Simak! Inilah 5 Pulau Terbesar di Indonesia

Simak! Inilah 5 Pulau Terbesar di Indonesia
info gambar utama

Indonesia dikenal sebagai archipelago state atau negara kepulauan, di mana Indonesia menempati peringkat ke-5 sebagai negara pemilik pulau terbanyak di dunia. Jumlah pulau yang ada di Indonesia tercatat sebanyak 17.508 pulau. Di antara jumlah tersebut, sebanyak 16.056 pulau sudah memiliki nama dan didaftarkan di PBB pada tahun 2018.

Kepulauan Indonesia terdiri dari lima pulau besar dan 30 kelompok pulau dan pulau kecil, dengan sekitar 6.000 pulau dihuni. Pulau-pulau di Indonesia terletak di garis khatulistiwa dan menjadi persimpangan antara Samudra Pasifik dan Hindia.

Sementara itu, secara geografis luas laut Indonesia dua pertiga lebih besar dari daratan. Garis pantai yang dimiliki oleh setiap pulau Indonesia panjangnya kurang lebih 81.000 kilometer. Hal itulah yang membuat jumlah pulau Indonesia sangat banyak.

Di antara banyak jumlah pulau yang dimiliki Indonesia, ada berbagai ukuran mulai dari yang kecil hingga yang terbesar. Lalu pulau mana saja yang menyandang status sebagai pulau dengan ukuran terbesar di Indonesia? berikut daftarnya.

10 Negara Pemilik Pulau Terbanyak di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?
5 pulau terbesar di Indonesia © GNFI
info gambar

1. Papua

Stadiun Papua Bangkit (SPB) di Papua, Indonesia. Salah satu venue untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX © Kasif R/Shutterstock
info gambar

Papua menyandang status sebagai pulau terbesar di Indonesia. Pulau yang bakal menjadi tempat penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 ini memiliki luas 768.000 kilometer persegi, dan masuk sebagai pulau terbesar nomor dua di dunia setelah Greenland.

Secara geografis, terdapat dua wilayah yang menjadi bagain Pulau Papua. Wilayah barat masuk ke teritorial Indonesia, sementara bagian timur masuk ke wilayah negara Papua Nugini.

Pulau Papua dikenal dengan sumber daya mineral yang kaya. Ada tembaga, emas, minyak bumi, dan beragam jenis olahan tambang lainnya. Di pulau ini juga terdapat gunung tertinggi di Asia Tenggara yaitu Puncak Jaya dengan ketinggian 4.884 meter. Selain Puncak Jaya, juga ada Puncak Mandala, Puncak Trikora, dan Puncak Ngga Pilimsit yang mana puncak-puncak tersebut merupakan deretan titik tertinggi di Indonesia.

Pulau Papua juga memiliki Taman Nasional Lorenz juga menyandang status sebagai taman terbesar di Asia Tenggara oleh UNESCO dan ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1999. Banyak keragaman ekosistem di dalamnya mulai dari laut, pantai, hutan rawa, flora, fauna, dan lain-lain.

Tidak ketingalan, Papua memiliki surga wisata bernama Raja Ampat. Sebuah kawasan yang menawarkan keindahan alam berupa gugusan pulau yang memukau. Raja Ampat dikenal sebagai destinasi luxury yang mampu membuat kagum para pelancong.

2. Kalimantan

Area hutan hujan tropis di Pulau Kalimantan. Pulau ini merupakan wilayah dengan hutan terbesar di Indonesia. © Rendy K/Shutterstock
info gambar

Pulau Kalimantan memiliki luas 743.753 kilometer persegi dan menjadi pulau terbesar kedua di Indonesia setelah Papua. Sebagian besar pulau ini merupakan wilayah Republik Indonesia. namun sepanjang barat laut dan ujung utara ada negeri Sarawak dan Sabah yang masuk wilayah Malaysia, serta berdiri negara Brunei Darussalam.

Ada empat provinsi Indonesia di pulau ini yaitu Kalimantan Trmur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat. kemudian pada tahun 2012, terjadi pemekaran wilayah dari Provinsi Kalimantan Timur yang melahirkan Provinsi Kalimantan Utara.

Sebagain besar wilayah Pulau Kalimantan yang masuk wilayah Indonesia merupakan area hutan hujan tropis yang menjadi penyumbang oksigen utama bagi makhluk hidup. Total luas hutan hujan tropis di Kalimantan mencapai lebih dari 20 juta hektare.

Selain sektor kehutanan, banyak potensi yang bisa ditemukan di pulau ini termasuk pertambangan. Dimana Kalimantan menjadi tempat bagi perusahaan-perusahaan tambang besar beroperasi. Potensi pariwisata juga tidak ketinggalan, ada Labuan Cermin dan Sungai Kuin yang merupakan pusat pasar terapung Sungai Barito, Di sana juga terdapat taman nasional dan cagar alam yaitu Taman Nasional Kutai di Bontang, Kersik luway di Sungai Mahakam, Taman Nasional Tanjung Putting di Kalimantan Tengah, dan lain-lain.

3. Sumatra

Ngarai Sinaok, salah satu tepat paling menakjubkan di Pulau Sumatra © M Imbiri/Shutterstock
info gambar

Pulau terbesar ketiga di Indonesia ditempati oleh Sumatra. Pulai ini memiliki luas 473.481 kilometer persegi dan menempati urutan keenam sebagai pulau terbesar di dunia.

Pulau Sumatra menjadi tempat bagi 8 provinsi Indonesia, di antaranya Provinsi Lampung, Sumatra Selatan, Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatra Barat, Sumatra Utara, dan Aceh.

Pulau yang berada di bagian barat Indonesia ini menyimpan banyak kekayaan, mulai dari pertambangan mineral, pertambangan minyak dan gas (migas), kekayaan hutan, hingga kekayaan flora dan fauna yang beragam. Pulau Sumatra juga menjadi tempat bagi gunung-gunung tinggi menjulang, seperti Gunung Sinabung (Sumatera Utara), Kerinci (Jambi), Mande Rabiah (Sumatera Barat, dan Krakatau (Lampung).

Hutan Hujan tropis juga ikut menghiasi pulau. Secara keseluruhan luas Hutan Hujan Tropis Sumatra mencapai 2,5 juta hektare. Kekayaan hayati dari pulau Sumatera membawanya masuk sebagai salah satu warisan UNESCO karena Hutan Hujan Tropis tersebut ditinggali oleh sekitar 10.000 jenis tanaman dan 17 diantaranya adalah tanaman endemik.

Untuk pariwisata, Pulau Sumatra memiliki tempat menakjubkan yang cukup terkenal, meliputi Lembah Harau (Payakumbuh, Sumatera Barat), Ngarai Sinaok (Bukittinggi), Danau Maninjau (Sumatera Barat), Ombak Bono (Riau), Danau Toba & Pulau Samosir (Sumatera Utara), Pantai Lhok Me (Aceh), dan masih banyak tempat lainnya.

Ada Pulau Indonesia Masuk 10 Pulau Terbesar di Dunia

4. Sulawesi

Makassar, kota terbesar di Pulau Sulawesi sekaligus menjadi pusat keuangan dan perekonomian © Oen Michael/Shutterstock
info gambar

Peringkat keempat sebagai pulau terbesar di Indonesia ditempati Sulawesi dengan luas mencapai 174.600 kilometer persegi. Ada enam provinsi Indonesia yang masuk bagian pulau ini, di antaranya Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, dan Gorontalo.

Pulau yang dihuni oleh 17 juta penduduk ini juga dihiasi bergam pantai yang eksotis dan gugusan gunung yang menjulang tinggi. Di pulau ini, berdiri salah satu gunung tertinggi di Indonesia yaitu Latimojong dengan ketinggian mencapai 3.478 meter.

Tidak ketinggalan, Pulau Sulawesi juga memiliki kekayaan alam, flora, dan fauna yang langka. Mereka dilindungi habitatnya di Taman Nasional seperti Taman Nasional Batimurung-Bulusarang, Taman Nasional Bogani Nani Watabone, Taman Nasional Bunaken, Taman Nasional Kepulauan Togean, dan Taman Nasional Wakatobi.

Makassar menjadi kota terbesar di Pulau ini. Dimana kota yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan tersebut berperan sebagai pusat keuangan, perekonomian, pendidikan, hingga industri terbesar di Pulau Sulawesi.

5. Jawa

Jawa, merupakan pulau tempat dimana ibu kota Indonesia (Jakarta) berdiri. © Creativa Image/Shutterstock
info gambar

Terakhir, pulau terbesar kelima di Indonesia ditempati oleh Jawa. Pulau Jawa tercatat memiliki luas 128.297 kilometer persegi dan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, Selat Bali, Selat Sunda, serta laut Jawa.

Pulau ini dikenal sebagai pusat keuangan dan perekomonian nasional. Maka tak heran, pulau jawa menjadi tempat paling padat di Indonesia. Penduduk yang menempai Pulau Jawa tercatat sebanyak 130 juta jiwa yang merupakan 60 persen dari populasi Indonesia.

Sejauh ini ada enam provinsi Indonesia yang menempati pulau, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Banten. Etnis Jawa, Sunda, dan Betawi merupakan tiga etnis terbesar yang menempati pulau ini.

Di banding pulau lain, Jawa memiliki jumlah gunung aktif yang lebih banyak. Terdapat 19 gunung aktif di pulau Jawa. Beberapa diantaranya ada Gunung Tangkuban Ciremai (Jawa Barat), gunung Merapi (jawa Tengah), gunung Semeru (Jawa Timur), dan masih banyak lagi.

Mengenal Fakta-Fakta Menarik Tentang Pulau-Pulau di Indonesia

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Iip M. Aditiya lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Iip M. Aditiya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini