Wisata Edukasi Sambil Menyapa Satwa di Taman Safari Prigen

Wisata Edukasi Sambil Menyapa Satwa di Taman Safari Prigen
info gambar utama

Indonesia memiliki berbagai tempat wisata yang bisa jadi pilihan. Bila sedang mencari tempat untuk rekreasi sekaligus sarana edukasi, Anda bisa mengunjungi Taman Safari Prigen.

Taman Safari Prigen merupakan taman safari terbesar di Indonesia dengan luas hingga 350 hektare, selain Bali Safari and Marine Park dan Taman Safari Bogor. Lokasinya ada di Gunung Princi, RT 12, RW 16, Jatiarjo, Prigen, Pasuruan.

Taman Safari Prigen memiliki sekitar 2000 spesies langka dan mengusung konsep kebun binatang ala Afrika. Pengunjung bisa menikmati safari adventure, yaitu berkeliling kawasan dengan menggunakan mobil, menyaksikan kehidupan hewan di alam liar, menonton atraksi satwa, bahkan bisa makan siang bersama hewan buas seperti harimau putih.

Objek wisata di Taman Safari Prigen

Beragam zona yang akan dilewati saat safari adventure antara lain Zona Afrika, Zona Amerika-Eropa, Zona Asia, Zona Australiana, dan Zona karnivora.

Setiap zona memiliki satwa sesuai tema. Misalnya, zona Afrika memiliki satwa endemik dari Afrika seperti zebra, jerapah, badak, dan kambing gunung. Di zona Amerika-Eropa terdapat satwa dari Amerika dan Eropa seperti liama, bison, dan kalkun.

Di zona Asia, pengunjung bisa melihat hewan yang hidup di negara tropis, seperti banteng, rusa, orangutan, siamang, dan gajah. Sementara di zona Australiana, Anda bisa melihat kangguru, wombat, dan walabi. Kemudian di zona Karnivora berisi hewan buas seperti singa dan harimau.

Setelah puas safari adventure, Anda bisa mengunjungi area Baby Zoo untuk melihat satwa dan berinteraksi lebih dekat. Pengunjung juga dapat berfoto dengan hewan-hewan menggemaskan, bahkan bisa mencoba Satwa Tunggang juga untuk berkeliling Taman Safari Prigen.

Untuk melihat hewan laut dari dekat, bisa ke wahana Aquatic Land. Di sana, Anda bisa melihat anjing laut, beaver, dan penguin humboldt yang didatangkan langsung dari Amerika Selatan.

Jika ingin mencoba permainan, ada Amuesement Park di Taman Safari Prigen. Berbagai wahana yang bisa dicoba antara lain sepeda layang, bom bom car, puri misteri, permainan roller coaster, dan Rio Bravo. Tak kalah menarik, ada Safari Water World dengan wahana permainan airnya yang seru, seperti Gigantic Water Slide, Crocodile Cave Lazy River, Pirate Ship Park, dan dan Angkor Wat.

Atraksi dan pertunjukkan

Setiap harinya, pengunjung bisa menonton beberapa pertunjukkan yang menghibur dan terdapat edukasi di dalamnya. Misalnya, Elephant’s story yang menceritakan tentang gajah mengamuk karena habitatnya semakin sempit akibat pembangunan.

Coba juga menikmati pertunjukkan Journey to the Temple of the Terror yang tak kalah menarik dari Water World di Singapura. Pada pertunjukkan ini, pengunjung bisa menyaksikan binatang dan tokoh profesional beraksi.

Ada pula pertunjukkan Dolphins & Friends, di mana sekumpulan lumba-lumba akan beraksi memperlihatkan kecerdasan mereka. Kemudian, ada Mysterious Jungle, seni drama yang bercerita tentang pemburu jahat yang masuk ke hutan dan aksinya dihentikan seekor anjing dan pemiliknya.

Pertunjukkan lain ialah Tiger Show untuk melihat keahlihan harimau dalam mengejar mangsa. Lalu ada Dog & Horse Show yang mempertontonkan atraksi anjing dan kuda. Juga ada Bird Show untuk mengenal jenis-jenis burung serta atraksi dari elang dan rangkong.

Selain berwisata, Anda juga bisa menginap di kawasan Taman Safari Prigen. Ada Baobab Safari Resort, penginapan bintang empat bernuansa Afrika. Anda akan merasakan sensasi menginap dengan dikelilingi oleh hewan liar seperti jerapah, zebra, badak, dan wildebeest.

Untuk menikmati berbagai keseruan di Taman Safari Prigen, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp135 ribu saat akhir pekan dan Rp115 ribu pada hari biasa. Ditambah dengan parkir motor Rp5 ribu atau parkir mobil Rp10 ribu.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini