk lingkungan

Semakin banyak orang bersepeda, dampaknya semakin baik pula bagi lingkungan. Bersepeda tidak membutuhkan bensin dan karenanya tidak ada emisi kendaraan berbahaya atau asap yang dilepaskan ke udara ketika seseorang menggunakannya.

Pastinya, Anda juga berkontribusi pada lingkungan dengan mengurangi polusi udara. Bahkan, jika Anda mengganti mobil dengan sepeda setiap berkegiatan, ini akan menghemat sangat banyak emisi gas rumah kaca setiap tahun. Bila semua orang melakukannya, bayangkan betapa planet bumi akan jadi lebih sehat.

Ketika lebih banyak orang mulai rutin bersepeda, kita akan terbebas dari masalah kemacetan, tak akan ada masalah parkir semrawut, bebas dari kebisingan kendaraan bermotor setiap hari, dan membuat perkotaan semakin terasa damai.

Dari segi ekonomi, biaya membeli dan perawatan sepeda hanya sekitar satu persen bila dibandingkan pembelian dan merawat sebuah mobil. Ditambah lagi, Anda tak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk bahan bakar. Lihatlah betapa banyak uang yang bisa disimpan hanya dengan mengubah kebiasaan bepergian dalam jarak tertentu dengan sepeda daripada mobil.

Manfaat bersepeda untuk kesehatan

Bicara manfaat bersepeda untuk kesehatan, ada banyak dampak positif yang bisa dirasakan. Anda bisa memanfaatkan sepeda sebagai pengganti transportasi umum atau niat meluangkan waktu untuk alasan olahraga, efeknya sama-sama bisa dirasakan dengan baik.

Bersepeda adalah cara yang baik untuk mengontrol atau mengurangi berat badan, karena meningkatkan tingkat metabolisme Anda, membangun otot dan membakar lemak tubuh. Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, bersepeda harus dikombinasikan dengan pola makan yang sehat.

Pada dasarnya, bersepeda meningkatkan fungsi keseluruhan tubuh bagian bawah, memperkuat otot kaki, termasuk paha depan, paha belakang, dan betis. Untuk meningkatkan performa bersepeda sekaligus membuat kaki lebih kuat, cobalah menambahkan latihan seperti squat, leg press, dan lunges.

Bersepeda juga sebenarnya cukup sederhana, hampir semua orang bisa dengan mudah belajar dari kecepatan rendah sampai terus meningkatkan intensitasnya. Selain itu, dengan bersepeda secara berkala, Anda akan melatih otot inti, termasuk punggung dan perut. Posisi bersepeda akan membantu tubuh mempertahankan posisi tegak serta meningkatkan koordinasi dan stabilitas.

Ketika bersepeda, otot jantung pun semakin kuat. Sebuah penelitian di Denmark yang dilakukan selama 14 tahun dengan 30.000 orang berusia 20 hingga 93 tahun menemukan bahwa bersepeda secara teratur melindungi orang dari penyakit jantung.

Penyakit kardiovaskular termasuk strok, tekanan darah tinggi dan serangan jantung juga bisa dikurangi risikonya dengan bersepeda. Karena, kegiatan tersebut bisa merangsang dan meningkatkan jantung, paru-paru, dan pada akhirnya mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Penelitian lain juga mempelajari hubungan antara olahraga dan kanker, terutama kanker usus besar dan payudara. Menurut penelitian, kemungkinan Anda terkena kanker akan berkurang saat seseorang rutin bersepeda secara teratur.

Manfaat lain yang bisa dirasakan saat bersepeda adalah meredakan perasaan stres, cemas, dan depresi. Saat bersepeda, Anda akan fokus pada pandangan jalanan. Ini akan membantu mengembangkan kemampuan berkonsentrasi dan berkesadaran penuh atau mindfulness. Ketika merasa cemas, gelisah, atau frustrasi, cobalah bersepeda setidaknya 10 menit untuk melepaskan endorfin dan membuat Anda merasa lega.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini