Proffee, Campuran Kopi dan Protein Shake yang Viral di TikTok

Proffee, Campuran Kopi dan Protein Shake yang Viral di TikTok
info gambar utama

Setelah tahun 2020 eranya kopi dalgona, kini ada resep minuman baru yang tengah viral di media sosial TikTok, yaitu proffee. Ini merupakan kombinasi antara kopi dengan protein shake yang mengetren di kalangan pelaku gaya hidup sehat.

Para pengguna TikTok yang berfokus pada kebugaran mempopulerkan tren proffee ini demi meningkatkan asupan protein mereka sambil menikmati kafein di saat yang bersamaan.

Hingga tulisan ini dibuat, tagar #proffee di TikTok telah dilihat hingga 331 ribu kali. Kebanyakan pengguna TikTok mengunggah video mereka tengah memesan dua atau tiga gelas espresso dalam gelas ukuran venti di gerai Starbucks, kemudian menambahkan sendiri protein shake siap minum.

Adapun pengguna lain mencoba membuat proffee dengan menambahkan sirup seperti moka atau karamel dan krim kocok yang membuat penampilannya tampak begitu lezat. Proffee sendiri bisa disajikan dalam kondisi panas atau dingin dengan menambahkan es batu.

Kebanyakan video di TikTok menggunakan protein shake merek Premier Protein dan Quest Protein Shake asal Amerika Serikat. Bila ingin mencobanya, Anda tentu bisa menggunakan protein shake apapun yang lebih mudah ditemukan.

Apakah proffee benar-benar menyehatkan?

Menurut keterangan ahli gizi Shena Jaramillo, menambahkan protein shake ke dalam campuran kopi adalah cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi tambahan di pagi hari.

“Banyak orang cenderung memilih kopi sebagai pengganti sarapan, sehingga kehilangan nutrisi penting. Protein shake dalam kopi dapat menambah rasa manis dan nutrisi. Ini dapat mengurangi asupan gula dan krim dalam kopi dan menambahkan pilihan yang lebih padat nutrisi ke dalam campurannya.”

Untuk orang yang terbiasa berolahraga pada pagi hari, mengganti kopi biasa dengan proffee akan membantu Anda berlatih dan memberi dampak pada bagi otot.

Menurut penelitian tahun 2017 dari International Society of Sports Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi protein berkualitas tinggi dalam waktu dua jam setelah berolahraga merangsang sintesis protein otot, sebuah proses yang dapat memperbaiki kerusakan otot.

Ahli gizi Amy Davis mengatakan bahwa selama olahraga otot ditantang dan dipecah, di sini protein bertanggung jawab untuk memperbaiki, menyembuhkan, dan menumbuhkan otot-otot itu setelah latihan.

“Menambahkan protein ke kopi Anda adalah cara cepat dan mudah untuk memastikan Anda mendapatkan dosis protein yang sehat setelah berolahraga,” jelas Amy seperti dikutip Verrywellfit.com.

Namun, bahkan bila Anda jarang berolahraga dan sibuk bekerja dari rumah berjam-jam, menghabiskan waktu duduk di depan layar, proffee tetap menawarkan keuntungan tambahan. Dengan mengonsumsi proffee di pagi hari setelah sarapan, ini akan membantu tubuh terasa kenyang lebih lama yang pada akhirnya mengurangi keinginan untuk mengonsumsi camilan sebelum waktu makan siang.

“Mengonsumsi sarapan berkualitas tinggi dan kaya protein telah terbukti meningkatkan rasa kenyang sekaligus mengurangi nafsu makan dan mengidam makanan,” kata ahli gizi Acacia Wright.

“Semakin banyak penelitian juga mendukung bahwa mengonsumsi protein saat sarapan dapat membantu dalam pengelolaan berat badan dan upaya penurunan berat badan. Belum lagi kopi mengandung kafein, stimulan, yang memberikan dorongan energi tambahan dan meningkatkan kewaspadaan.”

Kopi dan protein untuk kesehatan

Pada dasarnya, kopi itu sendiri bisa memberikan dampak baik, dan bisa buruk untuk tubuh. Kopi dinilai tinggi antioksidan yang berpengaruh pada perlindungan tubuh dari radikal bebas. Minum kopi juga membantu memberikan rasa rileks dan meningkatkan suasana hati seseorang.

Namun, ingat bahwa kopi menjadi tak begitu bagus untuk tubuh bila ditambahkan dengan gula, sirup, dan krimer yang tinggi kalori.

Di sisi lain, tubuh juga sangat membutuhkan protein untuk membangun otot, kulit, dan rambut. Protein juga dapat membangun antibodi untuk sistem kekebalan tubuh, hingga perbaikan sel. Memulai hari dengan mengonsumsi protein terbukti dapat menstabilkan kadar gula darah.

Sebenarnya, kebutuhan protein setiap orang berbeda, bisa dilihat dari usia, berat badan, dan tingkat aktivitas. Menurut British Heart Foundation, kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar 0,75 gram protein per kilo berat badan per hari. Untuk rata-rata wanita, rata-rata adalah 45 gram dan 55 gram untuk pria).

Jadi apakah proffee bisa dijadikan minuman andalan? Jawabannya bisa karena minuman ini tergolong sehat. Namun, perlu ditekankan bahwa Anda tak menambahkan pemanis buatan dan menggunakan bubuk protein atau protein shake siap minum dengan kualitas terbaik.


Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini