Pendaki Pemula Wajib Jajaki 5 Gunung di Jawa Tengah Ini

Pendaki Pemula Wajib Jajaki 5 Gunung di Jawa Tengah Ini
info gambar utama

Penulis: Ega Krisnawati

Sebagaimana yang telah kita ketahui, mendaki gunung adalah pengalaman menakjubkan. Namun, untuk mencapai puncak terdapat berbagai macam hal yang perlu disiapkan. Pasalnya, seorang pendaki gunung akan menghadapi beberapa rintangan.

Menurut laman Redbull, pendaki gunung akan menghadapi rintangan backpacking ekstrem di jalur yang panjang, mendaki punggung bukit, mendaki multi-pitch yang sulit, hingga mendaki permukaan batu yang sangat dingin.

Tidak hanya itu, perjalanan untuk mendaki gunung membutuhkan waktu mulai dari satu hari hingga beberapa minggu tergantung dengan jaraknya. Maka itu, untuk mendaki gunung Kawan juga membutuhkan fisik yang sehat, pengetahuan teknis yang cukup, dan mental untuk mencapai puncak gunung.

Panduan dan Pantangan Mendaki Gunung Bagi Pemula

Salah satu langkah yang ditempuh pendaki gunung pemula adalah pertimbangkan medan yang ingin ditempuh. Medan yang ingin ditempuh ini bisa meliputi rute teknis, permukaan granit, ataupun pegunungan glasial.

Kendati demikian, terdapat sejumlah gunung di Jawa tengah yang bisa menjadi tempat pendakian bagi pemula. Simak selengkapnya berikut ini.

1. Gunung Andong, Magelang

Gunung Andong | Foto: Piknik Asik
info gambar

Tepatnya di Kabupaten Magelang, saat ini Gunung Andong menjadi gunung paling disukai oleh para pendaki pemula. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.726 meter di atas permukaan laut.

Dilansir dari laman Kompas.com, pendaki hanya membutuhkan waktu sekitar satu hingga dua jam dari basecamp menuju puncak Gunung Andong. Kawan tidak perlu khawatir, karena di sana sudah ada sumber air, warung makan, dan toilet di sekitar jalur pendakian.

Disarankan, agar Kawan pergi ke Gunung Andong ketika hari kerja. Pasalnya, Gunung Andong ramai dipadati pengunjung di saat hari libur.

2. Gunung Besek, Kismantoro, Kabupaten Wonogiri

Gunung Besek | Foto: Travel Kompas
info gambar

Gunung Besek, Kismantoro terletak di sudut tersembunyi Kecamatan Kismantoro, Wonogiri, Gunung Besek. Gunung ini adalah solusi bagi Kawan si pendaki gunung pemula.

Pasalnya, alur perjalanan menuju puncak Gunung Besek tidak rumit atau lebih mudah untuk didaki. Untuk sampai ke area parkir hingga ke lokasi tujuan, Kawan harus melewati kondisi jalan yang cenderung menurun sehingga sangat mudah untuk dijangkau.

Kendati demikian, Kawan akan tetap mendapatkan sensasi mendaki gunung. Hal ini disebabkan karena, pemandangan yang tersaji sangatlah mempesona. Wah, jadi enggak sabar untuk mendaki, ya, Kawan!

3. Gunung Gandul, Wonogiri

Gunung Gandul | Foto: Kompas.com
info gambar

Gunung Gandul terletak di dekat Kota Wonogiri. Gunung ini cocok untuk Kawan yang baru saja ingin mendaki gunung.

Area parkir Gunung Gandul bisa dijangkau selama sekitar 30 menit dari Kota Wonogiri. Kemudian, untuk menuju puncak dari area parkir Kawan hanya membutuhkan waktu kurang-lebih 15 menit saja. Jalur yang ditempuh terdiri dari anak tangga dan jalan setapak berbatu yang hanya akan dijumpai menjelang puncak.

Misteri Kuncen Berkepala Anjing di Gunung Sanggabuana

4. Bukit Mongkrang, Karanganyar

Bukit Mongkrang | Foto: Kompas.com
info gambar

Jalur pendakian di Kabupaten Karanganyar umumnya dikenal hanya menuju puncak Gunung Lawu saja. Tapi sebenarnya, terdapat satu jalur pendakian lain yang belum lama ini telah dibuka.

Jalur pendakian itu adalah Bukit Mongkrang. Bukit ini berada di sebelah selatan dari Gunung Lawu. Jalur pendakiannya bisa dimulai dari Tlogo Dlingo. Saat ini Bukit Mongkrang adalah lokasi pendakian paling disukai, karena waktu tempuh ke puncaknya hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam.

Dari Sangihe: Gunung Api Bawah Laut Mahengetang, Kedahsyatan Cincin Api Indonesia

5. Gunung Sepikul, Sukoharjo

Gunung Sepikul | Foto: PosJateng.ID
info gambar

Sebagian besar Kabupaten Sukoharjo yang terdiri dari dataran rendah, ternyata juga memiliki gunung. Salah satu gunung yang dimiliki, yaitu Gunung Sepikul.

Meski tidak terlalu tinggi, Gunung Sepikul tetap menyajikan pemandangan yang begitu mempesona. Perjalanan ke puncak pun begitu singkat, yakni hanya butuh waktu sekitar 10-15 menit saja.

Kondisi jalur pendakian juga tidak sulit. Jalan setapak yang dilalui juga memiliki pencahayaan cukup baik. Seringkali Gunung Sepikul dijadikan sebagai lokasi terbaik untuk menikmati indahnya matahari terbenam.

Nah, itulah lima gunung di Jawa Tengah yang bisa Kawan singgahi. Sebelum mendaki, pastikan fisik Kawan sehat dan segala perlengkapan sudah lengkap, ya.*

Referensi: Kompas.com | Redbull

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini