Deretan Produsen Kamera yang Menempatkan Jaringannya di Indonesia

Deretan Produsen Kamera yang Menempatkan Jaringannya di Indonesia
info gambar utama

Hari Fotografi Sedunia atau World Photography Day selalu diperingati setiap tanggal 19 Agustus sejak tahun 2010. Hal tersebut sebagai bentuk apresiasi terhadap para penggiat seni fotografi dan setiap komponen yang terlibat dalam dunia fotografi di seluruh dunia untuk eksistensinya berkarya melukis cahaya di balik lensa kamera.

Perkembangan dunia fotografi tidak dapat lepas dengan perkembangan teknologi yang menjadi medianya. Kamera menjadi senjata utama bagi para penggiat fotografi untuk menghasilkan gambar yang sesuai target.

Teknologi masa kini terus berkembang hingga menampilkan sebuah era baru yang disebut dengan Era Digital, pun dengan perkembangan teknologi kamera yang merambah digitalisasi dengan Kamera Digital.

Kamera Digital adalah kamera yang menyimpan gambar ke dalam bentuk digital, namun seiring perkembangan teknologi kamera digital tidak hanya dapat mengambil dan menyimpan gambar ke dalam bentuk digital melainkan juga video dan suara di dalamnya.

Terminal 3 Soetta, Bandara yang Indah di Kamera

Beberapa produsen kamera yang tergabung dalam CIPA memiliki jaringan di Indonesia

Ragam bentuk, merek, seri hingga spesifikasi kamera digital tentunya kian variatif seiring dengan inovasi dan penyesuaian terhadap segmentasi pasar. Camera and Imaging Products Association (CIPA) adalah asosiasi industri internasional yang terdiri dari anggota yang terlibat dalam pengembangan, produksi, atau penjualan perangkat terkait pencitraan termasuk kamera digital.

CIPA menaungi banyak anggota yang berisi perusahaan teknologi dengan produknya berkaitan dengan perangkat kamera digital di dunia. Beberapa anggota CIPA sebagai produsen kamera memiliki jaringan global dengan keterwakilan perusahaan di berbagai wilayah. Indonesia pun turut menjadi pasar kamera digital dari berbagai merek, seperti merek dari beberapa anggota CIPA yang menempatkan wakilnya di Indonesia.

Anggota CIPA yang berjejaring di Indonesia. | Foto : GoodStat
info gambar

Canon merupakan salah satu perusahaan teknologi yang memproduksi beragam macam perangkat elektronik seperti mesin pencetak (printer), mesin pemindai (scanner) hingga perangkat fotografi. Canon sudah hadir dan memproduksi kamera sebelum memasuki era digital, artinya selain memproduksi kamera digital, Canon juga telah memproduksi kamera analog seperti Canon AE-1 yang pertama kali diperkenalkan pada April 1976.

Sony adalah perusahaan teknologi yang memfokuskan diri untuk memproduksi perangkat elektronik audio video. Tak hanya kamera, produk elektronik besutan Sony antara lain televisi dan homecinema, perangkat pemutar audio, kamera video hingga perangkat penyimpanan data. Salah satu ikon produk kamera Sony yang dikenal di masyarakat adalah Sony Alpha Series seperti Sony Alpha 6000, 6300 dan 7R.

Anak perusahaan FUJIFILM Coporation di Indonesia adalah PT FUJIFILM Indonesia yang resmi berdiri pada September 2011. PT FUJIFILM Indonesia berkantor pusat di Jakarta serta memiliki kantor cabang di Surabaya dan Yogyakarta.

Meskipun identik dengan produk kamera digital, FUJIFILM juga memproduksi perangkat elektronik lainnya dalam kategori kesehatan. Contohnya adalah Endoskopi, perangkat Ultrasound hingga diagnostik in vitro.

Sigma pun tergabung dalam keanggotaan CIPA dengan produk elektronik berupa kamera, lensa, lensa film serta aksesoris pendukungnya. Melalui PT Aneka Warna Indah di Jakarta, Sigma hadir di Indonesia dan produk-produknya dapat didisbrusi serta dinikmati oleh para pecinta fotografi.

Ragam Alasan untuk Meminang Tablet Samsung Anyar di Masa PPKM

Alasan di balik penetapan 19 Agustus sebagai Hari Fotografi Sedunia

Tanggal 19 Agustus ditetapkan sebagai hari fotografi sedunia tentunya memiliki latar belakang historis di dalamnya. Dikutip dari National Day Calendar, Hari Fotografi Sedunia Pertama kali diadakan pada 19 Agustus 2010 di mana pada saat itu lebih dari 200 fotografer membagikan foto mereka di galeri online global di alamat https://www.worldphotographyday.com/ yang membuat orang-orang di lebih dari 100 negara mengunjungi galeri online tersebut.

Acara itulah yang akhirnya menandai Hari Fotografi Dunia resmi pertama kali diadakan. Tanggal 19 Agustus ditetapkan sebagai Hari Fotografi Sedunia karena pada tanggal tersebut di tahun 1839 pemerintah di Perancis membeli paten untuk proses Daguerreotype yang merupakan mekanisme pengambilan gambar oleh Mr Niepce dan Mr Daguerre.

Dengan dibelinya paten tersebut, pemerintah Perancis menyebut penemuan proses Daguerreotype sebagai dapat digunakan secara gratis di seluruh dunia.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi.

WL
IA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini