28 Atlet Indonesia Dipastikan Berlaga di Olimpiade Tokyo 2020

28 Atlet Indonesia Dipastikan Berlaga di Olimpiade Tokyo 2020
info gambar utama

Pesta olahraga sejagat tinggal menghitung hari, rencananya pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 bakal digelar pada Jumat 23 Juli 2020. Itu artinya, hanya menyisakkan waktu kurang lebih 10 hari lagi. Indonesia terakhir kali menempati peringkat ke-46 pada Olimpiade Rio 2016. Pada Olimpiade Tokyo 2020, peringkat 40 menjadi incaran yang ditetapkan pemerintah.

Hal itu dipastikan langsung oleh Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, Selasa (28/6/2021). Pria yang akrab disapa Okto itu mengatakan, "Insya Allah sesuai dengan rapat terakhir dengan Kemenpora, kita akan mencapai posisi 40 besar di Tokyo."

"Kami tidak menggunakan patokan (perolehan) medali, tetapi peningkatan peringkat dari posisi ke-46 di Olimpiade Rio 2016 menjadi urutan ke-40," tambahnya, sebagaimana dilansir Antara.

Selain itu, pemerintah menjanjikan bonus bagi atlet yang berprestasi. Nilainya sebesar Rp5 miliar bagi peraih medali emas, Rp2 miliar medali perak, dan Rp 1 miliar medali perunggu.

Inilah Rentetan Sejarah Keikutsertaan Indonesia di Olimpiade

Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

28 atlet Indonesia yang terdiri dari 8 cabang olahraga (cabor) siap berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. Bulu Tangkis cabor dengan wakil paling banyak, yakni 11 wakil. | GoodStats
info gambar

Olimpiade Tokyo 2020 akan mempertandingkan 33 cabang olahraga (cabor) yang diikuti oleh 206 negara. Sebanyak 28 orang wakil Indonesia dipastikan lolos ke Olimpiade Tokyo 2020. Jumlah tersebut melampaui target yang telah ditetapkan sebelumnya, yakni 22 atlet.

Kepastian itu setelah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengukuhkan para atlet Indonesia yang akan berlaga pada secara virtual pada Kamis (8/7/2021).

“Saya Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, atas nama pemerintah Indonesia, mengukuhkan kontingen Indonesia yang akan bertanding di Olimpiade Musim Panas di Tokyo Jepang di bawah pimpinan Chef de Mission Bapak Rosan Roeslani,” kata Zainudin.

Zainudin mengatakan, 28 atlet yang akan berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 merupakan orang-orang terpilih yang pantas mewakili 270 juta rakyat Indonesia. Ia berpesan kepada atlet untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan itu dengan memberikan penampilan semakisimal mungkin di Tokyo.

28 atlet itu tersebar di delapan cabor, yakni atletik dengan 2 wakil, angkat besi 5 wakil, menembak 1 wakil, panahan 4 wakil, dayung 2 wakil, bulutangkis 11 wakil, Selancar 1 wakil, dan yang terakhir renang dengan 2 wakil.

Berikut daftar nama-nama atlet Indonesia yang bakal berlaga di Olimpiade Tokyo 2020.

Bulu tangkis

  1. Anthony Sinisuka Ginting (Tunggal Putra),
  2. Jonatan Christie (Tunggal Putra),
  3. Gregoria Mariska Tunjung (Tunggal Putri),
  4. Greysia Polii (Ganda Putri),
  5. Apriyani Rahayu (Ganda Putri),
  6. Kevin Sanjaya Sukamuljo (Ganda Putra),
  7. Marcus Fernaldi Gideon (Ganda Putra),
  8. Mohammad Ahsan (Ganda Putra),
  9. Hendra Setiawan (Ganda Putra),
  10. Praveen Jordan (Ganda Campuran), dan
  11. Melati Daeva Oktavianti (Ganda Campuran).

Atletik

  1. Lalu Muhammad Zohri (100 m putra), dan
  2. Alvin Tehupeiory (100 m putri).

Panahan

  1. Riau Ega Salsabila (Recurve perorangan/beregu campuran/beregu putra),
  2. Arif Dwi Pangestu (Recurve perorangan/beregu putra),
  3. Bagas Prastyadi (Recurve perorangan/beregu putra), dan
  4. Diananda Chairunisa (Recurve putri/beregu campuran).

Menembak

  1. Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba (10m n 50m air rifle).

Rowing

  1. Mutiara Rahma Putri (Lightweight Women Double), dan
  2. Melani Putri (Lightweight Women Double).

Surfing

  1. Rio Waida (man shortboard).

Angkat Besi

  1. Eko Yuli Irawan (61 kg putra),
  2. Deni (67 kg putra),
  3. Rahmat Erwin Abdullah (73 kg putra),
  4. Windy Cantika (49 kg putri), dan
  5. Nurul Akmal (87 kg putri)

Renang

  1. Aflah Fadlan Prawira (400 m dan 1500 m gaya bebas putra), dan
  2. Azzara Permatahani (40 0m gaya ganti perorangan putri).
Indonesia Tengah Siapkan Roadmap Seleksi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Jumlah atlet Indonesia dibandingkan negara-negara Asia Tenggara

Jumlah atlet negara-negara di Kawasan Asia Tenggara di Olimpiade Tokyo 2020. Thailand menjadi yang terbanyak, sementara Indonesia menempati peringkat tiga. | GoodStats
info gambar

Jika dibandingkan dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara, jumlah atlet Indonesia yang lolos ke olimpiade menempati urutan ketiga dibawah Malaysia dan Thailand.

Thailand menempati peringkat pertama dengan 39 atlet yang terdiri dari 14 cabor. Sama seperti Indonesia, bulu tangkis menjadi wakil terbanyak Thailand dengan 7 atlet.

Di posisi ke-2 ada Malaysia dengan 30 atlet yang terdiri dari 10 cabor. Lagi-lagi bulu tangkis menjadi cabor dengan wakil terbanyak bagi Malaysia dengan 8 atlet.

Singapura menempati peringkat ke-4 dengan 22 atlet yang terdiri dari 11 cabor. Berbeda dengan Indonesia, Malaysia, dan Thailand, layar (sailing) menjadi cabor yang paling banyak mengirimkan atlet bagi Singapura dengan 3 wakil.

Ganefo, Olimpiade Tandingan Buatan Soekarno yang Menyatukan Olahraga dan Politik

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Iip M. Aditiya lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Iip M. Aditiya.

IA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini