Tim eSport Indonesia Raih Gelar Juara di Ajang Free Fire All Stars 2021 Asia

Tim eSport Indonesia Raih Gelar Juara di Ajang Free Fire All Stars 2021 Asia
info gambar utama

Berpaling sekejap dari euforia Olimpiade Tokyo 2020, kali ini ada pencapaian tak kalah membanggakan yang berhasil dimiliki oleh tim eSport tanah air, dengan meraih kemenangan pada turnamen Free Fire All Stars 2021 di kawasan Asia.

Ada hal unik yang sedikit menyita perhatian dari gelaran turnamen internasional satu ini, tiap tim yang ikut serta dalam gelaran tersebut diketahui menggunakan nama makanan khas daerah sebagai nama tim yang mewakili negaranya.

Sebagai contoh, ada tim dari India yang menggunakan nama Samosa, tim dari Pakistan yang menggunakan nama Briyani, dan Indonesia sendiri yang mengirimkan dua tim dengan nama Sate dan Indomee. Lewat turnamen ini, tim Indomee dari Indonesia berhasil memenangkan kompetisi untuk mode Bomb Squad, sekaligus memenangkan hadiah senilai 10 ribu dolar AS atau setara Rp145 juta rupiah.

Ragam Upaya untuk Terus Dorong Ekosistem eSport di Indonesia

Tentang Garena dan penyelenggaraan Free Fire All Stars 2021 di 3 negara bagian

Salah satu kompetisi turnamen eSport Garena di tahun 2019
info gambar

Bukan sembarang turnamen, Free Fire All Stars (FFAS) 2021 merupakan salah satu gelaran eSport tahunan yang diselenggarakan oleh Garena selaku pengembang dan penerbit dari gim Free Fire itu sendiri.

Selain dikenal sebagai pengembang dan penerbit gim bergenre battle royale lainnya seperti League of Legends, Arena of Valor, dan Call of Duty Mobile, perusahaan asal Singapura yang berdiri sejak tahun 2009 ini juga diketahui kerap menjadi penyelenggara turnamen eSport bertaraf internasional, yang kompetitif dan melibatkan berbagai negara.

Di samping itu, FFAS sendiri dikenal sebagai turnamen adu skill yang melibatkan influencer, kreator konten, dan pro player dalam bidang gim terkait yang dikembangkan oleh Garena dengan tujuan menyediakan wadah kompetisi bagi para pemain gim besutannya di seluruh dunia.

Selain digelar di kawasan Asia, turnamen FFAS sejatinya juga diadakan di region negara bagian lainnya, yaitu Amerika dan EMEA (Europe, Middle East, and North Africa). Dalam waktu dekat, tepatnya tanggal 30 Juli hingga 1 Agustus akan diadakan FFAS 2021 untuk region EMEA, dan setelahnya di tanggal 6-8 Agustus akan ditutup dengan penyelenggaraan FFAS 2021 untuk region Amerika.

Menariknya, FFAS di kawasan Asia yang sudah berlangsung selama 3 hari sejak tanggal 23-25 Juli 2021 kemarin, dan diselenggarakan secara online dari tiap negara asal tim yang berpartisipasi. Walau begitu, gelaran tersebut tetap bisa berjalan dengan lancar dan memberikan suguhan kompetisi yang menghibur bagi para penikmat industri eSport khususnya Free Fire.

Dalam pelaksanaannya, FFAS 2021 kali ini memiliki 3 rangkaian turnamen dengan mode yang berbeda, yaitu Bomb Squad, Clash Squad, dan Battle Royale. Untuk mode Mode Bomb Squad sendiri baru pertama kali dipertandingkan di turnamen regional ini, dan hebatnya Indonesia langsung meraih gelar juara.

Sedangkan untuk dua mode lain yaitu Clash Squad dan Battle Royale di menangi oleh tim asal Thailand.

Klub Sepakbola Raksasa Eropa Resmi Berkolaborasi dengan Tim Esport Indonesia

Permainan tim Indonesia di turnamen FFAS 2021

Tim Indomee Indonesia
info gambar

FFAS 2021 untuk region Asia diikuti oleh tim yang berasal dari berbagai negara Asia selain Indonesia, yaitu Bangladesh, India, Malaysia, Kamboja, Thailand, Pakistan, dan Vietnam.

Dalam gelaran ini Indonesia mempunyai 2 tim yang berpartisipasi yaitu tim Sate dan tim Indomee. Tim Indomee yang merupakan salah satu dari 2 perwakilan Indonesia dan berhasil meraih kemenangan diperkuat oleh jajaran pro player DRNXGarduu, Efdewe, LetDa, dan IOG Bion 09.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, walau mode Bomb Squad yang diikuti Indonesia merupakan mode yang baru dihadirkan pada turnamen kali ini, namun tim Indomee langsung berhasil meraih kemenangan dengan performa yang terlihat unggul, bahkan sejak awal pertandingan berlangsung, dengan terus menjadi yang teratas sejak babak pertama.

Menanggapi tim tanah air yang berhasil meraih gelar juara, perwakilan dari Garena Indonesia pun menyampaikan apresiasi kepada tim Indonesia.

“Kami mengucapkan selamat kepada Tim Indomee dari Indonesia yang berhasil memenangkan Mode Bomb Squad di Free Fire All Stars 2021. Terima kasih juga untuk Tim Sate atas usaha dan kerja kerasnya,” ungkap Christian Wihananto, selaku produser Garena Free Fire Indonesia.

Joe Taslim Jadi Karakter Game Free Fire Pertama dari Indonesia

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

SA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini