Bosan di Rumah? Ini Saatnya Menjelajahi 4 Air Terjun di Bogor

Bosan di Rumah? Ini Saatnya Menjelajahi 4 Air Terjun di Bogor
info gambar utama

Wisata alam seringkali jadi pilihan banyak orang untuk bepergian keluar rumah di masa pandemi. Selain bisa menghirup udara segar, liburan sejenak di alam juga membuat pikiran terasa lebih segar, melepas bosan karena terlalu lama di rumah, dan pastinya bisa menjaga jarak agar tidak banyak kontak dengan orang lain.

Bila ingin bepergian, tentu merupakan tanggung jawab masing-masing untuk mematuhi protokol kesehatan. Sebisa mungkin, hindari pergi bergerombol guna mencegah penyebaran Covid-19 yang masih harus diwaspadai hingga saat ini.

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, Bogor akan jadi destinasi pilihan berwisata alam. Selain aksesnya mudah dijangkau, di kota hujan tersebut memang banyak tempat yang bisa didatangi. Salah satunya curug atau air terjun. Bayangkan betapa segarnya saat Anda bosan dan lelah dengan pemandangan perkotaan, lalu sejenak bersantai menikmati air terjun, sungai, dan deretan pepohonan?

Kebetulan, di Bogor memang banyak pilihan curug yang menarik untuk dikunjungi. Anda bisa meluangkan waktu seharian dari pagi demi memuaskan hasrat untuk berlibur. Berikut daftar curug di Bogor yang bisa Anda kunjungi saat butuh hiburan singkat:

Curug Bidadari

Curug Bidadari sempat populer belakangan ini. Selama pandemi, cukup banyak orang yang mengunjungi air terjun di kawasan Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang.

Memang tak dapat dimungkiri kalau kawasannya sangat asri dan memiliki pemandangan memesona. Menurut mitos yang beredar, curug ini merupakan tempat mandi para bidadari saat sore hari. Terlepas dari mitos, berlibur di Curug Bidadari nampaknya akan jadi ide bagus. Sebab, di sana terdapat kolam buatan seluas 6.000 meter mirip pantai yang bisa dimanfaatkan untuk berenang atau sekadar bermain air.

Curug Barong

Masih di kawasan Babakan Madang, terdapat Curug Barong. Jalur menuju curug terbilang sulit, karena Anda akan berjalan kaki selama kurang lebih 40 menit untuk sampai di lokasi. Bahkan, sebelumnya mesti menyusuri Curug Leuwi Lieuk atau Leuwi Hejo. Kondisi jalanan pun tak terlalu baik untuk sampai di sana. Pastikan Anda berkonsentrasi saat menyetir kendaraan sampai di area parkir.

Sesampainya di curug, mata Anda akan dimanjakan oleh pemandangan air terjun dengan ketinggian tujuh meter dengan air jernih, udara sejuk, dan tebing batu berukuran besar yang menjadi daya tarik tersendiri.

Curug Cikuluwung

Bagi yang suka perjalanan menantang, bisa mengunjungi Curug Cikuluwung. Tak semudah itu untuk diakses karena jalanannya terjal dan curam, tetapi semua lelahnya akan terbayar setelah sampai di curug. Lokasi curug ini Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor Barat.

Di curug ini, Anda bisa menikmati keindahan air terjun dengan pemandangan tebing bebatuan alami di sekelilingnya. Banyak wisatawan mengatakan Curug Cikuluwung sebagai “Little Green Canyon” karena keindahan tebing di sana yang mengapit air terjun.

Curug Leuwi Cibaliung

Air terjun lain yang tak kalah menarik di Bogor adalah Curug Leuwi Cibaliung. Lokasinya masih ada di tempat yang sama dengan Curug Leuwi Hejo, Curug Barong, Curug Leuwi Cipet, Curug Leuwi Lieuk. Bahkan, sekali jalan Anda bisa mengunjungi semua air terjun tersebut demi mendapatkan kepuasan maksimal.

Sebelumnya, Anda harus berjalan melewati Leuwi Cipet dan Leuwi Lieuk kemudian menyusuri sungai selama 20-30 menit untuk sampai ke Curug Cibaliung. Setelah lelah menempuh perjalanan, Anda bisa menikmati waktu untuk bersantai menikmati panorama alam yang menenangkan atau bermain air sampai puas.

Air terjunnya memang tidak terlalu tinggi, tetapi debit airnya cukup deras, jernih pula. Bahkan, ketika musim kemarau, air di sungainya bisa kelihatan berwarna toska lho.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini