6 Destinasi Wisata yang Jadi Hadiah Menparekraf untuk Greysia Polii dan Apriyani Rahayu

6 Destinasi Wisata yang Jadi Hadiah Menparekraf untuk Greysia Polii dan Apriyani Rahayu
info gambar utama

Greysia Polii dan Apriyani Rahayu berhasil menjadi juara dan menyabet medali emas di final cabang olahraga bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020 nomor ganda putri. Perolehan ini menjadi medali emas pertama kontingen Indonesia di olimpiade dan jadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat.

Atas kemenangan keduanya, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan memberikan uang tunai sebesar Rp5 miliar.

Untuk diketahui, pihak Kemenpora akan memberikan uang tunai untuk seluruh atlet yang berhasil meraih medali di Olimpiade Tokyo 2020 sejumlah Rp5 miliar untuk medali emas, Rp2 miliar untuk medali perak, dan Rp1 miliar untuk medali perunggu.

Selain uang tunai, Greysia dan Apri pun mendapat bonus tambahan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

"Kami akan memberikan hadiah kepada Greysia dan Apri dalam rangka kunjungan mereka ke lima destinasi super prioritas (DSP). Jadi walaupun anggaran kita terbatas, tapi penyiapan DSP tetap kita kebut secara berkualitas," ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Selain mengunjungi lima DSP, keduanya juga akan mendapat hadiah berupa liburan ke Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Djoko Waluyo, Kepala Bagian Humas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengatakan bahwa hadiah jalan-jalan ini akan diberikan saat situasi pandemi Covid-19 telah aman dan terkendali.

Berikut enam destinasi wisata yang akan dikunjungi Greysia dan Apri sebagai hadiah dari Menparekraf:

 Danau Toba | @Daniel Morris Pixabay
info gambar

Danau Toba

Danau Toba yang terletak di Sumatra Utara ini merupakan danau yang terbentuk dari letusan gunung api 74 ribu tahun yang lalu. Ia pun menjadi danau terbesar di Indonesia dan merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Luasnya mencapai 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter. Karena ukurannya yang sangat besar, danau ini lebih mirip lautan tetapi perairannya tenang.

Danau Toba dikenal memiliki pulau yang berada di tengahnya, yaitu Pulau Samosir. Selain menikmati pesona danau, wisatawan juga dapat menjelajahi objek wisata lain yang mengelilingi danau.

Beberapa objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi antara lain Gunung Pusuk BuhitParopo, Bukit Gajah Bobok, Holbung Samosir, Bukit Siadtaratas, Negeri Bakkara, Bukit Indah Simarjarunjung, Menara Pandang Tele Samosir, Air Terjun Efrata, Air Terjun Situmurun, Geosite Sipinsur, dan Dolok Nauli Park.

Tak hanya wisata alam, di sana pun terdapat museum sejarah dan budaya Suku Batak, yaitu Museum Tomok dan Museum Huta Bolon. Saat mengunjungi kawasan Danau Toba, jangan lupa membeli buah tangan berupa ulos buatan warga setempat atau membeli kopi-kopi khas seperti lintong dan sidikalang.

Koral Restaurant Bali Raih Penghargaan Restoran Terindah di Dunia

Likupang

Bagi yang masih asing dengan namanya, Likupang merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dengan luas 197,4 hektare di Kecamatan Likupang Timur, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Kawasan ini dapat diakses dengan berkendara sekitar dua jam dari Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado.

Daya tarik utama dari Likupang ialah pantai-pantai berpasir putih yang memesona. Di antaranya ada Tanjung Pulisan, Pantai Pall, dan Pantai Sampirang. Pastikan Anda tak melewatkan kesempatan bertemu spesies penyu hijau langka. Di sana pun ada savana yang luas dan ekowisata Bahoi. Likupang pun menjadi habitat bagi burung maleo dan makaka hitam.

Selain menikmati suasana di pantai, pengunjung juga bisa menjelajah berbagai desa wisata di sana, seperti Desa Marinsow, Desa Pulisan, Desa Kinunang, Desa Bahoi, dan Desa Pulau Gangga.

Pulau Manimbora dan Labuan Cermin, Surga Tersembunyi di Kalimantan Timur
 Borobudur | @Deepu Joseph Pixabay
info gambar

Borobudur

Siapa yang tak tahu Borobudur? Cand Buddha di Magelang, Jawa Tengah, ini didirikan sejak tahun 800-an Masehi dan menjadi kuil Buddha terbesar di Indonesia. Candi Borobudur memiliki panjang 121,66 meter dengan lebar 121,38 meter dan tinggi 35,40 meter. Di sana terdapat 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha.

Pada stupa utama terbesar yang letaknya di tengah, dikelilingi tiga barisan melingkar berupa 72 stupa berlubang dan di dalamnya tersimpan arca Buddha tengah duduk bersila. Mengelilingi kawasan Candi Borobudur bisa jadi ide menarik untuk mempelajari sejarah sekaligus menikmati keindahan bangunan candi. Bila tak ingin berpanas-panasan, disarankan mengunjungi kawasan ini pada sore hari sampai menjelang momen matahari terbenam.

Desa Tete Batu Lombok Wakili Indonesia dalam Kompetisi Internasional

Mandalika

Sama seperti Likupang, Mandalika juga merupakan KEK yang diresmikan sejak tahun 2017. Luasnya mencapai 1.035 hektare dan berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Kawasan ini terdiri dari deretan pantai yang indah dan bukit hijau yang menyegarkan mata. Banyak wisatawan mengunjungi Mandalika untuk mendapatkan suasana liburan yang tenang dan damai. Tak lupa untuk melihat langsung Festival Bau Nyale yang diadakan di Mandalika, di mana para pengunjung bersama warga akan berburu cacing tanah yang dianggap suci dan penuh kebahagiaan.

Ada beberapa pantai yang wajib dikunjungi seperti Tanjung Aan, Seger, Gerupuk, dan Serenting. Seluruh pantai di Mandalika menawarkan keunikan, pemandangan lautan yang menakjubkan, serta ombak yang bagus untuk berenang hingga berselancar.

Restorasi Terumbu Karang Makin Digalakkan Seiring dengan Kondisi yang Mengkhawatirkan
 Labuan Bajo | @Bowo Ikhsanto Pixabay
info gambar

Labuan Bajo

Labuan Bajo merupakan salah satu surga wisata di Indonesia bagian timur. Lokasinya ada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Siapa saja yang mengunjunginya pasti langsung terpesona karena keindahan alamnya yang begitu luar biasa.

Banyak tempat wisata alam yang bisa dikunjungi wisatawan dan semuanya memiliki kekhasan masing-masing. Misalnya, Taman Nasional Komodo, Pulau Padar, Pulau Kelor, Pulau Rinca, Gua Rangko, Air Terjun Cunca Wulang, Pantai Pink, dan Puncak Waringin.

Untuk merasakan pengalaman liburan berbeda, turis bisa mencoba live on board, yaitu tinggal dan menginap di kapal pinisi beberapa hari sambil berlayar mengelilingi beragam pulau di Labuan Bajo.

Fakta Menarik Petirtaan Air Jolotundo, Punya Cerita Romantis Hingga Mitos Awet Muda

Wakatobi

Wakatobi merupakan objek wisata di Sulawesi Tenggara. Namanya merupakan akronim dari Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Kawasan ini juga punya julukan Caribbean Van Celebes.

Di sana, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam dan pesisir pantainya yang indah. Ditambah lagi, keragaman biota lautnya pun wajib dijelajahi dengan cara menyelam. Dari ratusan titik selam, ada empat titik yang populer yaitu Coral Garden, Cornucopia, House Reef, dan Roma.

Menurut data Operational Wallacea, Wakatobi memiliki lebih dari 750 spesies coral. Maka, menyelam sepuasnya di Wakatobi bisa jadi pengalaman terbaik para wisatawan untuk melihat langsung aneka karang cantik yang ada di bawah laut.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini