Menikmati Keindahan Hamparan Pasir Pulau Mendaku di Kepulauan Sangihe

Menikmati Keindahan Hamparan Pasir Pulau Mendaku di Kepulauan Sangihe
info gambar utama

Penulis: Ega Krisnawati

#WritingChallenge#InspirasidariKawan#NegeriKolaborasi

Kepulauan Sangihe tampaknya masih terdengar asing di kalangan masyarakat umum, tetapi berbeda bagi para pecinta traveling. Pasalnya, Kepulauan Sangihe memang ibarat surga dengan banyaknya destinasi wisata yang menarik.

Salah satu wisata yang patut Kawan kunjungi adalah Pantai Mendaku. Dikutip dari laman Disparda Sangihe, Pandai Mendaku terletak di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Pulau Mendaku.

Untuk bisa menempuhnya, Kawan memerlukan waktu selama tiga jam ke Kota Tahuna. Adapun transportasi yang digunakan, yaitu ojek, rental kendaraan, hingga angkutan pedesaan. Selain itu, terdapat pula beberapa alternatif kendaraan lain yang bisa digunakan, dengan menyewa mobil dan mengendari angkutan pedesaan dengan tujuan Kampung Lapango.

Kendati demikian, kendaran-kendaraan tersebut mesti berhenti lajunya di Kampu Lapango. Pasalnya, dari sana Kawan akan menempuh perjalanan dengan speed boat atau taxi laut.

Baca juga Perjuangan Masyarakat Sangihe di Balik Rencana Pertambangan Emas

Dekat dengan Pulau Dakupang

Sulawesi | Foto: Unsplash
info gambar

Pulau Mendaku memiliki hamparan pasir putih yang bisa dijadikan alasan untuk berlibur. Pulau ini juga terdapat vegetasi berupa tanaman kelapa atau nyiur dan tanaman jenis kayu-kayuan, dengan ketahan untuk tumbuh di pulau yang memiliki tekstur bebatuan atau karang.

Tidak hanya itu, di sekitar pulau ini terhampar keindahan terumbu karang dan pantai yang dangkal. Pulau ini tidak memiliki penghuni dikarenakan tidak memiliki pantai kecil pasir putih. Disekeliling pulau ini, hanya terlihat tebing yang menjulang.

Kendati demikian, saat mengunjungi Pulau Mendaku belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Pulau Dakupang. Apabila dilihat dari peta, letak Pulau Mendaku berada persis di dekat Pulau Dakupang.

Dalam bahasa Indonesia, mendaku berarti berangkulan. Maka tidak heran jika dilihat dari namanya, pulau ini dianalogikan demikian lantaran letaknya yang berdekatan dengan banyak pulau lainnya hingga terlihat saling berangkulan.

Menurut laman Wisata Kita, Pulau Dakupang tidak memiliki penghuni. Sementara Pulau Mendaku memiliki kurang lebih 14 Kartu Keluarga (KK). Hal ini juga yang menyebabkan para wisatawan dapat bermalam di rumah penduduk.

Baca juga Mengenal Kepulauan Sangihe, Permata di Ujung Utara Indonesia

Menyelam di perairan Pulau Mendaku

Perairan Pulau Mendaku | Foto: Blog Wisatasyarta
info gambar

Bagi Kawan yang ingin menyelam (snorkling), Pulau Mendaku menjadi salah satu lokasi yang tepat. Di pulau ini terdapat beberapa tempat untuk menyelam. Sebagai pemula, Kawan bisa menyelam dengan visibility antara 20-–25 meter. Pasalnya, kedalaman objek hanya 10--15 meter saja sudah memiliki arus yang cenderung cukup kuat.

Tidak perlu terkejut, apabila saat Kawan melakukan snorkling lalu melihat ada gerombolan ikan yang sangat banyak berenang ke sana kemari. Hal ini disebabkan lokasi dari Pantai Mendaku yang cocok sebagai tempat menyelam.

Bahkan, di dalam lautan, Kawan bisa melihat berbagai terumbu karang di antara padang lamun dan juga ikan-ikan yang hidup di sana layaknya sebuah kompleks perumahan. Wah menarik, ya, Kawan!

Pantai Mendaku juga dikenal dengan pasir putihnya yang sangat aman dan rata dari terpaan gelombang laut. Hal ini juga yang menyebabkan di pantai ini terdapat pemukiman meski sangat dekat dengan bibir pantai.

Atas keindahan Pulau Mendaku, bahkan Bupati Gaghana (Bupati Kepulauan Sangihe sejak 2017) ikut kagum. Kala itu, ia sedang melakukan Kunjungan kerja (Kunker). Sebelum memberikan bantuan, Gaghana melakukan snorkling di Pulau Mendaku dan Pulau Dakupang.

Baca juga Legenda Masalihe, Kerajaan Sangihe yang Tenggelam di Bawah Laut

Sebagaimana yang dikutip dari laman Gempar News, selain mengagumi dan memuji keindahan bawah laut kedua pulau tersebut, Bupati juga mengagumi kebersihan pantai dan sekitarnya.

”Keindahan Pulau Mendaku dan Dakupang sungguh luar biasa,terumbu karangnya sangat indah dan banyak ikannya, bersih tidak ada sampah plastik. Kedua pulau ini sudah terkenal sampai mancanegara,bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara jika ingin snorkling dan diving mari datang ke Pulau ini," ungkapnya.

Nah, itulah keindahan Pantai Mendaku yang bisa Kawan jadikan salah satu destinasi untuk liburan. Apakah Kawan tertarik untuk berkunjung?*

Referensi: Disparda Sangihe | Gempar News

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

KO
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini