Keren, Wakil dari Indonesia Isi Jajaran Juri dalam Gelaran World Car Awards 2022

Keren, Wakil dari Indonesia Isi Jajaran Juri dalam Gelaran World Car Awards 2022
info gambar utama

Ada kabar menarik sekaligus membanggakan dari industri otomotif tanah air, yang dalam waktu dekat ini akan ikut berpartisipasi dalam gelaran bertaraf internasional yaitu Wold Car Awards 2022.

Munawar Chalil, pengamat sekaligus jurnalis yang sudah berkecimpung di dunia otomotif selama 21 tahun, mendapatkan kesempatan untuk menjadi salah satu juri dalam gelaran bergengsi yang akan memberikan penilaian terhadap seluruh mobil keluaran terbaru di berbagai negara, untuk selanjutnya menobatkan wujud mobil terbaik dunia (World Car of the Year) beserta jajaran nominasi lainnya.

Menjadi satu-satunya juri yang berasal dari Indonesia, Chalil akan bersanding dengan lebih dari 90 juri lain yang berasal dari berbagai negara seperti AS, Jepang, China, Inggris, dan deretan negara lain yang selama ini dikenal menjadi pemain besar dalam industri otomotif global. Nama-nama para juri dalam ajang internasional itu, lengkapnya dapat Anda lihat di tautan ini.

Dalam prosesnya, Chalil bersama jajaran juri lain akan memberikan penilaian dari berbagai aspek baik dalam bentuk test drive, maupun evaluasi keseluruhan berbagai mobil keluaran terbaru atau yang didesain ulang sepenuhnya di sepanjang tahun ini.

Setelah melalui proses panjang sesuai dengan timeline yang sudah ditentukan oleh pihak World Car Awards, hasil penilaian yang sudah dilakukan Chalil dan jajaran juri kenamaan lainnya akan berakhir di acara puncak pada bulan April 2022 mendatang.

Seperti apa sepak terjang Chalil di industri otomotif nasional maupun global? GNFI pada Senin, (12/7/2021), berkesempatan untuk berbincang secara langsung dengan sosok yang juga memimpin jaringan media otomotif ternama di tanah air ini, sekaligus membahas mengenai awal mula dirinya mendapat kesempatan menjadi juri di ajang World Car Awards 2022.

Ekspor Toyota Q1 2021, Lanjutkan Tren Pemulihan Industri Otomotif Nasional

Merintis media otomotif di tanah air

Munawar Chalil
info gambar

Chalil mengawali karir sebagai seorang jurnalis politik sejak tahun 1990-an. Memasuki awal tahun 2000, dirinya mengaku sudah kurang memiliki minat untuk menjajaki bidang politik karena tantangan yang dirasa semakin berkurang.

Sedikit kilas balik, di kisaran tahun tersebut memang menjadi saat di mana era reformasi terjadi, pemberitaan tentang politik yang sebelumnya sangat ketat diungkap Chalil mengalami perubahan besar saat semua masyarakat akhirnya bisa bebas menyuarakan pendapat.

Berangkat dari hal tersebut, Chalil merasa tidak lagi tertantang dan akhirnya memutuskan untuk menggeluti bidang pemberitaan lainnya. Mengaku memiliki ketertarikan dengan hal-hal berbau otomotif sejak kecil, dirinya lalu memutuskan untuk mengubah haluan menjadi jurnalis otomotif dan menghadirkan media serupa yang kala itu keberadaannya masih bisa dihitung jari.

Langkah pertama ia lakukan pada awal tahun 2000 dengan membawa dan menjadi distributor majalah F1 Racing ke Indonesia yang kala itu memang sedang menjadi tren. Kemudian dirinya juga membawa majalah Rally XS yang sayangnya tidak bertahan lama karena terbatasnya peminat di tanah air.

Setelahnya, Chalil juga membawa majalah Motor Trend dengan cakupan otomotif yang lebih umum. Namun tak berhenti sampai di situ, pada tahun 2015 ia akhirnya menghadirkan media otomotif dengan nama Carvaganza yang kemudian sepenuhnya beroperasi menjadi media otomotif online sejak tahun 2019.

Di akhir tahun yang sama, media otomotif miliknya melakukan merger dengan Oto.com, startup teknologi otomotif asal India yang diketahui telah mendapatkan pendanaan dari sejumlah investor, salah satunya Sequoia Capital.

Selama perjalanan karir sebagai jurnalis otomotif, yang juga membawa dirinya menjadi seorang pengamat, membuat Chalil memiliki latar belakang yang kuat dan kredibel di industri satu ini.

Sehingga tidak heran, jika selama 21 tahun berkarir dirinya kerap kali mendapatkan undangan atau permintaan untuk menjajal berbagai mobil keluaran terbaru (test drive) di hampir seluruh negara.

Berkesempatan menjalin relasi dengan pihak pelaku industri otomotif dunia ataupun rekan sesama jurnalis otomotif, rupanya membuat Chalil mendapatkan rekomendasi untuk menjadi juri perwakilan Indonesia di ajang World Car Awards.

Menariknya, saat ditanya bagaimana awal mula tawaran tersebut datang, Chalil mengakui sampai saat ini belum mengetahui jelas siapa yang merekomendasikan dirinya.

“Beberapa waktu lalu saya disurati oleh tim panitianya, jadi kebetulan penyelenggaraan acara ini kan para wartawan senior otomotif global, rupanya ada yang merekomendasikan nama saya sebagai sosok yang dinilai kredibel untuk ikut menjadi juri di ajang World Car Awards ini” ungkap Chalil.

Memiliki visi membuat nama Indonesia turut diperhitungkan di industri otomotif global rupanya membuat Chalil tidak perlu berfikir panjang untuk menerima tawaran tersebut.

“Wakil dari Indonesia kebetulan kan belum ada sama sekali, sedangkan untuk wilayah Asia Tenggara sendiri pasar (otomotif) kita gak bisa diremehkan, jadi saya fikir ya kenapa tidak, toh ini juga untuk kemajuan industri secara keseluruhan ya, jadi saya terima…” jelasnya.

Plus Minus PPnBM Nol Persen Bagi Industri Otomotif

Tentang World Car Awards 2022

Audi A7 meraih gelar World Luxury Car Awards 2019
info gambar

Sekilas informasi, World Car Awards merupakan gelaran tahunan di industri otomotif untuk memberikan penilaian terhadap beragam jenis mobil yang hadir secara global. Pertama kali hadir pada tahun 2003, jika mengutip keterangan resmi dari situs resminya kali ini menjadi tahun ke-18 gelaran diadakan.

Memiliki tujuan utama untuk menentukan wujud mobil yang akan mendapatkan gelar “World Car of The Year”, namun tetap ada jajaran nominasi lain yang juga mendapatkan penilaian di antaranya “World Car Design”, “World Luxury Car”, “World Performance Car”, “World Urban Car”, serta “World Electric Vehicle”.

Adapun di tahun ini, pembukaan ditandai bersamaan dengan New York International Auto Show 2021 pada tanggal 19 Agustus mendatang, di mana sekaligus akan diumumkan ketentuan apa saja yang berlaku untuk menentukan jajaran mobil yang akan masuk dalam penilaian dan evalusi World Car Awards 2022.

Adapun dalam penjurian yang melibatkan kegiatan test drive, Chalil mengungkap lebih jauh soal proses yang akan berlangsung.

“Saat kick-off di New York nanti akan diumumkan nominasi, nah dari nominasi mobil-mobil itu nanti akan dilakukan test drive di Los Angeles oleh para juri, tapi saya juga belum tahu untuk saat ini apa saya akan berangkat ke sana karena situasi pandemi. Selanjutnya dari daftar nominasi mobil tersebut, kita juga mengisi daftar jajaran mobil yang sudah kita coba di sini” jelas Chalil.

Chalil juga menambahkan, puluhan mobil yang sudah ia uji coba dalam satu tahun terakhir akan dimasukkan ke dalam bobot penilaian dari jajaran mobil yang masuk nominasi gelaran tersebut.

“…yang pasti juri dari berbagai negara termasuk saya pasti akan mengirimkan hasil uji coba dan review ke pihak penyelenggara” tambahnya.

Selain dalam ajang ini, pada tahun 2018 Chalil juga pernah mendapatkan kesempatan menjadi pengamat dalam gelaran Concours d'Elegance di Singapura, dirinya menjadi wakil dari Indonesia yang mengamati pameran sebanyak lebih dari 90 mobil klasik premium jajaran sultan kenamaan dunia.

Pertama di Asia Tenggara, Raksasa Otomotif ini Bangun Pabrik di Indonesia

Konten di atas sebagian memakai konten yang ada di Wikipedia. Untuk melihat yang lainnya, silakan klik tautan berikut Arsip Wikipedia. Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

SA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini