Miliki Jutaan Hektare, Inilah 10 Provinsi dengan Hutan Terluas di Indonesia

Miliki Jutaan Hektare, Inilah 10 Provinsi dengan Hutan Terluas di Indonesia
info gambar utama

Hutan acap kali diartikan sebagai sebuah kawasan yang ditumbuhi berbagai jenis pohon dan di dalamnya dihuni oleh berbagai fauna. Di Indonesia, seluas 120,6 juta hektare daratannya dialokasikan menjadi kawasan hutan, sedangkan sisanya merupakan Areal Penggunaan Lain (APL).

Hutan juga menjadi salah satu sumber kekayaan alam di Indonesia. Sebagaimana yang diatur dalam Pasal 33 UUD 1945, bahwa kekayaan alam tersebut diatur oleh pemerintah dengan tujuannya untuk memenuhi hajat hidup orang banyak. Namun, tak jarang pula dalam praktiknya kawasan hutan disalahgunakan hanya untuk memenuhi kepentingan individu semata.

Padahal hutan memiliki manfaat yang begitu besar buat keberlangsungan hidup masyarakat. Setiap pohon yang berdiri tegak di kawasan hutan, memiliki fungsi menghasilkan oksigen yang sangat dibutuhkan makhluk hidup. Selain itu, hutan juga mampu mencegah terjadinya bencana seperti banjir, tanah longsor, kekeringan, dan masalah lingkungan lainnya.

Keberlangsungan fungsi hutan juga sangat bergantung dengan luas kawasan hutan itu sendiri. Apabila luas hutan setiap tahunnya mengalami penyusutan maka pemulihan dan pencegahan mesti segera dilakukan di tahun berikutnya.

Berdasarkan data yang dirangkum dari berbagai sumber, termasuk data Badan Pusat Statistik (BPS) terakhir (2019), berikut GNFI sajikan 10 provinsi pemilik hutan terluas di Indonesia.

Bagaimana Hutan Indonesia sebagai Paru-Paru di Masa Depan
10 provinsi pemilik hutan terluas di Indonesia | GNFI
info gambar

1. Papua

Papua menjadi provinsi pemilik hutan terluas di Indonesia. Luas hutan di provinsi yang beribu kota Jayapura ini mencapai 29.368.482 hektare.

Bagi penduduk asli Papua, hutan menjadi sumber kehidupan, kesakralan serta kesehatan setiap harinya. Sehingga, keberadaan ekosistem hutan Papua menjadi salah satu tanggung jawab masyarakat lokal untuk terus dilestarikan, dimana mereka pelihara dengan nilai-nilai kearifan dan budaya yang tinggi.

2. Kalimantan Tengah

Dari Papua, mari kita terbang ke Pulau Kalimantan. Pulau Borneo ini memang terkenal dengan berbagai hutannya yang sangat luas. Menempati urutan kedua sebagai hutan terluas di Indonesia, luas hutan di Kalimantan Tengah mencapai 15.300.000 hektare.

Sayangnya, hutan-hutan di Kalimantan Tengah sering mengalami kebakaran yang hebat, yakni pada 2015 dan 2019 dengn luas lahan terbakar mencapai sekitar 753 hektare dengan jumlah kebakaran mencapai 223 kejadian.

3. Kalimantan Timur

Masih di Pulau Kalimantan, provinsi pemilik hutan terluas ketiga di Indonesia diisi oleh Kalimantan Timur. Salah satu provinsi paling kaya di Indonesia ini memiliki hutan seluas 14.651.053 hektare.

Meskipun hutan di Kalimantan Timur sangat luas dan lebat, namun provinsi ini juga memiliki berbagai macam tambang yang hingga kini masih beroperasi. Dari keasrian tersebut, hiduplah berbagai flora dan fauna di hutan Kaltim, seperti anggrek hitam, pohon ulin, tengkawang tungkul, orang hutan, gajah kalimantan, dan sebagainya.

4. Papua Barat

Papua Barat menjadi provinsi yang memiliki kawasan hutan terluas keempat di Indonesia. Total luas kawasan hutan tersebut mencapai 8.784.787 hektare.

Ada sebuah konsep yang diadopsi oleh masyarakat lokal disana terkait dengan keberlangsungan kawasan hutan dan hidup mereka. Kosep tersebut bernama ekoturisme, yang menjelaskan bahwa pariwisata bisa berdampingan dengan konservasi alam dan pemberdayaan masyarakat lokal.

Dalam pengembangan ekoturisme, ada poin utama yang harus dilaksanakan oleh pengelola objek pariwisata, yakni konservasi alam, pemberdayaan masyarakat lokal, dan peningkatan kesadaran lingkungan hidup.

5. Kalimantan Barat

Peringkat kelima sebagai provinsi pemilik hutan terluas di Indonesia diisi oleh Kalimantan Barat. Total luas hutan di provinsi yang beribu kota Pontianak ini mencapai 8.198.656 hektare.

Pada 20 Mei 2020, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengakui hutan adat milik masyarakat adat Dayak Iban Sungai Utik. Masyarakat Dayak Iban telah lama tinggal di kaki hutan dekat tepi Sungai Utik sejak 130 tahun lalu. Hingga kini mereka menjunjung tinggi adat istiadat dan menjaga kelestarian hutan di kawasan tersebut.

Apresiasi untuk Penjaga Hutan dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia

6. Riau

Riau menjadi provinsi yang memiliki kawasan hutan terluas keenam di Indonesia. Total luas kawasan hutan tersebut mencapai 5.406.992 hektare. Angka tersebut sekaligus menjadikannya sebagai provinsi pemilik hutan terluas di pulau Sumatra.

Hutan di Provinsi Riau terdiri dari kawasan Hutan Lindung, Hutan Produksi Terbatas, Hutan Produksi Tetap, maupun Hutan Produksi yang dapat dikonservasi. Pembalakan liar dan kebakaran hutan menjadi ancaman utama keberlangsungan ekosisten hutan di Provinsi Riau.

7. Sulawesi Tengah

Sulawesi Tengah menjadi provinsi yang memiliki kawasan hutan terluas ketujuh di Indonesia. Total luas kawasan hutan tersebut mencapai 3.934.568 hektare. Menjadikannya sebagai provinsi pemilik hutan terluas di Pulau Sulawesi.

Salah satu destinasi alam di Sulawesi Tengah ada hutan wisata alam Kapopo. Terletak di Desa Ngata Baru, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, hutan alam ini menawarkan nuansa pendidikan. Banyak pohon yang ditanam seperti angsana, cendana, johor, dan eboni. Sementara faunanya, ada biawak, burung kakatua kecil, jambul kuning, dan tekukur.

8. Maluku

Siapa sangka, Maluku menjadi salah satu provinsi pemilik hutan terluas di Indonesia. Total luas kawasan hutan di maluku mencapai 3.910.409 hektare. Menempatkannya di peringkat ke-8 sebagai provinsi pemilik hutan terluas di Indonesia.

Hutan di Provinsi Maluku terdiri dari kawasan Hutan Lindung, Hutan Produksi Terbatas, Hutan Produksi Tetap, maupun Hutan Produksi yang dapat dikonservasi.

9. Aceh

Provinsi di ujung barat Indonesia, Aceh, menjadi provinsi pemilik hutan terluas kesembilan di Indonesia. Total luas kawasan hutan tersebut mencapai 3.550.390 hektare. Baik di dalamnya termasuk kawasan Hutan Lindung, Hutan Produksi Terbatas, Hutan Produksi Tetap, maupun Hutan Produksi yang dapat dikonservasi.

10. Sumatra Selatan

Terakhir, peringkat kesepuluh sebagai provinsi pemilik hutan terluas di Indonesia diisi oleh Sumatera Selatan. Luas hutan provinsi yang beribu kota Palembang ini mencapai 3.407.693 hektare.

Luas hutan Sumatra Selatan menjadi yang terluas kedua di Pulau Sumatra, setelah Riau. Hutan di Sumatra Selatan terdiri dari kawasan Hutan Lindung, Hutan Produksi Terbatas, Hutan Produksi Tetap, dan Hutan Produksi yang dapat dikonservasi.

Lindungi Hutan di Sumatra dengan Teknologi Google AL

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Iip M. Aditiya lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Iip M. Aditiya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini