Deretan Kerja Paruh Waktu untuk Mahasiswa, dari Desainer hingga Penerjemah Komik Bahasa Asing

Deretan Kerja Paruh Waktu untuk Mahasiswa, dari Desainer hingga Penerjemah Komik Bahasa Asing
info gambar utama

Penulis: Ega Krisnawati

Aktivitas di perkuliahan berbeda dengan aktivitas di sekolah yang cenderung lebih padat. Kawan memiliki waktu yang lebih senggang dan dapat disisipi dengan aktivitas lainnya. Agar dapat mengisi aktivitas secara positif, Kawan memiliki kesempatan untuk kerja paruh waktu (part time). Dengan kerja paruh waktu, Kawan bisa mendapat uang jajan tambahan.

Dilansir dari Glints, kerja paruh waktu adalah sistem bekerja dengan waktu yang tidak penuh layaknya orang kantor pada umumnya atau delapan jam sehari. Kawan hanya membutuhkan waktu beberapa jam sehari sesuai dengan kebijakan yang diberikan oleh instansi.

Adanya fleksibilitas waktu yang cukup tinggi akan membuat Kawan lebih mudah membagi waktu dengan tugas utama, yaitu kuliah. Setidaknya terdapat dua manfaat kerja paruh waktu untuk mahasiswa.

Burjo Andeska Yogyakarta, Tempat Makan Ideal Mahasiswa di Akhir Bulan

Pertama, melatih keterampilan di dunia kerja. Menurut laman Career Addict, kerja part time lebih memungkinkan mahasiswa untuk mempelajari semua keterampilan yang tidak diajarkan di bangku kuliah. Sehingga, Kawan bisa mempelajari keterampilan lain untuk mempersiapkan diri di dunia kerja.

Kedua, menambah network. Tidak hanya menambah melatih keterampilan di dunia kerja, kerja part time juga dapat memperluas network profesional. Maka dari itu, akhirnya part time dapat membantu Kawan untuk menjalani jenjang karier di masa depan. Lantas, apa saja pekerjaan part time untuk mahasiswa?

Desainer

Bagi Kawan yang berkuliah di jurusan desain atau mahir di bidang tersebut, menjadi desainer tidak ada salahnya, lho! Cobalah untuk mendaftar sebagai desainer paruh waktu.

Beberapa jasa yang bisa Kawan tawarkan sebagai desainer part time adalah membuka jasa desain Daftar Riwayat Hidup milik teman, desain logo, kartu nama, dan website. Setelah portofolio siap, Kawan bisa langsung melamar pekerjaan.

Penulis lepas

Tahukah Kawan bahwa banyak website yang membuka lowongan bagi penulis paruh waktu dan freelancer writer? Kawan bisa memanfaatkan berbagai website, seperti Glints dan Fiverr untuk mendaftar sebagai penulis lepas paruh waktu. Dengan menjadi penulis lepas paruh waktu, Kawan juga memiliki lebih banyak portofolio dalam menulis.

Terbaru! 10 Kampus Terbaik di Indonesia Versi QS World University 2022

Tutor dan guru les

Tutor | Foto: Unsplash
info gambar

Menjadi tutor atau guru les adalah salah satu pilihan bekerja part time yang banyak diminati, terutama oleh mahasiswa dengan latar belakang ilmu pendidikan.

Di beberapa kampus, terdapat lowongan untuk menjadi tutor bagi junior di semester awal. Apabila Kawan cukup menguasai materi perkuliahan, profesi sebagai tutor sangat direkomendasikan!

Umumnya apabila menjadi tutor, Kawan akan diberikan keuntungan seperti potongan SKS. Selain menjadi tutor, Kawan juga bisa menjadi guru les untuk anak-anak SD, SMP, hingga SMA. Kawan bisa mengajari mereka pelajaran sekolah atau bahasa asing.

Barista

Barista | Foto: Unsplash
info gambar

Beberapa waktu belakangan ini, keberadaan coffee shop sangat menjamur di berbagai kota besar. Keberadaan coffee shop tentunya membawa keuntungan bagi para mahasiswa untuk bekerja part time sebagai barista.

Apabila di daerah terdekat Kawan ada coffee shop, cobalah untuk inisiatif bertanya kepada salah satu pegawainya terkait lowongan pekerjaan menjadi barista. Selain bertanya secara langsung, Kawan juga bisa mencari lowongan pekerjaan barista melalui media sosial.

Penerjemah komik digital

Dikutip dari laman Lifepal, saat ini komik digital sudah tersebar di berbagai lini media sosial. Komik digital memiliki jenis pembaca yang berbeda-beda.

Terdapat pembaca yang lebih minta membaca dengan bahasa Indonesia ataupun bahasa asing. Hal ini bisa Kawan manfaatkan sebagai kesempatan untuk menjadi penerjemah komik digital.

Kisah Lupus, Cerita Kenangan Romantika jadi Kenangan Masa SMA

Fotografer

Fotografer | Foto: Unsplash
info gambar

Setiap peristiwa tentunya ingin diabadikan untuk dikenang di masa yang akan datang. Apalagi saat ini banyak orang yang ingin mengabadikannya di media sosial. Sehingga, seiring berjalannya waktu jasa fotografer menjadi banyak diminati.

Hal ini bisa Kawan manfaatkan untuk menjual jasa fotografer. Langkah yang bisa Kawan mulai, yaitu menawarkan hasil foto ke berbagai platform untuk dijual. Nah, itulah deretan kerja part time untuk Kawan sebagai mahasiswa. Manfaatkan waktu sebaik mungkin, ya.*

Referensi: Glints | Lifepal

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini