Lakukan Vaksinasi Massal, Upaya Manufaktur Toyota Indonesia Tekan Sebaran Covid-19

Lakukan Vaksinasi Massal, Upaya Manufaktur Toyota Indonesia Tekan Sebaran Covid-19
info gambar utama

Salah satu manufaktur industri otomotif di Indonesia, yakni Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Sabtu (10/7/2021), menerima kunjungan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemenaker RI) Ida Fauziyah, di Pabrik Karawang 3 TMMIN yang terletak di kawasan Industri KJIE, Karawang, Jawa Barat.

Dalam kunjungannya itu, Menaker Ida Fauziyah yang didampingi oleh Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Arsjad Rasjid, Wakil Ketua Umum KADIN Shinta Kamdani, dan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, meninjau aktivitas vaksinasi Covid-19 yang dilakukan untuk 1.200 karyawan TMMIN dan keluarganya, melalui program 'Vaksinasi Gotong Royong'.

Perusahaan menyebut, bahwa kesehatan dan keselamatan keluarga dan karyawan merupakan hal utama bagi Manufaktur Toyota. Karenanya, Toyota dengan segera mendaftar di Program Vaksinasi Gotong Royong yang diselenggarakan oleh KADIN untuk total 16.000 karyawan dan keluarganya.

Pemberian vaksin dilakukan secara bertahap yang dimulai sejak 18 Mei 2021 itu, direncanakan akan tuntas sebanyak dua dosis untuk semua karyawan TMMIN beserta anggota keluarganya pada akhir Juli 2021 ini.

“Kami berterima-kasih kepada Pemerintah dan Kadin yang telah mendorong Program Vaksinasi bagi tenaga kerja dan keluarganya ini. Kami sangat antusias untuk melakukan vaksinasi di perusahaan kami agar kami dapat mendukung upaya Pemerintah untuk menghentikan penyebaran Pandemi Covid-19,'' ungkap Bob Azam, Direktur Corporate Affairs TMMIN.

''...tentu saja kami juga terus meningkatkan pengetahuan dan pemahaman karyawan kami akan Covid-19 dan tindakan pencegahannya serta pentingnya menjaga protokol kesehatan walaupun telah menerima vaksin.”

Mempertanyakan Program Vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat Adat
vaksinasi TMMIN
info gambar

Program kampung siaga Covid-19

Lain melakukan program vaksin Covid-19, pada kesempatan tersebut Toyota juga menjelaskan inisiatif perusahaan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan Covid-19 dan tindakan pencegahannya kepada lingkungan, melalui program 'Kampung Siaga Covid-19' (KSC).

Program yang dimulai sejak September 2020 ini sejatinya memfasilitasi karyawan TMMIN untuk menjadi agen perubahan yang mendorong pengembangan dan kemandirian masyarakat, dalam mengorganisir seluruh sumber daya untuk melawan pandemi Covid-19.

Hingga saat ini, telah berdiri sekira 100 KSC yang tersebar di wilayah Jakarta, Karawang, Bekasi, Bogor, dan Depok. Toyota berharap, aktivitas vaksinasi yang dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat, serta sebaran pengetahuan mengenai Covid-19 dan pencegahannya, dapat menyumbang upaya pengentasan Covid-19 di Indonesia, serta mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Vaksin AstraZeneca Dinilai Efektif, Australia Siap Kirim Bantuan 2,5 Juta Dosis ke RI

Catatan program vaksinasi Covid-19 di Indonesia

Berdasarkan data Our World In Data per 4 Juli 2021, Indonesia telah melakukan vaksinasi untuk 32.063.745 orang, atau setara dengan 12 persen penduduk.

Total dosis vaksin yang telah diberikan di Indonesia hingga tanggal itu adalah 46.043.309 dosis, dengan jumlah orang yang telah menerima vaksin secara tuntas (2 kali) sebanyak 13.979.564 orang, atau setara dengan 5,2 persen populasi penduduk Indonesia.

Upaya vaksinasi di Indonesia tentunya masih berjalan hingga kini. Indonesia juga sudah masuk dalam tahap ke-19 kedatangan vaksin pada 2 Juli lalu, yakni sebanyak 998.400 dosis AstraZeneca.

Menukil laman resmi Satgas Covid-19 Indonesia, kedatangan vaksin tahap ke-19 tersebut merupakan kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Jepang. Secara umum, saat ini Indonesia sudah menerima 119,7 juta dosis vaksin.

Pemerintah berupaya mempercepat program vaksinasi dengan target 181,5 juta masyarakat Indonesia, paling tidak satu kali di akhir tahun 2021 ini.

Peran Mantri Kesehatan Sukseskan Vaksinasi pada Masa Kolonial

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Mustafa Iman lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Mustafa Iman.

Terima kasih telah membaca sampai di sini