Terbaru! Inilah 10 Kampus Terbaik di Indonesia Versi QS World University 2022

Terbaru! Inilah 10 Kampus Terbaik di Indonesia Versi QS World University 2022
info gambar utama

Lembaga pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) merilis hasil QS World University Rankings (WUR) tahun 2022 pada hari Selasa (8/6/2021) atau Rabu (9/6)--waktu Indonesia. Sebanyak 1.300 perguruan tinggi mengikuti pemeringkatan tahun ini, jumlah tersebut menjadi yang terbanyak dari beberapa edisi sebelumnya.

Dari hasil Pemeringkatan kampus terbaik yang ada di seluruh dunia, ada beberapa kampus yang berhasil masuk di top university ranking.

Untuk Indonesia, ada 16 kampus terbaik dan di posisi atas dipegang Universitas Gadjah Mada (UGM). UGM mempertahankan posisinya di peringkat 300 besar dunia, atau lebih tepatnya di peringkat 254. Dengan hasil ini, UGM tetap menjadi universitas terbaik di Indonesia versi QS WUR.

Terdapat enam aspek utama yang dinilai dalam QS WUR, antara lain:

  • Academic Reputation,
  • Employer Reputation,
  • Citations per Faculty,
  • Faculty Student Ratio,
  • International Faculty, dan
  • International Students.
10 kampus terbaik Indonesia tahun 2022 versi QS World University Rangkings 2022 © GNFI
info gambar

Data-data tersebut diambil dari dua sumber kredibel yakni Survei Global QS dan data dari Elsevier Scopus. Masing-masing indikator memiliki bobot penilaian yang berbeda-beda.

Sementara, dari 16 kampus Indonesia yang masuk daftar pemeringkatan QS WUR, ada 10 kampus terbaik. Berikut kami rangkum 10 kampus terbaik Indonesia versi Quacquarelli Symonds World University Rankings tahun 2022.

1. Universitas Gadjah Mada

Gedung rektorat Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta © Husni/Shutterstock
info gambar

Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menempati peringkat pertama versi QS Wolrd Rankings sebagai kampus terbaik di Indonesia pada 2022. Bukan hanya sebagai PTN terbaik, UGM juga dinobatkan sebagai kampus terbaik di Indonesia dan terbaik di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada pemeringkatan tahun 2022, kampus UGM berhasil menyabet peringkat 254 dengan skor yang didapat sebesar 38.3.

Kampus yang menjadi tempat menimba ilmu Presiden RI, Jokowi Widodo ini merupakan perguruan tinggi negeri paling bergengsi di tanah air. Bersama UI dan ITB, UGM selalu berada di puncak klusterisasi perguruan tinggi di Indonesia.

Didirikan pada tahun 1949, UGM menjadi salah satu kampus tertua di Indonesia yang memiliki sejarah panjang dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Sejauh ini UGM memiliki 19 fakultas yang sebagain besar program studinya sudah terakreditasi A oleh BAN-PT.

2. Universitas Indonesia

Halaman kampus Universitas Indonesia © Ipang Budianto/Shutterstock
info gambar

Perguruan tinggi yang terletak di Kota Depok, Jawa Barat ini adalah kampus terbaik kedua pada pemeringkatan tahun 2022. Sudah tak heran lagi, kampus yang identik dengan jas kuning ini sudah berhasil mencetak jutaan alumni yang berprestasi. Selain menjadi salah satu kampus terbaik, UI juga merupakan kampus tertua di Tanah Air.

Dalam pemeringkatan tahun ini, UI berhasil menduduki peringkat ke 290 dengan skor yang diperoleh sebesar 35.2. Begitupun tahun 2021, UI juga menempati peringkat ke-2 versi QS World Rankings.

Sejauh ini UI telah memiliki 14 fakultas dengan program studi yang mayoritas sudah terakreditasi A oleh BAN-PT.

3. Institut Teknologi Bandung

Kampus ITB Ganesha © Tridrian/Shuttersock
info gambar

Menempati peringkat ke-3, Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil mencatatkan diri sebagai salah satu kampus terbaik di tanah air. Hal itu tidak mengherankan, mengingat sejak dulu reputasi dan kualitas kampus ini sudah diakui oleh masyarakat.

ITB berhasil mendapatkan peringkat ke 303 dari 1.300 perguruan tinggi yang masuk pemeringkatan QS WUR 2022. Sementara itu, ITB juga berhasil mendapatkan skor sebesar 34.2.

Sejak tanggal 14 Oktober 2013 ITB menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) yang memiliki otonomi pengelolaan dalam akademik dan nonakademik. ITB telah memiliki 27 program studi yang terakreditasi secara internasional (sebelas dari ABET, sebelas dari ASIIN).

4. Universitas Airlangga

Gedung rektorat Universitas Airlangga, Surabaya © Avely/Shuttestock
info gambar

Secara mengejutkan Universitas Airlangga berhasil mengungguli IPB University dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam hal peringkat. Unair menempati peringkat ke-4 tepat satu tingkat di atas IPB University yang berada di urutan ke-5. Catatan tersebut menjadikan Unair sebagai kampus terbaik di Surabaya dan Jawa Timur 2022.

Universitas Airlangga (Unair) memang sudah sejak lama menghantarkan alumni dan mahasiswanya untuk terus berprestasi. Maka, bukan suatu rahasia lagi, jika kerja keras Unair akhirnya membuahkan hasil yang maksimal. Pada penilaian tahun 2022, Unair menduduki peringkat ke-465 dengan perolehan skor sebesar 25.3.

Sejauh ini Universitas Airlangga memiliki 14 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana yang menempati tiga kampus yang tersebar di Kota Surabaya.

5. Institut Pertanian Bogor

Kampus IPB University © Andresal/Shutterstock
info gambar

Peringkat kelima versi QS world rankings ditempati oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) University. IPB University merupakan salah satu kampus yang sangat lekat dengan dunia pertanian. Perguruan tinggi yang terletak di Bogor ini rupanya juga sukses masuk ke dalam pemeringkatan WCU. IPB University berhasil menduduki peringkat 511-520.

Berdiri sejak tahun 1963, IPB memiliki 5 lokasi kampus yang tersebar di wilayah Kabupaten Bogor dan Kota Bogor, jawa Barat.

Kampus IPB Dramaga merupakan tempat dimana rektorat IPB berdiri, lokasi kampus ini juga merupakan pusat dari kegiatan belajar mengajar program S1, S2 hingga S3.

Pada 2020, IPB sempat mengejutkan publik karena berhasil menembus peringkat pertama versi Kemendikbud RI. Mengalahkan ITB, UI hingga UGM.

Kampus berbasis pertanian terbaik di Indonesia ini telah memiliki 9 fakultas dan 1 sekolah yang mayoritas program studinya sudah terakredisi A oleh BAN-PT.

6. Institut Teknologi Sepuluh November

Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)© Dio Wicaksono/Shutterstock
info gambar

Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau yang dikenal ITS berhasil menduduki peringkat keenam sebagai kampus negeri terbaik di Indonesia versi QS WUR tahun 2022.

Sementara untuk tingkat global, Kampus ini yang sangat identik dengan jurusan teknik ini berhasil menduduki peringkat ke 751-800.

Kualitas dan reputasinya sudah tidak diragukan lagi. Bersama ITB, ITS menjadi kampus berbasis sains dan teknologi terbaik di Indonesia.

Dalam visi awal, ITS ditujukan untuk mendidik para pemimpin yang unggul di bidang sains dan teknologi, guna mengangkat Republik Indonesia menjadi negara berperadaban maju dan tinggi.

Dari segi jumlah fakultas, ITS telah memiliki 9 fakultas dengan puluhan program studi yang mayoritas sudah terakreditasi A oleh BAN-PT.

7. Universitas Padjajaran

Kampus Unpad Dipatiukur © Fachrezi Alwi/Shutterstock
info gambar

Peringkat ketujuh versi QS WUR 2022 ditempati oleh Universitas Padjajaran (Unpad). Peringkat Unpad tahun ini naik satu tingkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya menempati peringkat 8.

Sementara untuk skala global, kampus kebganggaan warga Jawa Barat ini menempati peringkat 801-1000.

Lokasi kampus utamanya berada di salah satu kecamatan di Sumedang bernama Jatinangor. Letaknya yang berada di perbatasan Bandung dan Sumedang membuat sebagain orang keliru. Banyak orang beranggapan lokasi Unpad berada di Kota Bandung, faktanya secara administartif kampus ini berada di wilayah Kabupaten Sumedang.

Pemilihan nama "Padjadjaran" yang digunakan diambil dari nama kerajaan Sunda, yaitu Pakuan Pajajaran, yang dipimpin oleh Raja Prabu Siliwangi (1473–1513 M). Nama ini adalah nama yang paling terkenal dan dikenang oleh rakyat Jawa Barat, karena kemasyhuran sosoknya di antara raja-raja yang ada di tatar Sunda pada masa itu.

Sejauh ini Unpad telah memiliki 17 fakultas, di mana jumlah tersebut menjadi yang terbanyak di antara kampus lain di Jawa Barat.

8. Binus University

Kampus Binus Bekasi © Roy RN/Shutterstock
info gambar

Universitas Bina Nusantara atau yang biasa dikenal Binus, merupakan perguruan tinggi swasta (PTS) yang kampus utama nya berlokasi di Jakarta. Berawal dari lembaga pelatihan komputer Modern Computer Course pada 21 Oktober 1974, akhirnya berkembang menjadi universitas pada 8 Agustus 1996.

Binus merupakan kampus swasta paling bergengsi dan terfavorit di Jakarta. Mahasiwanya berasal dari seluruh penjuru tanah air bahkan dari luar negeri.

Pada tahun 2022, Binus berhasil menjadi kampus swasta terbaik di Tanah Air sekaligus menempati peringkat ke-8 sebagai kampus terbaik Indonesia versi QS World Rankings University.

Binus memiliki 8 kampus yang tersebar di 5 kota meliputi Jakarta, Bandung, Bekasi, Tangerang Selatan dan Malang. Adapun, sejauh ini Binus telah memiliki 3 fakultas dan 4 sekolah.

9. Universitas Diponegoro

Kampus Universitas Diponegoro © Rendy Irawan/Shutterstock
info gambar

Universitas Diponegoro (Undip) didirikan pada tanggal 9 Januari 1957 sebagai Perguruan Tinggi Swasta dan baru mendapat status sebagai Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 1961.

Kampus terbaik di Jawa Tengah ini berhasil menempati peringkat ke-9 sebagai kampus terbaik di Tanah Air versi QS Wolrd Rankings 2022. Sementara untuk skala global, Undip menempati peringkat 1.000-1.200.

Lokasi Universitas Diponegoro tersebar di beberapa lokasi di Kota Semarang dan Kabupaten Jepara. Adapun luas lahan yang dimiliki mencapai 2.009.862 meter persegi dengan perincian 7 lokasi kampus dan 1 lokasi perumahan dinas.

10. Telkom University

Salah satu gedung di kampus Telkom University © Eko Fikry/Shutterstock
info gambar

Peringkat terakhir ditempati oleh kampus salah satu kampus swasta terkemuka di Tanah Air, Telkom University (Tel-U). Adapun untuk tingkat global, Tel-U menempati peringkat 1.001-1.200 versi QS WUR 2022.

Sementara versi lain yang berusumber dari Webometrics menempatkan Telkom University (Tel-U) sebagai kampus terbaik di Bandung 2021. Dalam pemeringkatan tersebut, Tel-U mampu meredam dominasi Institut Teknologi Bandung (ITB) yang selama beberapa tahun berada di peringkat pertama sebagai kampus terbaik di Kota Kembang.

Kampus yang berlokasi di kawasan Bandung Technoplex ini dikenal sebagai kampus swasta paling bergengsi di Indonesia. Mahasiswanya tersebar dari seluruh wilayah Indonesia, bahkan dari luar negeri.

Dari segi jumlah fakultas, Tel-U telah memiliki 7 fakultas dan puluhan program studi yang sebagian besar sudah terakreditasi A oleh BAN-PT.

Baca juga:

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Iip M. Aditiya lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Iip M. Aditiya. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

IA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini