7 Negara dengan Cadangan Tembaga yang Berlimpah, Indonesia Termasuk?

7 Negara dengan Cadangan Tembaga yang Berlimpah, Indonesia Termasuk?
info gambar utama

Tembaga merupakan salah satu komoditi tambang yang berada jauh di dalam perut bumi. Jumlahnya yang melimpah di beberapa negara, membuat negara penghasil pun memanfaatkan potensi cadangan tembaga sebagai penunjang perekonomian.

Hal ini karena tembaga di mata dunia memiliki kegunaan untuk mendukung proses industrialisasi. Mulai dari industri peralatan listrik, otomotif, konstruksi, dan bangunan. Bahkan logam yang diberi lambang Cu tersebut juga digunakan dalam sektor pertanian sebagai bahan aktif untuk mengendalikan penyakit pada tanaman. Manfaatnya yang besar dalam menyokong kepentingan industri tak khayal membuat tembaga pun memiliki kiprah ekspor yang besar.

Indonesia termasuk dalam kategori tujuh negara dengan cadangan tembaga terbesar di dunia, yakni berkontribusi sekitar 3 persen dari total cadangan dunia. Provinsi seperti Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, dan Jawa Timur menjadi wilayah yang memiliki sumber daya tembaga terbesar di Tanah Air. Hal ini disampaikan Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Eko Budi Lelono.

"Provinsi dengan sumber daya tembaga terbesar ada di Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Jawa Timur, Aceh, dan Papua," ujarnya seperti dikutip dari keterangan resmi Kementerian ESDM pada Cnbcindonesia.com (15/10/2020).

Adapun posisi pertama negara dengan cadangan tembaga terbesar di dunia diduduki oleh Chilie. Negara yang berada di kawasan Amerika Selatan tersebut memiliki cadang tembaga yang sangat besar. Kelimpahan logam tersebut tak khayal membuat tembaga menjadi salah satu komoditi penopang terbesar perekonomian negara Chilie.

Mengacu data yang dirilis Mineral Commodity Summaries (MCS), berikut GNFI urutkan 7 negara dengan cadangan tembaga terbesar di dunia pada tahun 2020.

Negara dengan cadangan tembaga terbesar di dunia | GoodStats
info gambar

Harta Karun Banyak Terpendam di Tanah Indonesia

1. Chile

Chile menjadi negara dengan cadangan tembaga terbesar di dunia dengan total mencapai 200.000 juta metrik ton pada 2020. Banyak perusahan tambang di Chile yang aktif memanfaatkan kelimpahan tembaga disana. Salah satunya, Tambang El Teniente yang berlokasi di Andes, Chile Tengah. Konon dikabarkan tambang tersebut menjadi salah satu tambang terbesar dari sisi cadangan tembaga.

Tambang El Teniente ini merupakan tambang tembaga bawah tanah yang dimiliki dan dikelolah oleh perusahaan tambang milik negara Chile, Codelco. Pada tahun 2025 pihak Codelco juga berencana meningkatkan produksi tembaga hingga lebih dari 500.000 ton.

2. Australia dan Peru

Peringkat kedua diisi oleh dua negara yang berasal dari benua yang berbeda, Australia dan Peru. Pada 2020, kedua negara tersebut tercatat menyimpan cadangan tembaga sebanyak 87.000 juta metrik ton. Salah satu tambang yang aktif mengeksplorasi tembaga di Australia adalah Boddington di Australia Selatan, yang terletak kurang lebih 100 km dari Perth, ibu kota Australia Barat.

Sedangkan Peru ada Tambang Tembaga Antamina yang merupakan tambang terbuka besar di Andes Tengah, Peru Utara. Tambang ini diduga memiliki cadangan 559 juta ton bijih yang mengandung 1,7 persen tembaga per ton.

3. Rusia

Rusia menjadi salah satu negara yang memiliki sumber daya mineral berlimpah. Pasalnya, tak hanya cadangan emasnya yang menempati posisi kedua terbesar di dunia, yakni sebesar 5.300 metrik ton.

Pada 2020, Rusia juga menyimpan cadangan tembaga terbesar di dunia yang menempatkannya di posisi ketiga dengan total cadangan mencapai 61.000 juta metrik ton. Sehingga Rusia pun dikenal sebagai salah satu pengekspor komoditi tambang, yang sebagai besar hasilnya menjadi tumpuan perekonomian negeri beruang putih tersebut.

4. Meksiko

Peringkat keempat sebagai negara dengan cadangan tembaga terbesar diisi negara di Kawasan Amerika Tengah, Meksiko. Pada 2020, cadangan sumber daya mineral tersebut tercatat mencapai 53.000 juta metrik ton.

Salah satu tambang yang diduga memiliki cadangan tembaga terbesar di Mexico adalah Tambang Buenavista, yang terletak di sekitar 35 km sebelah selatan perbatasan AS-Meksiko di negara bagian Sonora.

5 Area Pertambangan Emas Terbesar di Dunia

5. Amerika Serikat

Amerika serikat juga menjadi negara yang memiliki sumber daya mineral berlimpah. Hal ini karena tak hanya cadangan emasnya yang diperkirakan mencapai 3.000 metrik ton. Pada 2020, Amerika Serikat juga menyimpan cadangan tembaga terbesar di dunia yang menempatkannya di posisi kelima dengan total cadangan mencapai 51.000 juta metrik ton.

Salah satu tambang tembaga terbesar di negara adidaya tersebut adalah Tambang Morenci yang berada di dekat Morenci, Arizona. Tambang tersebut diperkirakan dalam setahun memproduksi tembaga sebesar 445 ton.

6. Indonesia

Peringkat keenam sebagai negara dengan cadangan tembaga terbesar diisi Indonesia. Pada 2020, cadangan sumber daya mineral tersebut tercatat sebanyak 28.000 juta metrik ton.

Potensi tembaga di Indonesia terbesar berada di wilayah Papua, yang menjadi tempat beroperasinya dua tambang tembaga yaitu tambang Ertsberg dan Grasberg.

Selain itu, hampir sepertiga cadangan tembaga Freeport McMoran juga terpendam di Bumi Papua. Menurut laporan triwulan IV 2016 Freeport, cadangan tembaga di Papua mencapai 31 persen yang setara 39,4 miliar ton. Potensi yang tak kalah melimpahnya juga menyebar di Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Jawa Timur, dan Aceh.

7. China

Peringkat ketujuh sebagai negara dengan cadangan tembaga terbesar diisi China. Pada 2020, cadangan tembaga China tercatat mencapai 26.000 juta metrik ton. Terdapat dua tambang tembaga besar di Dexing, Provinsi Jiangxi, China, yakni ada Tambang Tongchang dan Yongping. Salah satu tambang tembaga di Negeri Tirai Bambu tersebut diketahui memiliki endapan tembaga yang relatif ringan.

5 Negara Dengan Cadangan Emas Terbesar di Dunia

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Iip M. Aditiya lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Iip M. Aditiya.

IA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini