Punya Karya Memukau, Inilah Desainer Pengantin Asal Indonesia yang Mendunia

Punya Karya Memukau, Inilah Desainer Pengantin Asal Indonesia yang Mendunia
info gambar utama

Penulis: Habibah Auni

#Writingchallenge#Inspirasidarisekitar#Negerikolaborasi

Kehadiran virus COVID-19 memberikan dampak ke banyak hal, salah satunya pernikahan. Hal ini bisa dilihat dari maraknya pelaksanaan resepsi pernikahan para anak muda di masa pandemi. Tujuannya, tak lain dan tak bukan untuk menghemat pengeluaran dan merayakan momen kebahagiaan secara daring dengan banyak orang.

Benar saja, berdasarkan laman di CNN Indonesia, pengeluaran untuk resepsi pernikahan di masa pandemi hanya terletak pada biaya pernikahan, makan bersama keluarga, bulan madu, dan gaun pengantin. Total penghematan untuk resepsi pernikahan bisa mencapai paling maksimal sebesar 70 persen.

Bagi Kawan yang berencana untuk menggelar acara pernikahan di masa pandemi, tentu ini menjadi peluang terbaik untuk merayakan momen penuh kebahagiaan secara maksimal. Dengan prediksi total penghematan itu, bisa saja sedikit di antaranya dialokasikan untuk gaun pengantin.

Dengan memakai gaun pengantin berkelas nan gagas, Kawan dapat menampilkan sosok terbaik Kawan di salah satu momen terbaik di kehidupan Kawan. Mengabadikan momen dengan mengenakan gaun pengantin melalui foto juga bukan menjadi hal yang salah.

Untuk mendapatkan gaun pengantin terbaik, tentunya Kawan perlu melihat siapa pembuatnya. Ini bakal membantu Kawan dalam memesan gaun sesuai dengan keinginan dan impian Kawan, tanpa ada kecacatan sedikit pun dalam rajutannya.

Oleh karena itu, berikut beberapa sosok desainer pengantin asal Indonesia yang mendunia. Yuk, disimak baik-baik. Siapa tahu bisa jadi rujukan Kawan ketika hendak mencari gaun pengantin untuk pernikahan di masa depan!

Baca Juga Haru Tari Pengantin Bermakna 'Perpisahan'

Didi Budiardjo, desainer pengantin terkemuka di Indonesia dengan aliran internasional pada karyanya

Posisi pertama ditempati oleh Didi Budiardjo, pria asli Malang kelahiran tahun 1970-an yang terkenal dengan karya gaun pengantinnya dengan siluet ball gown, evening gown, dan bridal gown yang sempurna.

Didi diketahui telah memulai kariernya di bidang fesyen sejak lulus SMA. Di saat teman-temannya memutuskan untuk berkuliah, Didi hanya satu-satunya yang memilih untuk melanjutkan pendidikan khusus fesyen, yaitu di Lembaga Pengajaran Tata Busana (LPTB) Susan Budihardjo pada 1988 silam.

Tak disangka, keputusannya ini menjadi faktor terbesar yang membawa Didi hingga titik ini. Bermodalkan juara pertama di lomba kreativitas siswa, Didi diberangkatkan oleh sekolahnya untuk mengikuti Asian Young Designer Contest di Singapura.

Nahas, dirinya tidak berhasil menyabet piagam penghargaan. Meskipun begitu, bukannya merasa gagal, titik kehidupan ini malah menjadi motivasi terbesar Didi untuk menekuni dunia fesyen.

Buktinya, sesudah lulus dari LPTB Susan Budihardjo, Didi melanjutkan pendidikan fesyennya di kota tempat Menara Eiffel berada, yaitu Atelier Fleuri Delaporte. Tidak merasa puas, sebaliknya Didi dari Paris, ia semakin getol bergerak di bidang fesyen.

Kawan bisa melihat progresivitas dari Sosok Didi pada usaha-usahanya dalam meluncurkan label fesyen sendiri. Di tahun 1989 silam, misalnya, ia meluncurkan label “Anonymous” dengan fokus busana deluxe ready-to-wear.

Beranjak tujuh tahun kemudian, dirinya memublikasi label “Didi Budiardjo” dengan fokus busana yang berbeda, yaitu evening gown dan bridal gown. Awalnya desain buatannya tidak tergolong dalam kelas kelas tertinggi.

Namun pada akhirnya dua model fesyen Didi semakin dikenal luas. Terbukti, sekarang banyak desainer Indonesia yang memilih untuk berkecimpung di dunia evening gown dan bridal gown ketimbang bidang ready-to-wear.

Selama kurang lebih setengah abad berkecimpung di dunia fesyen, Didi terbukti telah mencetak berbagai prestasi gemilang, di antaranya adalah sebagai desainer pertama Indonesia yang menggelar pertunjukan busananya secara live streaming serta merancang gaun pernikahan aktris Sandra Dewi.

Baca Juga Mengenal Ragam Paes Pengantin Pada Pernikahan Jawa

Imelda Kartini, desainer pengantin perempuan dengan gaun buatannya yang memadukan sisi feminin dan keren

Berikutnya ada Imelda Kartini, sosok di balik kemegahan berbagai busana di acara-acara besar di Indonesia. Buktinya, salah satu rancangan busananya dikenakan oleh finalis Puteri Indonesia 2010.

Di dunia gaun pernikahan, prestasi Imelda pun tak kalah gemilangnya. Melansir Priceprice.com, salah satu koleksi bridal milik Imelda pernah dikenakan di season kedua Asia’s Next Top Model.

Gaun pernikahan yang dirancang Imelda menonjolkan perpaduan antara sisi edgy, modern, dan romantis. Cocok dikenakan oleh perempuan yang ingin tampil beda namun tidak melupakan sisi elegan diri sendiri.

Tina Andrean, desainer terbaik versi Asian Fashion Festival 1992

Barangkali nama Tina Andrean tidak terlalu membumi di dunia Instagram. Namun, percayalah, Tina merupakan salah satu sosok desainer pengantin yang patut diacungi jempol.

Sebab, perempuan kelahiran tahun 1960 ini sudah berkarier di dunia busana, bisa dibilang lebih dari 30 tahun. Nah, sepanjang hayat kariernya, Tina dikenal sebagai desainer busana buat gaun pengantin.

Bahkan, kemampuan Tina dalam merancang busana gaun pernikahan dengan teknik unik dan khas sudah diakui dunia. Buktinya pada 1992 silam, dirinya meraih penghargaan sebagai desainer terbaik di Asian Fashion Festival.

Sebagai catatan, busana gaun pernikahan buatan Tina memadukan gaya eropa, personal, dan intimate. Cocok untuk perempuan yang ingin menampilkan kesan dekat namun elegan selama resepsi pernikahan.

Baca Juga Gelar Perempuan di Balik Tingginya Uang Panai Suku Bugis

Sebastian Gunawan, desainer dengan karya cantik memukau

Sosok desainer terbaik di Indonesia ini tak perlu dipertanyakan lagi. Dengan bermodal latar belakang pendidikan di dunia fesyen, dan berbagai pengalaman profesional lainnya, tak ayal gaun pernikahan buatannya mengundang decak kagum banyak orang.

Lini gaun pernikahan buatan Sebastian Gunawan adalah Sebastian Sposa, diciptakan untuk membantu Kawan dalam tampil cantik nan mewah di hari pernikahan. Kawan juga bisa memesan aksesoris pernikahan yang tak kalah sempurna pada Sebastian.

Itulah beberapa sosok desainer pengantin Indonesia dengan gaun pernikahan yang memukau dan menawan. Mereka adalah para talenta yang mampu mengharumkan nama Indonesia. Akan menjadi kebanggaan sendiri, ketika karya buatan mereka sudah jatuh di tangan Kawan!*

Referensi: CNN Indonesia | Detikcom | Liputan6.com | Priceprice.com | SWA Online Magazine

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini