Genjot Pertumbuhan Ekosistem AIoT dan 5G, Xiaomi Indonesia Rilis 3 Produk Sekaligus

Genjot Pertumbuhan Ekosistem AIoT dan 5G, Xiaomi Indonesia Rilis 3 Produk Sekaligus
info gambar utama

Ekosistem AIoT dan jaringan 5G saat ini memang telah mendapat tempat di Indonesia. Elaborasi dua teknologi tersebut sejatinya mampu membuat beragam gubahan, terkait efisiensi pekerjaan, kreativitas, hingga gaya hidup.

Xiaomi, perusahaan teknologi dengan berbagai perangkat cerdas dan Internet of Things (IoT) untuk mendukung gaya hidup, Selasa (15/6/2021), kian memperkuat implementasi tersebut dengan meluncurkan deretan produk pada segmen high-end dan perangkat AIoT terbarunya, yakni Mi 11 Lite, Mi 11 Ultra, dan Mi Smart Band 6.

Acara yang berlangsung secara daring--di channel Youtube Xiaomi Indonesia--ini, mengusung tema “Tech X Fashion” yang memadukan teknologi dengan lifestyle ke dalam gelaran fashion show.

“Melanjutkan kesuksesan peluncuran Mi 11 di awal tahun, Xiaomi Indonesia bangga dapat meluncurkan Mi 11 Lite, Mi 11 Ultra, dan Mi Smart Band 6 dengan konsep yang berbeda untuk para Mi Fans sekaligus mengukuhkan komitmen kami untuk menghadirkan teknologi terbaru dengan harga yang sebenarnya,'' kata Stephanie Sicilia, Head of PR Xiaomi Indonesia, di acara tersebut.

Baca juga Membuka 30 Gerai Baru dalam Sehari, Xiaomi Indonesia Masuk Rekor MURI

Mi 11 Lite, experience dan desain dengan citarasa flagship

mi 11 lite
info gambar

Mi 11 Lite menghadirkan ponsel dengan citarasa flagship yang diklaim paling tipis untuk ukuran ponsel yang dijual di Indonesia. Ponsel ini secara keseluruhan memadukan desain ciamik dengan teknologi yang memukau.

Tebalnya hanya 6.81 mm dan bobot 157 gram, perangkat ini hadir dengan konfigurasi layar 6,55 inci Flat AMOLED DotDisplay, prosesor Qualcomm Snapdragon 732G, spiker ganda bersertifikasi Hi-Res Audio dan Hi-Res Audio Wireless.

Untuk menunjang aktivitas penggunanya, pada Mi 11 Lite ditanamkan baterai dengan kapasitas 4.250 mAh yang mendukung pengisian cepat (fast charging) 33 Watt. Lain itu, ponsel ini juga dilengkapi kamera utama 64 MP yang jadi bagian dari sistem triple cameranya.

''Mi 11 Lite merupakan hasil inovasi tiada henti dan kerja keras untuk memenuhi kebutuhan smartphone kelas flagship dengan spesifikasi termutakhir dan desain yang elegan yang tidak hanya menunjang produktivitas saja namun juga melengkapi gaya hidup sebagai fashion statement,” ungkap Stephanie.

Di pasaran, Mi 11 Lite bakal hadir besok, Kamis (17/6), di Mi.com, Shopee, dan Akulaku (toko online), serta di semua gerai Xiaomi (offline), tepat pukul 12 siang. Soal banderolnya, ponsel ini bakal dijual dengan harga Rp3,6 jutaan (RAM 6 GB/ROM 64 GB), Rp3,7 jutaan (RAM 6 GB/ROM 128 GB), dan Rp3,9 jutaan (RAM 8 GB/ROM 128 GB).

Baca juga Di Balik Alasan Kepopuleran Xiaomi di Industri Ponsel Tanah Air

Mi 11 Ultra yang kian dobrak segmen fotografi

mi 11 ultra
info gambar

Sementara produk selanjutnya, yakni Mi 11 Ultra, bakal mendobrak standar fotografi dan videografi pada ponsel kelas flagship, serta dan diklaim bisa menempati line-up teratas untuk segmen high-end.

Produk ponsel yang diperkuat oleh cipset terbaik saat ini, yakni Qualcomm Snapdragon 888, bakal hadir dengan konfigurasi kamera profesional triple pro-grade 50 MP (wide angle), 48 MP (ultra-wide), dan 48 MP (telephoto). Konfigurasi tersebut sejatinya menjadikan Mi 11 Ultra menduduki puncak daftar kamera terbaik menurut riset DXOMARK.

Ponsel inipun disebut bakal memanjakan mata dan telinga, berkat layar E4 6,81 inci AMOLED Quad-curved DotDisplay, dan menjadi ponsel pertama yang memiliki layar 1,1 inci (AMOLED) pada modul kamera belakang untuk menampilkan informasi sekaligus panduan mengambil gambar

Dibekali spiker ganda dengan setelan suara dari harman/kardon, serta baterai berkapasitas 5.000 mAh yang dilengkapi 67 Watt turbo charging untuk pengisian daya menggunakan kabel dan nirkabel. Ponsel ini juga menjadi ponsel pertama di dunia yang menggunakan desain bodi keramik dengan proses pembuatan yang kompleks. Hal itulah yang pada akhirnya membuat Mi 11 Ultra hanya dijual dalam jumlah terbatas di Indonesia.

Di Indonesia, ponsel ini tersedia mulai, Rabu (16/6), dengan banderol Rp16,9 jutaan (RAM 12 GB/ROM 256 GB), yang bisa diperoleh di Mi.com dan gerai Xiaomi yang ada di Indonesia.

Baca juga Xiaomi Mi 11, Ponsel Sinematik Paling Powerful Resmi Hadir di Indonesia

Mi Smart Band 6, kian perkuat ekosistem AIoT

mi band 6
info gambar

Pada kesempatan yang sama, Xiaomi Indonesia juga memperkenalkan generasi Smart Band terbaru, yakni Mi Smart Band 6, sebagai wujud komitmennya untuk menggenjot strategi Smartphone x AIoT di Indonesia, sekaligus menguatkan ekositem AIoT di Indonesia.

Ketimbang produk pendahulunya--Mi Smart Band 5--produk ini mengalami peningkatan tampilan layar yang 50 persn lebih besar, yakni layar full-screen AMOLED 1,56 inci yang mendukung resolusi 326 PPI, serta menyediakan lebih dari 60 tema tampilan layar yang dapat dipilih oleh penggunanya.

Dari sisi teknologinya, boleh dibilang Mi Smart Band 6 semakin meningkat kemampuannya untuk mendeteksi secara otomatis 6 kegiatan olahraga umum, serta fitur pengecekan kesehatan lainnya. Seperti pengukuran SpO2, detak jantung, siklus tidur. Baterai yang dapat bertahan hingga 14 hari dan bersertifikasi tahan air hingga 5 ATM, siap menemani waktu berolahraga dimana saja dan kapan saja.

Soal ekosistem AIoT, Perusahaan teknologi ini memang diketahui juga memiliki lini bisnis di bidang peralatan rumah tangga yang berbasis teknologi, beberapa di antaranya yaitu Mi Smart Home Kit, Home Security Camera 360, dan Smart Alarm, yang semuanya sudah menerapkan sistem AIoT.

Bagi Anda yang tertarik dengan produk Mi Smart Band 6 ini, bisa dibeli mulai, Kamis (17/6), di Mi.com dan Shopee (daring) serta menyambangi gerai Xiaomi terdekat di kota Anda.

Baca jugaImplementasi AIoT dan Konektivitas 5G dalam Era Teknologi Baru di Indonesia

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Mustafa Iman lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Mustafa Iman.

Terima kasih telah membaca sampai di sini