Lima Negara yang Mengajarkan Bahasa Indonesia di Sekolah dan Perguruan Tinggi

Lima Negara yang Mengajarkan Bahasa Indonesia di Sekolah dan Perguruan Tinggi
info gambar utama

Baik di sekolah maupun di perguruan tinggi, kita pasti pernah mempelajari bahasa asing. Dari SD hingga SMA, misalnya, saya selalu bertemu dengan pelajaran bahasa Inggris. Bahkan, pada masa SMA, saya juga mendapatkan kesempatan untuk belajar bahasa Jerman. Sementara itu, pada masa perkuliahan, saya diwajibkan untuk mengenal bahasa Arab.

Ternyata, bukan hanya kita, Kerabat Nara, yang mempelajari bahasa asing. Beberapa negara dunia toh sudah memasukkan bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran bahasa asing di sekolah dan perguruan tinggi. Apa saja?

Jepang

Salah satu universitas di Jepang, yaitu Tokyo University of Foreign Studies (TUFS), membuka Program Studi Bahasa Indonesia. Dalam satu tahun ajaran, TUFS menerima delapan belas mahasiswa yang akan belajar membaca serta menulis dalam bahasa Indonesia.

Australia

Di Australia, University of Southern Queensland membuka mata kuliah Bahasa Indonesia. Bahkan tidak berhenti di situ, pasalnya terdapat lebih dari lima ratus sekolah dasar di negeri Kanguru ini yang mewajibkan murid-muridnya untuk belajar bahasa Indonesia.

Ukraina

Bahasa Indonesia diangkat menjadi mata pelajaran di salah satu negeri Eropa Timur, yaitu Ukraina. Institut Filologi di Taras Shevcenko National University of Kyiv, sejak tahun ajaran 2012/2013, telah membuka Program Studi Bahasa Indonesia. Untuk mendukung proses pembelajarannya, pemerintah membuka pusat kajian bahasa Indonesia serta program beasiswa bagi mahasiswa asing.

Korea Selatan

Sebagian besar penikmat film asal Indonesia pasti tidak luput untuk memasukkan serial-serial drama Korea ke dalam daftar putar. Beberapa teman saya bahkan mulai mengucapkan ungkapan-ungkapan dalam bahasa dari negara yang berjulukan “The Land of the Morning Calm” ini.

Perlu diketahui, sebagai salah satu kampus terbaik di Korea Selatan, Hankuk University of Foreign Studies (HUFS) telah membuka jurusan Bahasa Indonesia. Salah satu dosen pengampunya pun berasal dari Indonesia, yaitu Tengsoe Tjahjono.

Mungkin, suatu saat nanti, film-film Indonesia juga akan menjadi tontonan favorit bagi penduduk Korea Selatan.

Hawaii

Hawaii adalah negara bagian Amerika Serikat yang berbentuk kepulauan. Ternyata, beberapa universitas di Hawaii menyertakan Bahasa Indonesia ke dalam kurikulum mereka. Konon katanya, tim pendidik dari sebagian universitas tersebut juga terbang ke Indonesia untuk melakukan riset mengenai bahasa Indonesia. Hasil riset tersebut kemudian akan dijadikan sebagai bahan pembelajaran.

Kerabat Nara, ternyata, bukan cuma kita yang wajib bahkan getol mempelajari bahasa Indonesia. Penduduk Jepang, Australia, Ukraina, Korea Selatan, dan Hawaii pun tertarik untuk mendalami bahasa kita. Saya rasa, selain daftar di atas, ada pula negara-negara lain yang memasukkan bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran mereka, baik di sekolah maupun perguruan tinggi. Kerabat Nara tahu?

Rujukan:

Konten di atas hasil kolaborasi antara GNFI dan Narabahasa. Untuk menjelajah lebih jauh, silakan klik tautan berikut Arsip Ihwal Bahasa.

N
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini