Pelajari Ikigai Agar Karier dan Hidup Kawan Seimbang

Pelajari Ikigai Agar Karier dan Hidup Kawan Seimbang
info gambar utama

Penulis: Brigitta Raras

Gabung Telegram Kawan GNFI untuk dapat informasi seputar program dan tulisan terbaru Good News From Indonesia.

Kawan pastinya sudah tak asing lagi dengan etos kerja yang baik, kehidupan yang sehat, dan karier yang mengagumkan dari orang Jepang. Ternyata semuanya itu memiliki hubungan dengan konsep hidup yang mereka anut, loh, Kawan.

Konsep hidup tersebut bernama Ikigai. Akihiro Hasegawa seorang profesor dan psikolog klinis di Toyo Eiwa University menempatkan kata ‘Ikigai’ sebagai bagian dari bahasa sehari-hari di Jepang.

Ikigai terdiri dari kata ‘iki’ yang berarti kehidupan dan ‘gai’ berarti nilai. Dapat diartikan Ikigai sebagai alasan untuk hidup guna memiliki hal-hal yang membuat Kawan melangkah maju dan nilai-nilai kebahagian. Pada dasarnya, ikigai dapat memotivasi hidup Kawan dalam melakukan segala tindakan yang Kawan jalani.

Selain itu semua, ternyata ikigai menjadi rahasia dari orang Jepang untuk memiliki pribadi yang produktif dalam keseharian mereka. Ikigai juga membuat kesehatan mental maupun fisik Kawan menjadi lebih baik.

Pentingnya Memiliki Growth Mindset untuk Karier dan Kehidupan

Banyak manfaat yang bisa Kawan dapatkan dengan menerapkan ikigai. Hal tersebut dikarenakan Kawan telah menemukan makna dalam hidup. Hingga pada akhirnya, akan meningkatkan motivasi Kawan dalam mengerjakan segala hal.

Ketika sudah mengenal dan paham dengan konsep ikigai, akan muncul keyakinan dari makna dalam setiap tindakan yang dijalani. Implementasi ikigai dapat menjadi dasar dalam kehidupan, karier, dan setiap tindakan Kawan. Inilah yang menghasilkan pekerjaan Kawan akan menjadi efisien, produktif, dan memiliki etos kerja baik.

Pelajari ikigai dalam hidup

Diagram Ikigai| Foto: linkedin
info gambar
Cara Anak Muda Menilai Perilaku Warganet Indonesia

1. Passion

Elemen pertama ini diartikan ketika Kawan melakukan suatu hal yang Kawan sukai dan Kawan kuasai. Sesuatu hal yang selalu membuat Kawan semangat, senang, dan mampu mengerjakannya tanpa lelah walaupun tak dibayar sekalipun.

Pada elemen ini, fokuslah dan coba cari hal apa yang Kawan suka dan kuasai selama menjalani hidup. Sebagai contoh, Kawan senang bermain alat musik gitar dan menyukai lagu rock. Kawan juga sudah ahli dalam bermain gitar.

Pada akhirnya Kawan senang untuk bermain gitar dengan genre musik rock. Elemen inilah, tindakan berfokus pada kegemaran Kawan yang Kawan lakukan sendiri serta untuk kesenangan Kawan.

2. Profession

Kawan telah melakukan suatu hal yang Kawan kuasai dan mampu melakukannya serta Kawan dibayar atas kemampuan tersebut. Itulah yang disebut dengan profesi, Kawan.

Masih dengan contoh yang sama seperti di atas, ketika Kawan menyukai bermain gitar dengan genre rock. Akhirnya, Kawan membuat sebuah karya musik baru kemudian Kawan dibayar atas itu.

Bisa juga Kawan diundang oleh beberapa acara untuk bermain gitar atau bahkan direkrut untuk menjadi gitaris band ternama dan Kawan dibayar atas apa yang kawan Kuasai. Maka dari itu, musisi adalah profesi Kawan.

3. Vocation

Ilustrasi| Foto: locita.co
info gambar

Kawan melakukan suatu hal yang bermanfaat bagi orang lain dan dibayar, karena hal tersebut. Misalnya, Kawan memiliki keahlian bermain gitar tadi kemudian Kawan diundang untuk memeriahkan acara atau manggung untuk menghibur orang lain. Di sini vocation berada, bermain gitar bermanfaat untuk orang lain sebagai hiburan dan Kawan juga dibayar.

Penggunaan Data Seluler di Indonesia Terus Meningkat di Tengah Pandemi

4. Mission

Ketika Kawan melakukan suatu hal yang Kawan suka dan bermanfaat atau menjawab kebutuhan bagi orang lain. Misalnya tadi, Kawan gemar bermain gitar dengan genre rock. Kemudian Kawan diundang untuk datang ke acara amal tanpa dibayar.

Bisa juga Kawan menerima undangan untuk memeriahkan acara dari partai politik A dan B, Kawan menghadirkan kedua acara tersebut tanpa berpihak pada salah satu partai. Nah, ini salah satu contoh dari tindakan yang Kawan suka dan bermanfaat bagi orang lain serta menjawab kebutuhan orang banyak.

Berdasarkan contoh di atas, dapat ditemukan bahwa ikigai Kawan adalah menjadi gitaris profesional, menghibur banyak orang atas karya yang dimiliki. Tak hanya itu, Kawan juga mendapatkan bayaran atas hal tersebut.

Hal inilah yang membuat hidup Kawan lebih bermakna dan dapat mengetahui alasan Kawan untuk bangun di pagi hari. Mencari ikigai memang tak mudah, ya, Kawan. Ikigai bersifat sangat personal, jadi Kawan tak perlu membandingkan hidup Kawan dengan orang lain.*

Referensi :bbc| | Kompas

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini