Sambut HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Astra Hadirkan Gerakan Semangat Saling Bantu

Sambut HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Astra Hadirkan Gerakan Semangat Saling Bantu
info gambar utama

Tak terasa tahun 2021 sudah memasuki bulan Agustus, bulan di mana menjadi saat yang istimewa bagi seluruh masyarakat di tanah air untuk memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Tepat di tahun ini, HUT RI telah sampai di usia ke-76 tahun.

Di balik momen hari peringatan yang sejatinya tidak pernah terlewat, nyatanya seluruh masyarakat Indonesia masih harus menerima kondisi perayaan HUT RI yang berbeda dari biasanya untuk kali kedua di tengah situasi sulit yang masih terjadi.

Berbagai upaya untuk menghadapi situasi sulit yang ada nyatanya tidak hanya dilakukan oleh pemerintah. Kali ini hal yang sama dilakukan oleh Astra, lewat gerakan Semangat Saling Bantu yang melibatkan seluruh masyarakat di Indonesia.

Mengupas Isi Bantuan Sosial (Bansos) PPKM Level 3-4

Gerakan yang manfaatkan kepedulian lewat media sosial

Pada Selasa (3/8/2021), Astra meluncurkan gerakan media sosial melalui tagar #SemangatSalingBantu dengan mengajak masyarakat di seluruh Indonesia saling membantu terhadap sesama yang sedang kesulitan dan membutuhkan bantuan di tengah situasi pandemi yang masih terjadi hingga saat ini.

Melalui gerakan tersebut, semua lapisan masyarakat diharapkan dapat bersama-sama turut mewujudkan Indonesia yang tangguh agar dapat terus tumbuh, selaras dengan tema HUT ke-76 Kemerdekaan RI tahun ini, yakni “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

Memosisikan diri sebagai bagian dari masyarakat, Astra menyatakan berkomitmen untuk bergandengan tangan erat guna membantu masyarakat, tenaga kesehatan, dan pemerintah, agar bersama-sama dapat melewati situasi sulit pandemi.

Adapun dalam pelaksanaannya, gerakan Semangat Saling Bantu yang dimaksud adalah ajakan Astra kepada masyarakat untuk mengunggah konten yang berisi pesan, untuk tetap semangat pada masa pandemi ini, atau informasi bantuan yang dapat diberikan dan bermanfaat kepada mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Konten tersebut nantinya diunggah pada salah satu dari berbagai lini media sosial yang dimiliki oleh masyarakat yang berpartisipasi mulai dari Instagram, Twitter, TikTok, hingga Facebook, dengan menyertai tagar #SemangatSalingBantu dan menukil akun @SATU_Indonesia.

Lakukan Vaksinasi Massal, Upaya Manufaktur Toyota Indonesia Tekan Sebaran Covid-19

Satu Unggahan untuk satu paket bantuan

Tentu tidak berhenti sebatas unggahan kepedulian, nantinya setiap unggahan yang muncul di berbagai lini media sosial akan dikonversi oleh Astra menjadi satu paket bantuan, berupa makanan atau bahan makanan pokok bagi kebutuhan pasien Covid-19 dan masyarakat yang terdampak pandemi.

Paket bantuan hasil konversi tersebut kemudian akan disalurkan untuk masyarakat di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Penyaluran paket tersebut akan dilakukan melalui 31 Koordinator Wilayah (Korwil) Grup Astra, dan berbagai komunitas Astra yang terdiri dari penggerak Kampung Berseri Astra, Desa Sejahtera Astra, penerima apresiasi SATU Indonesia Awards, serta Yayasan Amaliah Astra.

Jika dipahami lebih jauh, langkah ini sebenarnya merupakan salah satu gerakan saling membantu yang bisa dilakukan oleh siapapun, terlepas dari ada atau tidaknya kemampuan seseorang dari segi materi untuk turut memberikan bantuan bagi mereka yang lebih membutuhkan.

Hanya dengan bermodalkan satu unggahan di salah satu lini media sosial yang dimiliki, setiap masyarakat di Indonesia bisa ikut serta berpartisipasi dalam memberikan satu paket bantuan yang akan dikonversi oleh pihak Astra.

“…kami berharap aksi ini dapat semakin menyebarluaskan semangat masyarakat untuk saling membantu dan kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan, khususnya pada masa pandemi Covid-19,” ujar Presiden Direktur Astra, Djony Bunarto Tjondro.

Bantuan Rp1 Miliar untuk Jenama Lokal Terbaik di Festival UMKM

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

SA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini