Serupa tapi Tak Sama, Ini Ragam Pecel Khas Berbagai Daerah di Indonesia

Serupa tapi Tak Sama, Ini Ragam Pecel Khas Berbagai Daerah di Indonesia
info gambar utama

Pecel merupakan hidangan yang awalnya populer di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Kemudian, makanan ini menyebar ke daerah lain dan jadi menu favorit banyak orang untuk dijadikan menu sarapan atau makan siang.

Hidangan ini serupa dengan salad, berisi sayuran segar dengan dressing dari kacang tanah goreng yang diberi bumbu lain seperti bawang putih, kencur, daun jeruk, asam jawa, gula merah, dan garam.

Untuk melengkapi makan pecel, biasanya ada menu tambahan seperti rempeyek, kerupuk gendar, telur, tempe bacem atau sate. Nah, uniknya pecel juga punya berbagai varian tergantung daerah asalnya. Meski sekilas penampilannya mirip, secara rasa, isian, dan bumbunya bisa ada perbedaan.

Agar semakin kenal dekat dengan sajian Nusantara, berikut ragam pecel dari berbagai daerah:

Pecel tumpang

Pecel tumpang merupakan makanan khas dari Jawa Timur, khususnya daerah Nganjuk dan Kediri. Makanan ini terdiri dari sayur-sayuran seperti daun singkong, taoge, kemangi, pepaya muda, lamtoro, dan kenikir yang dicampur dengan tumpang. Tumpang terbuat dari tempe semangit atau tempe yang sudah difermentasikan selama dua-tiga hari.

Agar lebih meriah, pecel tumpang dimakan bersama nasi dan aneka menu tambahan yang bisa dipilih seperti sate usus, telur dadar, telur asin, tahu dan tempe goreng, perkedel, rempeyek, babat goreng, atau ayam goreng.

Sejarah Munculnya Pecel, Makanan Lokal Yang Kaya Gizi

Pecel Blitar

Dibandingkan dengan pecel dari Madiun dan Malang, citarasa pecel dari Blitar cenderung gurih dan manis, bumbunya pun terasa lebih halus. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bumbu pecel terdiri dari kacang tanah goreng, bawang putih, kencur, cabai rawit, asam jawa, gula merah, garam, dan daun jeruk.

Pecel Blitar disajikan di dalam pincuk atau alas daun pisang. Selain sayuran, pecel biasa disantap bersama nasi, tahu, dan tempe, serundeng, rempeyek, kemudian disiram bumbu kacang.

Pecel gudeg

Jenis yang satu ini mungkin masih asing dan tampak membingungkan, mengingat penyajiannya yang memadukan dua hidangan sekaligus, yaitu pecel dan gudeg. Namun, jangan berburuk sangka dulu karena rasanya sama sekali tidak aneh lho.

Seporsi pecel gudeg terdiri dari nasi, gudeg nangka muda, kacang panjang, taoge, dan disiram dengan bumbu kacang. Untuk pelengkapnya, ada irisan telur pidang dan sambal goreng krecek kacang tolo. Tak lupa menambahkan rempeyek kacang sebagai pengganti kerupuk.

Meski dicampur gudeg, bumbu dari nangka mudanya sendiri tidak terlalu manis dan pekat sehingga tak membuat enek saat diberi bumbu kacang. Penjual pecel gudeg juga biasanya memiliki menu pelengkap lain seperti empal, jeroan, dan ayam bakar.

Lezatnya Pecel Semanggi, Makanan Khas Kota Surabaya

Pecel kecombrang

Di Purwokerto, ada sajian bernama pecel kecombrang. Hidangan ini terdiri dari ketupat, pepaya muda, bayam, kangkung, kol, taoge, daun pepaya, dan bunga kecombrang. Untuk bumbu kacangnya sendiri dibuat lebih dan encer sehingga tampak lebih berkuah. Rasa dari pecel yang satu ini agak berbeda, ada kecenderungan lebih manis dan aroma wangi unik dari kecombrang.

Pecel punten

Pembeda jenis ini dari yang lain adalah penggunaan punten. Bagi yang masih belum familiar dengan punten, ini merupakan perpaduan beras dan santan yang diolah sampai teksturnya kenyal dan bisa dipotong kotak-kotak seperti ketupat. Untuk sayurannya, terdiri dari kacang panjang, taoge, daun singkong, daun turi, daun lembayung, dan daun kenikir.

Mengenal Pecel Punten. Kuliner Lezat Dari Tulungagung

Pecel Madiun

Pecel Madiun bisa jadi jenis pecel paling legendaris di Jawa Timur. Ciri khasnya adalah sambal yang gurih dan pedas. Isian dari pecel ini terbilang ramai, untuk sayurannya saja ada kacang panjang, daun singkong, bayam, kenikir, kecambah, bunga turi, daun pepaya, kemangi, petai cina, dan mentimun.

Selain sayuran, pecel Madiun juga ditambahkan mi kuning, serundeng, tempe, dan rempeyek. Tersedia pula berbagai gorengan untuk pelengkap seperti sate usus, sate telur puyuh, ati ampela goreng, telur asin, empal, dan telur dadar.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

DA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini