Inilah 10 Negara Pemilik Gedung Pencakar Langit Terbanyak di Dunia 2021

Inilah 10 Negara Pemilik Gedung Pencakar Langit Terbanyak di Dunia 2021
info gambar utama

Gedung pencakar langit atau skyscrapper kerap menjadi salah satu parameter perkembangan ekonomi di sebuah negara. Penampakan bangunannya yang menjulang tinggi dengan berbagai desain unik, juga bisa menjadi indikasi adanya kemajuan infrastruktur.

Selain nilai estetika bangunannya, pemanfaatan gedung pencakar langit juga mampu mengatasi permasalah keterbatasan lahan. Di kota-kota besar, gedung pencakar langit dapat dimanfaatkan sebagai apartemen, perkantoran, dan hotel, serta dapat menjadi landmark.

Merujuk data yang dirilis oleh The Skyscrapper Center, selama kurun waktu 1960-2021 telah terjadi peningkatan pembangunan gedung dengan tinggi lebih dari 150 meter yang begitu pesat di seluruh dunia.

Sebaran negara pemilik gedung pencakar langit terbanyak 2021 | GoodStats
info gambar

Hingga tahun 2021, China menjadi negara dengan gedung pencakar langit terbanyak dengan 2.396 gedung. Masifnya pembangunan skyscrapper di China seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang begitu pesat di Negeri Tirai Bambu.

Terkait dengan batas minimum ketinggian gedung, hasil konvensi Amerika Serikat dan Eropa menetapkan bahwa bangunan dengan tinggi lebih dari 150 meter atau 500 kaki dapat dikategorikan sebagai pencakar langit. Berikut GNFI sajikan daftar 10 negara dengan gedung pencakar langit terbanyak di dunia tahun 2021.

Negara Pemilik Gedung Pencakar Langit Terbanyak di Asia 2021

1. China (2.395 Gedung)

Shanghai | Chou Pi/Shuterstock
info gambar

Memiliki 2.395 gedung, China menjadi negara dengan pemilik gedung pencakar langit terbanyak di dunia. Dari segi pembangunan, negara ini diakui mempunyai kemampuan membangun gedung dengan estimasi waktu tercepat. Proyek kilat ini dapat terlihat dari pembangunan rumah sakit di Wuhan yang mampu selesai dalam waktu enam hari saja.

Bahkan, konstruksi Broad Group asal China telah sukses membangun hunian vertikal dengan cara inovatif. Perusahaan ini menggunakan sistem modular untuk mendirikan apartemen 10 lantai hanya dalam waktu 28 jam 45 menit.

Shanghai Tower merupakan salah satu wujud dari prototipe gedung pencakar langit di China. Bangunan setinggi 632 meter ini menjadi gedung tertinggi kedua setelah Burj Khalifa. Selain memiliki ketinggian yang menakjubkan, Shanghai Tower juga menjadi salah satu gedung paling hijau di dunia. Gedung ini bisa mengurangi 34.000 metrik ton karbon dioksida dalam setahun.

2. Amerika Serikat (825 Gedung)

New York | Michael P/Shutterstock
info gambar

Saat menyaksikan film hollywood, penonton sering melihat penampakan banyaknya gedung pencakar langit di Amerika Serikat (AS). Di kehidupan asli ternyata itu memang benar adanya, di mana total gedung pencakar langit di AS tercatat sebanyak 825 Gedung.

Kota terbesar di AS, New York, terkenal dengan skyline gedung pencakar langitnya. Pada tahun 1890 saja, tercatat sudah ada 11 gedung di kota ini yang menyandang status skyscrapper. Seiring berjalannya waktu pembangunan terus digencarkan, gedung-gedung seperti Bank of Manhattan Trust Building, Chrysler Building, dan Empire State Building, adalah beberapa gedung pencakar langit ikonik yang berdiri kokoh di Kota New York.

Selain New York, Chicago menjadi episentrum bangunan tinggi di AS. Salah satu kota terpadat di Negeri Paman Sam ini menempati peringkat tiga kota pemilik gedung tinggi (+100 meter) terbanyak dunia dengan koleksi 572 bangunan.

3. Uni Emirat Arab (268 Gedung)

Dubai | Al Faesyal/Shutterstock
info gambar

Uni Emirat Arab merupakan sebuah negara kaya yang terletak di Timur Tengah, negara ini dikelilingi oleh Teluk Persia dan Teluk Oman dengan luas wilayah mencapai 83.600 kilometer persegi.

Perekonomian Uni Emirat Arab termasuk terbesar di kawasan Jazirah Arab, Pendapatan Domestik Bruto (PDB) mencapai 410,4 miliar dolar AS dengan PDB per kapita menyentuh 41.476 dolar AS pada 2020. Tak heran, negera ini dijuluki sebagai rumahnya para sultan.

Dari segi arsitektur, Uni Emirat Arab tersohor karena jumlah gedung pencakar langitnya. Hingga tahun 2021, tercatat ada 268 skyscrapper yang berdiri kokoh di negara ini. Kota Dubai menjadi tempat berdirinya gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa. Saking tingginya, puncak gedung dengan 828 meter ini dapat terlihat dari jarak sekitar 95 kilometer.

4. Jepang (261 Gedung)

Tokyo | Okibuki/Shutterstock
info gambar

Peringkat keempat negara pemilik gedung pencakar langit diisi oleh Jepang. Negara yang terkenal akan kecanggihan teknologinya ini tercatat memiliki 261 skyscrapper.

Dari segi arsitektur, Jepang terkenal dengan konsep hunian vertikal semi minimalis. Hal ini karena faktor mahalnya harga tanah di Jepang sehingga mendorong pembangunan gedung tinggi yang masif.

Ambisi untuk melansungkan pembangunan gedung pencakar langit terus digalakan. Seperti, perencanaan pembangunan oleh Arsitek Jepang Sou Fujimoto yang sedang merancang Torch Tower, sebuah bangunan setinggi 390 meter yang akan menjadi gedung tertinggi di Jepang. Bangunan yang rencananya selesai pada 2028 tersebut merupakan hasil kerja sama antara Arsitek Sou Fujimoto dan Mitsubishi Jisho Sekkei.

5. Korea Selatan (233 Gedung)

Seoul | Jhg/Shutterstock
info gambar

Korea Selatan (Korsel) merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. Pasca perang Korea (1950-1953), Korsel hanyalah sebuah negara miskin dengan PDB per kapita rendah. Kini, perkembangan pesat telah membawa Korsel menjadi salah satu negara maju di dunia.

Dari segi arsitektur, negeri gingseng ini juga tersohor karena jumlah gedung pencakar langitnya. Hingga tahun 2021, tercatat ada sekitar 233 skyscrapper yang berdiri kokoh di negara ini. Lotte World Tower menjadi ikon sekaligus menjadi gedung tertinggi di Korsel dengan ketinggian mencapai 555 meter.

Untuk diketahui, Lotte World Tower memiliki bentuk yang ramping sehingga menonjol diantara bangunan sekitarnya. Inspirasi bentuk bangunan ini diambil dari bentuk seni tradisional Korea. Bangunan ini menjadi tempat bagi ritel, perkantoran, hotel bintang tujuh dan officetel.

10 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Indonsia 2021

6. Australia (122 Gedung)

Gold Coast | Michael P/Shutterstock
info gambar

Peringkat keenam negara pemilik gedung pencakar langit diisi oleh Australia. Negara yang berada di tenggara Indonesia ini tercatat memiliki 122 gedung pencakar langit yang tersebar di kota-kota utama seperti Sydney, Brisbane, Melbourne, hingga Gold Coast.

Terletak di Surfers Paradise, Gold Coast, Queensland Number One (Q1) menjadi bangunan tertinggi di Australia. Bangunan ini memiliki ketinggian 322,5 meter dengan 78 lantai sekaligus menjadi ikon negara bagian Queensland.

7. Kanada (112 Gedung)

Toronto | Jimmy L/Shutterstock
info gambar

Negara pemilik gedung pencakar langit terbanyak berikutnya diisi oleh Kanada. Negara yang berada di Amerika Utara ini tercatat memiliki 122 gedung pencakar langit yang tersebar di kota-kota utama seperti Toronto, Vancouver, Montreal, Quebec, hingga Ottawa.

The One adalah gedung supertall yang digadang-gadang akan menjadi gedung pencakar langit tertinggi di Kanada. Bangunan yang terletak di Kota Toronto ini memiliki ketinggian 306 meter dan dijadwalkan dibuka pada 2023.

8. Thailand (108 Gedung)

Bangkok | Pannawit/Shutterstock
info gambar

Pada 2021, Thailand mampu menyalip Indonesia sebagai negara dengan koleksi skyscrapper terbanyak. Jumlah gedung pencakar langit di negara ini tercatat sebanyak 108 gedung yang mayoritas tersebar di Kota Bangkok.

MahaNakhon Tower menjadi gedung tertinggi di Thailand dengan ketinggian mencapai 314 meter. Selesai pada 2016, menara yang terletak di pusat bisnis Sathorn ini dengan cepat masuk destinasi yang wajib dikunjungi di Bangkok. Bangunan yang memiliki 77 lantai ini memiliki fungsi utama sebagai apartemen, hotel, ruang ritel, bar, dan restoran.

9. Indonesia (105 Gedung)

Jakarta | Timo U/Shutterstock
info gambar

Indonesia menjadi salah satu negara pemilik gedung pencakar langit terbanyak dengan menempati peringkat sembilan. Hingga tahun 2021, bangunan di atas 150 meter di Indonesia tercatat berjumlah 105 gedung. Semua gedung tersebut tersebar di 4 wilayah, yakni Jakarta, Surabaya, Medan dan Kabupaten Tangerang.

Saat ini, Thamrin Nine Tower menyandang predikat sebagai gedung tertinggi di Indonesia. Kemegahan Thamrin Nine Tower mampu memikat dan menyita perhatian berbagai kalangan khsususnya para pecinta dan pemerhati skyscrapper.

Secara struktur yang dihitung dari lantai dasar dan mengacu pada ketentuan Council on Tall Building and Urban Habitat (CTBUH), ketinggian Autograph Tower mencapai 382,9 meter. Namun, jika dihitung dari atas permukaan tanah, gedung difungsikan sebagai perkantoran dan hotel ini menjulang dengan ketinggian 385 meter.

10. Malaysia (97 Gedung)

Kuala Lumpur | hgh/Shutterstock
info gambar

Terakhir, negara pemilik gedung pencakar langit terbanyak diisi oelh Malaysia dengan koleksi 97 gedung. Sama seperti Indonesia dan Thailand, bangunan tinggi di Malaysia masih berpusat di kawasan ibu kota negara.

Kendati memiliki jumlah skyscrapper yang lebih sedikit dari Indonesia, namun beberapa gedungnya cukup tersohor. Sebut saja menara kembar Petronas, lalu ada gedung meredka PNB 118 yang menjadi gedung tertinggi baru di Malaysia.

Menatap Megahnya Gedung Tertinggi di Indonesia, Thamrin Nine Tower

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Iip M. Aditiya lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Iip M. Aditiya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini