10 Mobil Terlaris di Indonesia Mei 2021, Xpander Kalahkan Mobil Sejuta Umat

10 Mobil Terlaris di Indonesia Mei 2021, Xpander Kalahkan Mobil Sejuta Umat
info gambar utama

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) baru-baru ini merilis data penjualan mobil di Indonesia periode Mei 2021.

Berdasarkan data tersebut, penjualan mengalami perlambatan dibandingkan satu bulan sebelumnya. Hal ini sejalan dengan berbagai aspek yang mempengaruhi, seperti berkurangnya diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) jadi 50 persen serta hari kerja yang lebih sedikit.

Secara rinci, penjualan wholesales tercatat sebanyak 54.815 unit. Jumlah ini menurun 30,5 persen dari pencapaian pada April 2021 yang berhasil mencapai 78.908 unit.

Kendati demikian, catatan tersebut masih tetap meningkat bila dibanding tahun 2020. Secara year to date Januari-Mei 2021, penjualan mobil wholesales mencapai 320.749 unit, atau naik 29,17 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya 248.309 unit

Penerapan insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk mobil baru sedikitnya mampu meningkatkan gairah penjualan mobil baru di Tanah Air.

Baca Juga: 10 Merek Mobil Paling Laris di Indonesia Sepanjang 2020 (Wholesales)

Xpander kalahkan mobil sejuta umat

Untuk tipe mobil paling laris, Mitsubishi Xpander berhasil menjadi jawara sepanjang Mei 2021 dengan mencatat penjualan sebanyak 5.026 unit. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari semua seri Xpander, termasuk Xpander Cross.

Torehan manis ini sekaligus mengalahkan penjualan "mobil sejuta umat" Toyota Avanza yang beberapa periode sebelumnya mengungguli penjualan Xpander.

Avanza sendiri mencatatkan penjualan sebanyak 4.675 unit, angka tersebut mengalami penurunan dibanding bulan April dengan pengiriman 5.385 unit.

Honda Brio yang pada masa pandemi Covid-19 tahun lalu menjadi jawara mobil terlaris, harus puas berada di peringkat ketiga dengan total 3.317 unit. Lagi-lagi angka ini juga turun drastis dibanding pengiriman April sebesar 5.014 unit.

Tak ketinggalan, Toyota Rush menempati posisi keempat dengan pengiriman sebanyak 3.228 unit. Berbeda dari model-model lainnya, angka ini naik tipis dibanding pengiriman April sebesar 2.889 unit.

Setelah menjadi penguasa pada bulan April, Toyota Kijang Innova kini harus puas berada di peringkat kelima mobil terlaris untuk bulan Mei dengan penjualan 2.719 unit. Angka ini menurun cukup signifikan dari penjualan bulan April sebanyak 2.719 unit.

Peringkat keenam diisi mobil Low Cost Green Car (LCGS) Toyota Calya. Penjualan Calya periode April 2021 tercatat sebanyak 2.026 unit.

Sang pendatang baru, Toyota Raize, mampu menembus jajaran mobil terlaris dengan menempati peringkat ketujuh. Total pengiriman Raize tercatat sebanyak 1.431 unit di bulan pertama penjualan setelah diluncurkan.

Mitsubishi Pajero Sport, berdiri di posisi kedelapan dengan total penjualan wholesales sebanyak 1.376 unit.

Penurunan drastis dicatat oleh Daihatsu yang hanya menjual sebanyak 1.369 unit. Angka itu turun cukup signifikan dibandingkan dengan pengiriman Maret sebesar 6.930 unit.

Sementara peringkat sepuluh diisi oleh Daihatsu Alya dengan penjualan sebanyak 1.216 unit, turun dari bulan sebelumnya (April( yang mencatat angka sebnayak 2.225 unit.

Baca juga:

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Iip M. Aditiya lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Iip M. Aditiya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini