Upaya Smartfren dalam Mendorong Pelaku UMKM di Masa pandemi

Upaya Smartfren dalam Mendorong Pelaku UMKM di Masa pandemi
info gambar utama

Kita sudah sama-sama tahu bahwa dengan bonus demografi generasi muda di Indonesia, era pengembangan teknologi masa depan Indonesia ada di tangan mereka.

Karenanya, upaya-upaya berbagai pihak nampak dibutuhkan sebagai konduktor dalam wujud literasi dan vokasi untuk memberikan pembekalan terhadap anak-anak muda itu terkait inovasi teknologi masa depan, begitupun terkait bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Pendek kata, anak-anak muda Indonesia ditutut kreatif di berbagai industri, namun harus ada pihak-pihak yang mendampingi mereka untuk meraih hasil yang optimal.

Salah satu upaya itu dilakukan oleh Smartfren, yang merupakan salah satu operator seluler Indonesia yang konsern pada tahapan itu. Dalam upayanya itu, Smartfren menyelenggarakan inisiatif program #TemanBukaPeluangmu untuk mengenalkan industri UMKM di Indonesia agar semakin berkembang dan dikenal masyarakat luas, serta memberikan ruang lingkup yang lebih luas di masa depan.

Upaya Smartfren Ciptakan Generasi Muda Kreatif

Program ini diharapkan bisa membantu para pelaku UMKM—yang kebanyakan dilakukan oleh anak muda—agar lebih siap berkontribusi dalam perekonomian Indonesia, serta membukakan berbagai peluang baru di masa yang akan datang.

Lewat program yang juga merupakan bagian dari peringatan Hari Kemerdekaan ke-76 RI ini, Smartfren bekerja sama dengan para pendengung/influencer untuk mempromosikan talenta-talenta UMKM dari berbagai sektor.

Program #TemanBukaPeluangmu boleh jadi hanyalah satu dari sekian banyak inisiatif Smartfren yang bertujuan memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia, baik dari sisi kesehatan, ekonomi, maupun pendidikan.

“Campaign ini adalah inisiatif Smartfren dalam memaknai kemerdekaan Indonesia, yakni dengan menjadi teman buka peluang bagi mereka yang sedang berjuang di masa pandemi. Sejak awal, Smartfren selalu berinisiatif melakukan berbagai kegiatan yang dapat berkontribusi bagi kemajuan negeri dan masyarakat, dengan memanfaatan seluruh aset perusahaan, terutama hal yang terkait layanan telekomunikasi,’’ terang Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren.

“…Smartfren akan terus hadir dalam mewujudkan semangat kemerdekaan melalui keterbukaan akses jaringan di seluruh wilayah Indonesia dengan terus menemani pelanggan dan masyarakat.”

Sebelumnya, Smartfren juga telah menyelenggarakan sejumlah inisiatif untuk pergerakan kreatif anak-anak muda Indonesia, antara lain pengelolaan berbais komunitas bersama Smartfren Community yang memberikan sarana belajar untuk beberapa SMA di Indonesia serta mengampanyekan belajar sehat di masa pendemi.

Sasar Pengguna Internet Malam, Smartfren Berikan Benefit Tambahan

Peran UMKM untuk perekonomian Indonesia

Seperti disebutkan di atas, pada inisiatif pergerakan ini Smartfren akan melibatkan influencer sebagai pendengung yang akan menyuarakan keberadaan UMKM-UMKM agar lebih terdengar di kalangan masyarakat umum.

Pendek kata, inilah wujud kepedulian perusahaan dalam memberikan dukungannya kepada para pelaku UMKM agar dapat selalu berinovasi tanpa batas, mewujudkan produk dan karya yang dapat mengubah wajah Indonesia.

Seperti kita tahu, Hari UMKM Nasional yang jatuh setiap tanggal 12 Agustus menjadi momentum untuk menambah semarak perayaan untuk menyemangati pembangunan dan kemerdekaan Indonesia.

Dalam catatan lain, para pelaku UMKM memang menjadi penyumbang terbesar dengan lebih dari separuh PDB yang diperoleh Indonesia. Jika dikalkulasikan secara menyeluruh, total ada sebesar Rp8.573,9 triliun pundi-pundi kontribusi yang telah diberikan oleh sektor UMKM dalam putaran perekonomian di tanah air.

Tak heran, berdasarkan data yang dimiliki oleh Kementerian Koperasi dan UKM, hingga akhir tahun 2018 saja ada sebanyak 64,2 juta unit atau pelaku UMKM di Indonesia.

Walau belum ada angka pasti atau resmi berapa jumlah pertumbuhan UMKM yang terjadi di tahun 2019 dan setelahnya, namun bisa dipastikan bahwa jumlahnya bakal mengalami peningkatan.

Teman Kreasi Indonesia, Cara Smartfren Mengajarkan Komunitas untuk Berbisnis

Raih Anugerah Inovasi Indonesia 2021

anugerah inovasi indonesia 2021
info gambar

Meralui rangkaian gerakan gerakan sosial yang selama ini dilakukan Smartfren melalui “Teman Kreasi Indonesia”, disebutkan bahwa Smartfren telah dinobatkan sebagai pelaku salah satu inovasi terbaik, dan meraih Penghargaan Kategori Khusus, Sustainable Innovative SME Development dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021.

IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia merupakan ajang penghargaan bergengsi yang digelar untuk memberikan apresiasi pada inovasi yang dilakukan oleh berbagai pihak atau perusahaan. Sejumlah aspek yang dinilai dalam seleksi penghargaan ini merupakan inovasi, penyelesaian masalah, kinerja, penciptaan nilai tambah di masyarakat, serta dampak yang diberikan pada perusahaan.

Pencapaian ini merupakan kali kedua operator lokal itu mendapatkan penghargaan atas inovasi dalam pelaksanaan program corporate social responsibility (CSR), setelah sebelumnya pada 2020 lalu berhasil meraih penghargaan utama atas pengembangan Smartfren Community.

Kedua penghargaan ini boleh jadi mengukuhkan Smartfren sebagai operator telekomunikasi terbaik dalam memberikan dampak sosial berkelanjutan di masyarakat.

"Smartfren mengucapkan terima kasih atas penghargaan Penghargaan dalam Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development yang diberikan untuk inovasi Teman Kreasi Indonesia. Penghargaan yang kami terima selama dua tahun berturut-turut menjadi pemacu semangat bagi kami untuk terus menjadi teman Buka Peluang dalam menumbuhkan ekonomi kreatif di Indonesia," ungkap Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren, dalam siaran pers perusahaan, Jumat (20/8/2021).

Teman Kreasi Indonesia adalah wadah yang didirikan Smartfren untuk mengembangkan kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif dan digital.

Saat ini telah ada 32 Teman Kreasi Indonesia yang tersebar di 30 kota. Masing-masing Teman Kreasi Indonesia dikelola oleh ketua yang memiliki usaha sendiri, sekaligus menjalankan misi untuk menjadi wadah pembinaan bagi UMKM lain di sekitar kotanya.

Hingga saat ini, Smartfren melalui Teman Kreasi Indonesia, telah melaksanakan beberapa kegiatan yang
membantu keberlangsungan lebih dari 500 UMKM di berbagai kota di Indonesia, sekaligus membuka peluang digitalisasi bagi mereka.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Mustafa Iman lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Mustafa Iman.

Terima kasih telah membaca sampai di sini