Transformasi Ilmu Lebah dalam Kehidupan Mojang Muda Asal Bandung Barat

Transformasi Ilmu Lebah dalam Kehidupan Mojang Muda Asal Bandung Barat
info gambar utama

#WritingChallengeGNFI #InspirasidariKawan #NegeriKolaborasi

I'm a hard worker, true learner, and empowering”.

Begitulah Putri Andini menggaungkan semangat pengabdian yang mengakar di Bandung Barat. Mojang muda kelahiran 20 tahun silam ini giat menginspirasi berbagai kalangan melalui segudang program kemasyarakatan, seperti pendidikan karakter, pergerakan sosial berbasis kepemudaan, hingga pengembangan sumber daya ekonomi dan pariwisata lokal.

Cita-cita besarnya menjadi pengusaha dan pengabdi masyarakat tengah digalakkan. Bagi Putri, Kabupaten Bandung Barat menyimpan sepercik mimpi untuk menumbuhkan potensi lokal di sekelilingnya. Putri pun menggalakkan sebuah komunitas yang disebut Lebah Cerdas Indonesia.

Penamaan Lebah Cerdas Indonesia memiliki misi mulia untuk bisa menghasilkan energi manis di tengah masyarakat lokal Bandung Barat. Harapannya, gerakan ini dapat mencakup wilayah lain seluas-luasnya ke seluruh penjuru nusantara.

Putri menjadi pelopor sebuah gerakan kepemudaan kreatif inovatif. Lebah Cerdas Indonesia yang ia hadirkan menyajikan akses pendidikan informal berbasis kecakapan abad ke-21. Komunitas ini telah banyak menyasar generasi muda berusia di bawah 17 tahun, terutama sekolah dasar.

Penuh Antusias, 300 Pelajar dan Guru di Prancis Ikuti Pelatihan Alat Musik Gamelan 

Sekolah dasar cenderung menjadi perhatian besar. Alasannya, anak-anak sangat memerlukan fondasi kecakapan literasi yang mumpuni sejak dini. Model pendidikan yang dilakukan, yakni belajar sambil bermain dengan menyertakan sosialisasi terhadap orang luar untuk tumbuh dengan karakter responsif. Kelak, tujuan ini akan menghasilkan generasi personalitas adaptif.

Salah satu aksi nyata Putri bersama Lebah Cerdas Indonesia tertuang dalam program pendidikan Mengajar Anak Indonesia. Sasaran program ini adalah santri-santri panti asuhan Imah Seuri yang berlokasi di Paneungteung Citiis, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Para santri dididik untuk berani mengemukakan pendapat (critical thinking), menginisiasi kegiatan diskusi (communication), menciptakan alat berguna dari bahan dasar sekitar (creativity), hingga bekerja kelompok mengupas tugas digital (collaboration).

Menjadi bagian dari Jabar Bergerak

Penanaman Bibit Pohon bersama Jabar Bergerak | Dokumentasi Putri Andini
info gambar

Di sisi lain, Putri merupakan bagian dari Jabar Bergerak Kabupaten Bandung Barat. Dari situlah Putri memiliki modal besar untuk mengimplementasikan cita-citanya di bidang pendidikan. Utamanya, peningkatan kualitas pendidikan di Bandung Barat.

Di bawah naungan Jabar Bergerak, Putri proaktif menyasar kampung terpencil untuk memberikan stimulus pendidikan. Dalam rangka mengisi Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2021 lalu, Putri menggaet Komunitas Mahasiswa Cipatat dan mengusung panggung literasi yang dilabeli “Taman Baca Kelinci Beranak”.

Belum lama, Putri bersama Jabar Bergerak melakukan gerakan menanam enam ratus bibit pohon di enam kecamatan. Secara masif, menyadarkan masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan.

Mengenal Tari Saman Tradisional yang Sukses Torehkan Prestasi di Dunia

Pemanfaatan sumber daya pedesaan

Tak hanya itu, ada lagi komunitas menarik yang dikerahkan saat ini, yaitu Desa Anak Bangsa. Komunitas ini mewadahi aktivitas sosial berorientasi lingkungan, menjadi sektor wisata di wilayah yang sama.

Akhir tahun 2020 lalu, Desa Anak Bangsa melaksanakan sosialisasi lingkungan bertajuk “Jelajah Membangun Negeri”. Kegiatan ini berisi bakti sosial, pembagian masker disertai kampanye penegakan protokol kesehatan dalam masa penanganan pandemi Covid-19, hingga permainan edukatif yang diikuti berbagai kalangan usia warga Kampung Cijuhung, Desa Margaluyu, Kecamatan Cipendeuy, Kabupaten Bandung Barat.

Seiring berjalannya waktu, Putri kian memperlebar ekses pergerakan sosialnya. Dalam jangka waktu dekat, proyek agro eduwisata tengah dicanangkan dengan maksud pengembangan kawasan wisata.

Putri bersama pemuda pelopor lain menggagas Desa Wisata Cipada yang berlokasi di Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung. Rintisan ini mengandung subsektor di dalamnya, yaitu Komplek Koloni Lebah (Sarang Inspirasi), Sampah Berkah, dan Upgrading UMKM.

Mengenal 3 Sosok Ulama Indonesia dengan Kecerdasannya yang Diakui Dunia

Segala yang telah ia lakukan tak lepas dari keikutsertaannya berorganisasi semasa sekolah. Ia pernah bergelut menjadi Mojang Pelajar Kota Bandung tahun 2017 dan mengantongi Juara 1 Duta GenRe Putri Kabupaten Bandung Barat tahun 2020. Selain itu, Putri menerima program Fully Funded Motivatour Xpedition ke Pulau Seribu yang diinisiasi oleh Indonesian Event dan Disparekraf DKI Jakarta sebagai perwakilan Jawa Barat.

Itulah kontribusi kepemudaan Putri bersama rekan sebaya di wilayah Bandung Barat. Begitu pun dengan anak muda lainnya yang terus memberikan manfaat. Tak berlebihan jika aktivitas yang dijalani merupakan bentuk transformasi ilmu lebah. Sebab lebah mengandung makna sebagai sosok kepribadian aktif, energik, dan punya semangat berbagi.*

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IJ
KO
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini