Mantap! Hampir Seluruh Netizen Indonesia Adalah Pengguna YouTube

Mantap! Hampir Seluruh Netizen Indonesia Adalah Pengguna YouTube
info gambar utama

Berdasarkan survei Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, per tahun 2020 jumlah penduduk Indonesia ada sebanyak 270,20 juta jiwa. Pada laporan lain, yakni dari Data Reportal, jumlah penduduk Indonesai per Januari 2021 ada 274,9 juta jiwa. Dari sekian ratus juta penduduk Indonesia, sebanyak 170 juta di antaranya merupakan pengguna internet (internet user) berdasarkan data yang dipaparkan oleh Data Reportal. Internet user juga sering juga dikaitkan dengan istilah Netizen atau akronim internet-citizen yakni orang-orang yang mendiami dunia virtual dan terkoneksi melalui jaringan internet.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta pembangunan infrastruktur penunjangnya, sejalan dengan peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia. Terdapat beragam latar belakang dari para internet user dalam memanfaatkan keanekaragaman pilihan berselancar di dunia virtual salah satunya adalah penggunaan media sosial. Alasan dalam memilih berbagai macam aplikasi media sosial di internet antara lain guna mencari bahan ajar, panduan dalam mengerjakan sesuatu hingga sekadar hiburan penghilang penat.

Jumlah pengguna aplikasi media sosial dan lama waktu penggunaannya di Indonesia

Awal tahun 2021, tepatnya pada bulan Februari 2021, Data Reportal merilis laporan dengan judul Digital 2021 yang berisi laporan statistik internet terbaru dari berbagai negara termasuk Indonesia. Berdasarkan laporan tersebut, tertangkap bahwa YouTube menjadi media sosial yang paling banyak digunakan oleh internet user Indonesia yang kemudian disusul dengan WhatsApp dan Instagram. Guna lebih detailnya, berikut adalah data penggunaan internet untuk media sosial dari internet user Indonesia.

  1. YouTube

Sebanyak 93,8 persen dari 170 juta internet user Indonesia merupakan pengguna YouTube. Persentase tersebut setara dengan 159,46 juta internet user. Laporan Digital 2021 juga memaparkan bahwa rata-rata total lama waktu yang digunakan oleh internet user di Indonesia untuk mengakses YouTube adalah 25,9 jam per bulannya. Data tersebut menandakan hampir seluruh internet user Indonesia pernah dan bahkan rutin menggunakan aplikasi media sosial video streaming terbesar di dunia.

  1. WhatsApp

Media sosial yang identitk disingkat dengan WA ini menempati urutan kedua dalam daftar media sosial media sosial yang paling banyak digunakan oleh internet user Indonesia. Sebanyak 87,7 persen dari total internet user di Indonesia menggunakan WhatsApp sebagai media bertukar pesan via online dengan rata-rata lama waktu 30,8 jam per bulan.

  1. Instagram

WhatsApp dan Instagram merupakan bagian dari raksasa media sosial Facebook. Menyusul rekannya, WhatsApp, internet user di Indonesia yang mengakses Instagram sebanyak 86,6 persen atau setara dengan 147,22 juta internet user dengan rata-rata lama waktu akses sebanyak 17 jam per bulan.

Selain tiga nama aplikasi media sosial di atas, Data Reportal menuliskan secara lengkap nama-nama aplikasi media sosial yang digunakan oleh internet user Indonesia yakni Facebook 85,5 persen, Twitter 63,6 persen, Facebook Messanger 52,4 persen, Line 44,3 persen, LinkedIn 39,4 persen, TikTok 38,7 persen dan beberapa media sosial media sosial lainnya dengan jumlah pengguna di bawah 40 persen dari total pengguna internet di Indonesia.

Foto : ABD. HALIM HADI/SHUTTERSTOCK
info gambar

Pengguna internet di dunia semakin meningkat dari tahun ke tahun

Melihat deretan angka dari para internet user Indonesia yang mana hampir seluruh internet user pernah mengunjungi dan mengakses YouTube, maka fenomena meningkatnya jumlah Content Creator yang basisnya berada di YouTube adalah salah satu hal yang dapat diperkirakan. Kemudahan akses internet yang semakin membaik, tersedianya perangkat akses internet dan variatifnya jenis konten yang ada di YouTube menjadikan YouTube berada di posisi puncak dalam daftar aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan oleh internet user Indonesia berdasarkan laporan Digital 2021 dari Data Reportal.

Data Reportal sendiri merupakan salah satu situs yang menyediakan laporan dan data dengan berbagai fokus kajian dari berbagai negara. Laporan yang disajikan dibuat oleh Simon Kemp dan tim di Kepios serta didukung oleh Hootsuite, We Are Social dan berbagai sumber dari pihak ke tiga. Pada bulan April lalu, Data Reportal merilis laporan Digital 2021 : Global Over-view Report yang menunjukkan bahwa penggunaan internet dari seluruh dunia mengalami kenaikan baik dari segi jumlah maupun infrastruktur yang digunakan.

Bijaknya, semakin majunya perkembangan teknologi, informasi serta infrastruktur penunjanganya juga diimbangi dengan literasi bermedia terutama secara virtual. Hal tersebut dikarenakan semakin banyak sumber informasi yang ada maka kemungkinan terjadinya bias informasi akan semakin meningkat. Oleh sebab itu, selalu check, recheck dan cross-check informasi yang didapat sebelum menyimpulkan dan membagikannya kepada orang lain.

Sumber : Data Reportal | BPS Indonesia

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini