10 Bandara dengan Layanan Staf Terbaik di Asia 2021

10 Bandara dengan Layanan Staf Terbaik di Asia 2021
info gambar utama

Bandar udara (Bandara) merupakan infrastruktur penting untuk meningkatkan mobilitas masyarakat. Skytrax, sebuah perusahaan konsultan di Inggris, tengah berfokus memberi ulasan pada maskapai dan bandara dengan menganugerahkan penghargaan bertajuk "Skytrax World Airport Awards".

Penghargaan yang sudah diberikan sejak 1999 ini kerap disebut piala Oscar di industri penerbangan. Hal tersebut disebabkan penghargaannya diklaim dapat menggambarkan mutu sebuah maskapai dan menunjukkan posisi strategis di pasar global.

Pada tahun ini, Skytrax World Airport Awards 2021 mengapresiasi upaya yang dilakukan maskapai di dunia dalam beradaptasi dan mengelola tantangan selama masa pandemi COVID-19. Penilaian dilakukan melalui survei yang melibatkan pengunjung secara sukarela sejak Agustus 2020 sampai Juli 2021. Pengunjung yang dilibatkan berasal lebih dari 100 negara dan menyertakan lebih dari 500 bandara.

Bandara dengan staf terbaik di Asia 2021 | GoodStats
info gambar

Terdapat berbagai macam kategori dalam penghargaan ini. Misalnya, World’s Best Staff Airport 2021 atau Bandara dengan Staf Terbaik. kategori ini menilai berdasarkan kualitas layanan staf, mulai dari sikap, keramahan, sampai efisiensi di seluruh posisi garis depan di bandara. Ini termasuk staf yang bekerja untuk konter bantuan atau informasi pelanggan, staf imigrasi dan keamanan, toko, serta gerai makanan dan minuman.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta berhasil masuk ke dalam daftar tersebut untuk wilayah Asia di urutan ke-10. Adapun bandara-bandara lain yang masuk ke dalam daftar tersebut adalah sebagai berikut.

Indonesia Akan Punya 6 Banadara Baru di Tahun 2022

1. Changi Airport, Singapura

Bandara utama Singapura ini berhasil menjadi bandara dengan staf terbaik di Asia sekaligus di dunia. Bandara Changi memang terkenal akan pelayanan dan fasilitas yang disuguhkan. Hal tersebut tercermin dari predikatnya sebagai bandara terbaik selama delapan tahun berturut-turut, sejak 2013 hingga 2020.

2. Haneda International Airport, Jepang

Bandara ini dioperasikan sebagai bandara dengan fokus domestik yang menangani hampir semua penerbangan ke dan dari Tokyo. Pada tahun 2010, terminal internasional dibuka di Bandara Haneda bersamaan dengan selesainya pembangunan landas pacu keempat. Hal ini membuat adanya peningkatan penerbangan internasional secara drastis ke Haneda.

Selain menjadi runner-up bandara dengan staf terbaik di Asia, Skytrax juga mencatat Bandara Haneda sebagai bandara terbaik kedua di dunia. Tak hanya itu, Haneda juga diberi penghargaan bandara paling bersih di dunia.

3. Incheon Airport, Korea Selatan

Bandara yang berlokasi di Seoul, Korea Selatan ini berhasil berada di urutan ke-3 sebagai bandara dengan staf terbaik di Asia. Bandara Incheon juga merupakan bandara terbesar di Korea Selatan dan dibuka secara resmi pada Maret 2001.

Selain berada di peringkat tiga besar bandara dengan staf terbaik, Bandara Incheon juga meraih penghargaan bandara dengan keamanan terbaik. Selain itu, Bandara Incheon juga merupakan bandara terbaik keempat di dunia.

4. Kansai International Airport, Jepang

Posisi ke-4 bandara dengan staf terbaik di Asia diraih oleh Bandara Internasional Kansai yang terletak di Osaka, Jepang. Bandara ini mulai dibuka pada 4 September 1994. Menariknya, bandara ini merupakan bandara pertama yang didirikan di pulau buatan.

Jika dilihat secara keseluruhan, bandara ini juga merupakan bandara kesembilan yang dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia. Peringkat ini naik 1 posisi dari 2020 yang berada di peringkat 10.

5. Narita International Airport, Jepang

Bandara Narita berlokasi di Tokyo, Jepang. Bandara Narita berada di urutan ke-5 bandara dengan staf terbaik di Asia. Bandara ini kerap dibandingkan dengan Bandara Haneda karena lokasinya yang berdekatan. Jika Bandara Haneda difokuskan menjadi bandara domestik, Bandara Narita difokuskan menjadi bandara internasional meskipun keduanya melayani penerbangan internasional.

Selain berhasil masuk lima besar pada staf bandara terbaik, Bandara Narita juga berhasil berada di urutan kelima bandara terbaik di dunia, naik dua posisi dari 2020 yang berada di peringkat tujuh.

Inilah Bandara Pemilik Landasan Pacu Terpanjang di Indonesia

6. Hong Kong International Airport, Hong Kong

Posisi keenam ditempati Bandara Internasional Hong Kong atau yang kerap dikenal Bandara Chek Lap Kok. Bandara yang dibuka pada 6 Juli 1998 ini dibangun untuk menggantikan Bandara Internasional Kai Tak.

Menurut Skytrax, Bandara Internasional Hong Kong merupakan bandara terbaik ke-10 di dunia. Posisi tersebut turun empat peringkat dari 2020 yang berhasil berada di urutan keenam.

7. Chubu Centrair International Airport, Jepang

Bandara Internasional Chubu Centrair adalah bandara yang berlokasi di Nagoya, Jepang. Bandara ini dibangun di Teluk Ise di selatan Nagoya pada sebuah pulau buatan. Hal tersebut menjadikan Bandara Chubu Centrair sebagai bandara internasional terbesar kedua di atas laut.

Selain berada di peringkat tujuh bandara dengan staf terbaik, bandara ini juga berada di urutan ke-11 untuk bandara terbaik di dunia. Tak hanya itu, Bandara Centrair Nagoya juga dinobatkan sebagai bandara regional terbaik.

8. Guangzhou Baiyun International Airport, China

Bandara kedelapan dengan staf terbaik berlokasi di terletak di Distrik Huadu, Guangzhou, China. Bandara ini pertama kali dibuka pada tahun 1933. Namun, mengalami relokasi dan dibuka kembali pada 2004 dengan kapasitas lima kali lipat lebih besar.

Kata "Baiyun" berarti "awan putih" dalam bahasa China dan mengacu pada gunung bernama Baiyun Mountain yang berada di dekat lokasi bandara.

Selain menjadi bandara kedelapan dengan staf terbaik di Asia, Bandara Internasional Guangzhou Baiyun berada di peringkat 14 bandara terbaik di dunia, naik 16 peringkat dari 2020 yang berada di urutan ke-30.

9. Taoyuan International Airport, Taiwan

Bandara Internasional Taoyuan adalah bandara yang berlokasi di Taiwan. Bandara ini dibangun pada 1979 dan menggantikan bandara Songshan di kota Taipei.

Pada awal pembukaan, bandara ini bernama Taoyuan International Airport. Namun, untuk menghormati mendiang Presiden Chiang Kai-shek, nama bandara ini berubah menjadi Chiang Kai-shek International Airport. Lalu, nama bandara diubah kembali menjadi Taiwan Taoyuan International Airport pada tahun 2006.

Bandara ini terdiri dari 2 terminal yang hanya melayani penerbangan internasional maupun transit internasional ke Kaohsiung. Jadi, bandara ini tidak melayani penerbangan domestik.

10. Soekarno-Hatta International Airport, Indonesia

Bandara yang berada di Tangerang, Banten ini berhasil masuk ke daftar di peringkat ke-10. Presiden Direktur PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan bahwa AP II atau stakeholder lainnya bangga dan beterimakasih kepada seluruh staf frontliner di Bandara Soekarno-Hatta atas pencapaian tersebut. Menurutnya, hal ini juga kesempatan untuk menunjukkan Indonesia memiliki orang-orang terbaik dalam bidang airport hospitality experience.

Untuk memberikan layanan terbaik, Muhammad Awaluddin mengatakan mereka menghadirkan inovasi seperti adanya personel digital officer with digital device, Video Customer Assistant (VICA), dan concierge express.

Layanan customer service pun telah didukung dengan aplikasi iPerform yang digunakan oleh internal AP II. iPerform memungkinkan petugas memantau layanan yang diberikan untuk pelanggan seperti bagasi, utilisasi konter check-in, dan penggunaan parking stand untuk memperlancar kedatangan dan keberangkatan penumpang pesawat.

Secara keseluruhan, Bandara Internasional Soekarno-Hatta berada di peringkat ke-34 Bandara Terbaik di Dunia pada tahun ini. Posisi ini naik satu peringkat dari posisi 35 pada 2020.

Bandara Soetta Masuk Kategori Bandara Teraman dari Covid-19 di Dunia

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Lydia Fransisca lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Lydia Fransisca.

LF
IA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini