Menari dengan Lentur nan Lincah, Ini Deretan Pebalet Muda Indonesia yang Mendunia

Menari dengan Lentur nan Lincah, Ini Deretan Pebalet Muda Indonesia yang Mendunia
info gambar utama

Penulis: Habibah Auni

Balet merupakan tarian khas Italia dengan fokus mengekspresikan perasaan dan menonjolkan keindahan gerakan secara berirama. Bermula dari bumi Italia, balet menyebar ke rusia, belahan Eropa, hingga akhirnya dibawa oleh Belanda ke tanah Hindia Belanda pada awal abad ke-20.

Mengutip Historia.id, orang-orang belanda mendirikan sebuah sekolah balet dengan salah satu muridnya adalah orang Indonesia. Murid itu bernama Elsie San Fang Tjok, pebalet tersohor Indonesia pada tahun 1950-an.

Usai lulus dari sekolah itu, Elsie membangun sekolah balet dengan nama The Jakarta School of Ballet di Jakarta pada 1957 silam, yang kepengurusannya diserahkan ke Julianti Parani di kemudian hari.

Melihat Sepak Terjang Indonesia dalam Pagelaran Olimpiade

Bersama dengan murid Farida Oetoyo, sang murid pebalet di sekolahnya, Julianti berusaha mendobrak kejemuan tarian balet, dengan menunjukkan liukan balet yang sangat spektakuler. Melalui pertunjukan itu, mereka berdua mendapatkan banyak jejaring di dunia balet.

Hingga akhirnya dibentuk lah perusahaan balet bernama The Little Ballet Group pada 14 Agustus 1959. Perusahaan ini berhasil mengembangkan balet nasional, suatu tarian dengan kostum dan aliran koreografi buatan Indonesia.

Jerih payah The Little Ballet Group membuahkan banyak hasil, terbukti dari bertahannya eksistensi tarian balet yang tak lekang oleh zaman. Para pebalet kebanggaan kita telah menorehkan berbagai prestasi di ajang nasional dan internasional, menggiring tarian balet melawan arus deras zaman. Berikut beberapa pebalet muda asal Indonesia yang mendunia.

1. Rebecca Alexandria

Rebecca Alexandria | Foto: DewiKu.com
info gambar

Popularitas nama pebalet muda ini memuncak pada beberapa tahun belakang. Lantaran di usia yang masih terbilang sangat muda, tepatnya 14 tahun, pebalet satu ini berhasil mengangkat nama Indonesia di kancah dunia.

Ialah Rebecca Alexandria, pebalet muda berbakat yang memulai kariernya di dunia balet pada 2015. Terbukti dari tarian indah Rebecca yang telah memenangkan berbagai ajang pebalet bergengsi, seperti juara kategori solo dan grup di Dance Prix Indonesia dan peraih medali emas di kompetisi Asian Grand Prix, Malaysia International Ballet Grand Prix, dan Asian Elite Dance Competition.

Eiger Produk Petualang Asal Bandung yang Mendunia

Sosok Rebecca mulai menyita perhatian masyarakat Indonesia dan dunia tatkala dirinya berhasil meraih medali emas di Youth America Grand Prix (YAGP) tahun 2018 dan 2019. Lantaran Rebecca menjadi orang Indonesia pertama yang sukses menyabet medali emas di ajang balet bergengsi itu.

2. Freya Zaviera Narendrasetya

Freya Zaviera Narendrasetya | Foto: JPNN.com
info gambar

Sama seperti Rebecca, Freya juga termasuk pebalet cilik dengan banyak prestasi di tingkat dunia. Dilansir dari Kitabisa.com, Freya telah memenangkan berbagai lomba balet bergengsi, seperti Grade 4 dan 5 di Distinction on her Beijing examinations (2017), Primary, dan Grade 1, 2, dan 3 di Distinction on her RAD examinations (2016, 2017, dan 2018).

Tambah lagi, Freya juga mendapatkan medali emas di beberapa kompetisi tersohor seperti di Asian Grand Prix (2017), Malaysian International Ballet Grand Prix (2017), dan The World Ballet Trial (2018).

Ambil Alih Operasional, AirAsia Thailand Akuisisi Gojek Thailand Senilai Rp720 Miliar

3. Ilona Jahja

Ilona Jahja | Foto: Kitabisa.com
info gambar

Tak kalah keren dengan kedua pebalet cilik sebelumnya, nama Ilona Jahja turut mewarnai deretan ini. Ilona diketahui telah menyabet berbagai medali di kompetisi balet bergengsi, seperti medali emas di Asian Grand Prix (2017), medali perak di Malaysian Grand Prix (2017), dan medali emas di Asian Elite Dance Competition (2017).

Tak hanya itu saja, Ilona juga telah mendapatkan medali emas di Dance Prix Indonesia (2018), medali perak di Taiwan Grand Prix (2018), medali emas di Asian Grand Prix (2018), dan memperoleh beasiswa untuk Summer School di beberapa sekolah balet internasional.

Itulah beberapa nama pebalet muda yang berhasil mengharumkan nama bangsa. Mereka telah membuktikan bahwa balet Indonesia berkelas dan memiliki nilai setinggi. Sehingga, dengan mengenal nama-nama mereka, kita dapat semakin bangga dengan Indonesia.*

Referensi:beritasatu.com | Diadona | Historia.id | Kumparan

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

KO
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini