Keindahan 5 Laut Indonesia yang Cocok untuk Menyelam, dari Wakatobi hingga Derawan

Keindahan 5 Laut Indonesia yang Cocok untuk Menyelam, dari Wakatobi hingga Derawan
info gambar utama

Penulis: Ega Krisnawati

#WritingChallenge#InspirasidariKawan#NegeriKolaborasi

Dewasa ini, Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang dijadikan sebagai pilihan untuk menyelam atau diving. Pasalnya, Indonesia memiliki alam yang indah dilengkapi dengan biota bawah lautnya.

Indah dan cantiknya laut di Indonesia tak jarang membuat para turis asing rela untuk terbang dari negara asalnya untuk diving dan melihat biota laut Indonesia. Maka dari itu, pemerintah pernah membuat target terkait kedatangan 20 juta wisatawan dan empat juta di antaranya fokus untuk wisata laut.

Dikutip dari Kumparan, Ketua Perkumpulan Usaha Wisata Selam Indonesia 2015--2018 Jhon E. Sijabat mengatakan terdapat 10 destinasi unggulan yang dianggap sebagai surga diving di Indonesia, salah satunya Kepulauan Seribu.

Selain jaraknya dekat dengan ibu kota, Kepulauan Seribu juga memiliki gugusan pulau-pulau di utara Jakarta dengan puluhan titik penyelaman yang mempesona. Jhon menambahkan bahwa Kepulauan Seribu adalah lokasi diving paling terjangkau di Indonesia dan cocok bagi pemula. Lantas, apa saja laut Indonesia yang cocok untuk diving?

Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Taman Nasional Wakatobi | Foto: TravelsPromo
info gambar

Taman Nasional Wakatobi dengan total area 1,39 juta hektare ini ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 2020. Taman Nasional Wakatobi memiliki keanekaragaman hayati laut, skala, dan kondisi karang yang indah.

Di taman ini juga terdapat panorama keindahan alam bawah laut dengan 25 gugusan terumbu karang. Wakatobi menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia.

Baca Juga Ingin Menjadi Penyelam Profesional, Bagaimana Caranya?

Taman Nasional Karimun Jawa, Jawa Tengah

Taman Karimun Jawa | Foto: Tribunnewswiki
info gambar

Taman Nasional Karimun Jawa adalah salah satu wilayah dari Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Taman ini memiliki luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare. Kini Karimunjawa dikembangkan menjadi pesona wisata.

Dilansir dari Line Today, Taman Nasional Karimun Jawa merupakan rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, dan terdapat hampir 400 spesies fauna laut. Sebanyak 400 spesies tersebut di antaranya ada 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat di Taman Nasional Karimun Jawa adalah Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, dan penyu hijau.

Pulau Bunaken, Sulawesi Utara

Pulau Bunaken | Foto: Jelajahpulau.com
info gambar

Selanjutnya adalah Pulau Bunaken, Sulawesi Utara. Pulau ini menjadi salah satu pilihan utama untuk menyelam di Indonesia. Pasalnya, di taman ini terdapat aneka kehidupan laut yang bisa ditemukan. Bunaken memiliki lebih dari 70 jenis terumbu karang, lima jenis kura-kura, dan juga hiu karang.

Baca Juga Jembatan Ampera, Ikon Kota Tertua di Indonesia

Raja Ampat, Papua

Raja Ampat | Foto: Aneka Tempat Wisata
info gambar

Raja Ampat, Papua merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik di seluruh dunia untuk diving. Kepulauan Raja Ampat terletak di ujung paling barat pulau Papua dan memiliki kawasan karang paling baik di Indoenesia. Pulau in memiliki lebih dari 540 jenis karang keras (75 persen dari total jenis di dunia), lebih dari 1.000 jenis ikan karang dan 700 jenis moluska.

Baca Juga Pesona Pantai Bali yang Masuk Sebagai Pantai Terbaik di Asia Versi TripAdvisor

Derawan, Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan | Foto: Travel - Tempo.co
info gambar

Kalimantan Timur juga memiliki surganya laut untuk diving. Laut itu adalah Derawan. Derawan memiliki keindahan laut yang begitu menakjubkan.

Kawan bisa memilih berbagai aktivitas mulai dari berenang, snorkeling, hunting foto, hingga keliling pulau derawan dengan banana boat. Selain itu, Kawan juga bisa menjumpai sebanyak 460 jenis terumbu karang dan sekitar 832 spesies ikan karang. Wah, menarik, ya, Kawan?

Kendati demikian, saat memutuskan untuk diving Kawan juga harus mempertimbangkan protokol kesehatan. Tetap patuhi protokol kesehatan meskipun Kawan sedang berlibur. Jangan lupa juga untuk periksa kesehatan Kawan sebelum bepergian.

Nah, sambil menunggu hasil kesehatan untuk menyelam, bagi Kawan yang gemar menulis ikut Writing Challange Batch 3, yuk! Simak syarat dan ketentuannya di tautan berikut.*

Referensi: Line Today | Kumparan

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini